DONE Debut Awal Kun Saraswati

lagu kun saraswati

NININMENULIS.COM – Dunia musik Indonesia kembali kehadiran satu lagi penyanyi berbakat yang turut meramaikan jajaran lagu Indonesia dengan single pertamanya yang berjudul DONE. Penyanyi berbakat tersebut bernama Kun Saraswati. Siapa sosok Kun Saraswati ini? Dan apa kelebihan judul lagu Kun Saraswati, DONE hingga ia berani menerjunkan diri ke dunia musik hanya dengan bermodal satu lagu?

Launching Night of Kun Saraswati diadakan pada Jumat (4/10) lalu bertempat di GreenHouse CoWorking, Multivision Tower lt.25 Jakarta Selatan. Acara yang dimulai pukul 19.00 malam itu dihadiri berbagai kalangan, mulai dari pengamat lagu Indonesia, musisi, teman dan kerabat Kun Saraswati, juga saya dan rekan-rekan blogger dari BloggerCrony Community (BCC). Acara dibuat sangat intimate, Kun tampak ramah berbaur dengan semua tamu yang hadir bahkan tidak jarang melayani ajakan berfoto bersama. Malam itu Kun Saraswati tampil mengenakan dress dusty pink dengan riasan yang flawless dan rambut yang dibiarkan tergerai. Dari penampilannya terlihat kalau Kun juga memiliki keahlian dalam hal memilih tata rias. Dan benar saja, jauh sebelum meluncurkan single DONE selain bernyanyi, Kun Saraswati juga menggeluti dunia make-up artist. Kliennya kebanyakan para siswi SMP dan SMA yang ingin melakukan photo shoot buku tahunan sekolah juga untuk acara prom night.

Baca jugaMenikmati Karya 10 Seniman Prancis dan Indonesia di Yello Hotel Harmoni

lagu indonesia done
Saya dan teman-teman blogger dari BloggerCrony Community (BCC) berfoto bersama Kun Saraswati

Malam itu Kun Saraswati membuka penampilannya dengan lagu Candles milik Daughter dengan hanya diiringi petikan gitar. Dari sini saja sudah terdengar vocal Kun sangat terasah. Saat yang hadir masih terhanyut dengan lagu pertama, Kun tidak menunggu waktu lama dan langsung membawakan lagu Indonesia Dalam Kelembutan Pagi milik Dhenok Wahyudi dan Jockie Suryoprayogo dengan sangat sempurna. Cara Kun Saraswati membawakan lagu yang pernah dinyanyikan ulang oleh Yuni Shara ini pun terlihat tanpa beban dan menjadi dirinya sendiri, sehingga yang hadir pun terbawa ke dalam setiap irama yang dibawakan. Dua lagu dengan genre yang berbeda sama-sama tidak membuat vocalnya goyah justru Kun membuktikan kekuatan vocal yang dimilikinya di atas rata-rata.

judul lagu kun saraswati
Live perform Kun Saraswati

Kepiawaian Kun Saraswati dalam bernyanyi ternyata sudah terlihat sejak berusia 3 tahun dan semakin terasah saat di usia 5-9 tahun, Kun mengikuti les piano klasik dan bermain gitar otodidak saat memasuki bangku SMP. Kun pun sering mengikuti beberapa kompetisi menyanyi ketika SMP dan SMA untuk melatih keberanian dan kepercayaan dirinya. Dan bakat bernyanyinya ini baru diasah secara profesional saat berusia 18 tahun ketika Kun menjadi mahasiswa Fakultas Ilmu Seni Musik Universitas Pelita Harapan. Kun yang memiliki moto hidup I love what I do and I do what I love ini juga salah satu jajaran Vocal Teacher di MSI (Music School of Indonesia) Pondok Indah Jakarta Selatan. Sehingga tidak heran bila kita mendapati Kun Saraswati melahap semua lagu yang dinyanyikannya dengan sempurna, tidak terkecuali di lagu ketiga.

kun saraswati
Cover lagu Kun Saraswati di online music streaming

Baca juga10 Lagu Savasana yang Ada di Playlist

Lagu ketiga yang dinyanyikan Kun Saraswati merupakan lagu puncak yang ditunggu-tunggu sejak acara ini dimulai, yaitu momen di mana lagu Kun Saraswati, DONE diperdengarkan secara live. Gemuruh tepuk tangan dan antusias pengunjung pun mengiringi penampilan Kun Saraswati di launching single DONE. Menyaksikan dan mendengarkan secara langsung Kun Saraswati membawakan single DONE, seketika terbersit bahwa lagu ini pasti akan mudah disukai. Mengapa?

Pertama, lagu Kun Saraswati, DONE memiliki kesamaan nada di masing-masing telinga yang mendengarnya atau easy listening. Dalam artian setiap yang mendengar tetap dapat menikmati alunan musik yang dihasilkan tanpa terlebih dahulu mengerti makna di balik lirik musik Kun Saraswati. Alunan musik di dalam lagu DONE tidak hanya mudah untuk dinikmati tetapi juga mudah untuk dimainkan bahkan dicover ke berbagai versi, siapa tahu suatu saat kita akan mendapati lagu DONE versi koplo.

Kedua, lagu Kun Saraswati yang berjudul DONE tidak hanya didukung musik yang easy listening, tetapi lirik musik Kun Saraswati bermakna universal hampir semua orang pernah merasakannya atau mewakili perasaan semua orang. Simak lirik single DONE berikut ini yang kemudian dibedah maknanya oleh Kun sesaat setelah ia selesai menyanyikannya.

DONE

Verse 1
Take me with you or let me be with you
But if we knew, I’m try wanna forget you
What did i do? I’m feeling so pale blue
This felt so true, but how about you?

Pre-chorus
The sky starts raining, but my heart keeps tracing
The storms are raging, but my heart keeps falling

Reff
I’m clinging on to you, just tell me it’s not true that violets are not blue
I’m clinging on to you, just tell me it’s not true and there is no i love you

Verse 2
im broken in two, im drowning in deep blue
My feelings for you, has drowned with me too

Pre-chorus
The sky starts raining, but my heart keeps tracing
the storms are raging, but my heart keeps falling

Reff
I’m clinging on to you, just tell me it’s not true that violets are not blue
I’m clinging on to you, just tell me it’s not true and there is no i love you

Bridge
What I’m gonna do, tell me what I’m gonna do (2x)

Reff Modulation
I’m clinging on to you, just tell me it’s not true that violets are not blue
I’m clinging on to you, just tell me it’s not true and there’s no i love you

Last Outro
But if we knew, I’m done with you

Saat bedah lirik musik Kun Saraswati bercerita bahwa DONE diharapkan dapat memotivasi pendengarnya untuk melupakan masa lalu. Melalui lagu DONE, Kun Saraswati ingin menyampaikan bahwa jangan takut untuk menyudahi hal apa yang tidak baik, apa pun dan siapa pun itu karena suatu akhir adalah awal mula dari sesuatu yang bisa jadi lebih baik. Kun pun menegaskan di lagu ini bahwa tidak apa-apa merasa sedih, yang penting bagaimana bangkit dari kesedihan dan melanjutkan hidup dengan semangat baru. Tengok saja secuil lirik musik Kun Saraswati ‘But if we knew, I’m done with you’ yang mengisyaratkan motivasi untuk keluar dari keterpurukan akan rasa dan pengalaman negatif yang dialami sehingga mampu menghadapi hidup dan menjalani masa depan yang lebih baik.

Ketiga, sudah tentu karena saat produksi lagu Kun Saraswati didukung tim yang solid dengan menggandeng sejumlah nama besar di industri musik Indonesia dalam proses produksinya. Judul lagu Kun Saraswati yang berjudul DONE ini diproduksi oleh Passion Vibe, label rekaman yang digawangi oleh Belanegara Abe dan Edo Abraham ini merupakan label yang juga pernah bekerjasama dengan sejumlah penyanyi tanah air seperti Rinni Wulandari, Sherina, Heidi, Laki Official, dan masih banyak lagi lainnya. Tidak hanya berhenti di situ saja, dalam pengerjaan lagu Kun Saraswati juga menggandeng Irvnat (vocal director), Alvin Witarsa (orchestra-tor), Eko Sulistiyo (mixing engineer), dan Steve Corrao (mastering engineer) yang juga merupakan nama-nama terkenal di kancah lagu Indonesia sehingga membuat lagu DONE semakin berkelas dan berkualitas.

kun saraswati
Kun Saraswati banyak mendapat ucapan selamat atas launching single DONE

Di akhir sesi launching single DONE, Kun Saraswati tidak lupa bercerita tentang awal DONE yang ternyata sudah ditulis sejak 2016. Segala hal dipersiapkan meskipun sempat terhenti saat Kun memasuki bangku kuliah, hingga pada 2019 tepatnya di bulan Agustus lagu DONE siap dirilis. Pada 4 Oktober 2019 selain di-launching, judul lagu Kun Saraswati DONE pun sudah mulai dapat didengar di beberapa platform online streaming seperti Spotify, Joox, iTunes, Deezer, Google, dan video liriknya sudah dapat disimak di YouTube Kun Saraswati.

Atas semua kerja keras dan kesuksesannya me-launching lagu DONE, Kun Saraswati tidak melupakan jasa keluarga besarnya. Kun mengundang semua anggota keluarga dan orang-orang yang terlibat dalam pengerjaan lagu Kun Saraswati, DONE ke panggung untuk mengadakan sesi potong tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur akan launching lagu Kun Saraswati ini.

Tidak terasa 2 jam Launching Night Single DONE Kun Saraswati pun berakhir dan menyisakan sebait lirik yang terus terngiang-ngiang di telinga saya.

I’m clinging on to you, just tell me it’s not true that violets are not blue
I’m clinging on to you, just tell me it’s not true and there’s no i love you
But if we knew, I’m done with you

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

2 thoughts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.