#XperienceSeru dari Jalan-jalan Sampai ‘Naik Panggung’

traveloka xperience

NININMENULIS.COM – Bali masih menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ini dikarenakan Bali menyimpan banyak keindahan lokasi wisata mulai dari pantai, lembah, hingga pegunungan. Rasanya tidak bosan mengunjungi pulau yang dijuluki Pulau Dewata meskipun telah berpuluh-puluh kali. Termasuk saat teman satu club yoga mengajak mengikuti workshop yoga yang ada di Bali. “Saya ikut!” Antusias saya mengiyakan ajakan tersebut, Dan membayangkan akan mendapati banyak #XperienceSeru dari perjalanan Kali ini.

Traveling menikmati keindahan alam Bali, belanja, menikmati budaya setempat, dan kulineran selalu menjadi agenda wajib saat mengunjungi Bali. Namun ke Bali untuk mengikuti workshop yoga, sudah tentu ini yang pertama buat saya. Saya dan keempat sahabat lainnya memang para penggiat yoga. Kami rutin beryoga di salah satu club kebugaran Jakarta. Bagi kami dengan melakukan yoga secara rutin, banyak manfaat yang didapat di antaranya:

  • Lebih siap menghadapi aktivitas apapun setiap hari karena tubuh sudah selalu fit setelah berasana (sebutan untuk melakukan rangkaian gerakan yoga).

  • Nafas menjadi lebih panjang dan tidak mudah terengah-engah meskipun tengah melakukan aktivitas yang menguras tenaga.

  • Mendapat banyak teman yang memiliki hobi yang sama. Ini yang terpenting, faktor pertemanan dapat membuat Kita lebih giat dan tertantang melakukan asana yang lebih menantang.

  • Wajah menjadi lebih fresh meskipun tidak menggunakan banyak skincare. Setidaknya ini yang saya rasakan hehehehe…..

Jika melakukan yoga di club kebugaran saja bisa mendapatkan manfaat semaksimal itu, apalagi bila melakukan yoga di Bali yang sudah tentu memiliki suasana yang lebih alami dan relaks. Efek terlalu antusias dan senang dapat yoga di Bali, saya sampai tidak bertanya lagi rundown workshop yang akan diikuti. Saya hanya tahu workshop yoga yang mengupas lebih dalam tentang pranayama atau teknik pernafasan.

Baca jugaDONE Debut Awal Kun Saraswati

Workshop yoga dilakukan selama 5 hari. Lama? Itu juga yang ada dipikiran saya awal, tapi ah… bodo amat, ini ke Bali loh, semakin lama bukannya semakin baik. Kami pun hanya menambahkan satu hari di depan dan di belakang dari jadwal workshop untuk jalan-jalan dan berwisata kuliner. Untuk urusan penerbangan dan penginapan kami pun tidak merasa kesulitan meskipun harus menyatukan banyak kepala yang ikut. Dengan check in di Traveloka semua keinginan dari masing-masing orang yang ikut dapat terpenuhi.

Seperti yang kita ketahui Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Kami pun dengan mudah mendapatkan tiket pesawat dan penginapan yang sesuai meskipun di awal sudah banyak permintaan seperti, “jangan pesan pesawat A nanti delaynya lama.” atau “pesan kamarnya yang kamar mandinya bersih ya.”, dan masih banyak permintaan yang lainnya dan tidak kalah ribetnya.

Tetapi semua menjadi mudah karena di Traveloka menyediakan informasi secara akurat mulai dari jadwal penerbangan masing-masing maskapai hingga informasi lengkap penginapan yang akan kami pilih. Tidak hanya itu saja, promo menarik yang disediakan Traveloka selalu memudahkan saya saat membuat rencana perjalanan, tidak terkecuali pada perjalanan kali ini. Penerbangan pagi dengan harapan masih dapat Jalan-jalan menikmati suasana Bali sebelum workshop dimulai sepakat kami pilih. Untuk penginapannya, karena berlima kami pun memilih dua kamar yang berkapasitas untuk dua orang dan satu kamar untuk tiga orang. Sesuai dengan yang diinfokan Traveloka melalui aplikasinya, kamar yang saya pilih ini berukuran besar sehingga tetap nyaman untuk kami yang sharing room.

Sampai di Bali kami pun menyempatkan diri berjalan-jalan mengunjungi pantai dan beberapa tempat kuliner seperti Pantai Pandawa dan Bebek Betutu. Setelah hampir seharian puas berjalan-jalan, kami pun menuju ke penginapan untuk mempersiapkan energi untuk workshop di keesokan harinya. Workshop yoga yang saya ikuti ini memiliki jadwal yang padat setiap harinya mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Selain pemberian materi, kami pun praktek bersama-sama setiap selesai satu materi.

Hari pertama dan kedua berjalan normal, hingga di hari ketiga salah satu mentor memberikan informasi yang mengejutkan, “besok masing-masing peserta mengajar ke depan sesuai dengan materi yang diberikan.” “WHAAATTT!!!! MENGAJAAAARRR…. TIDAAAKK!!!” Saya pun mulai berteriak dalam hati dan panik. Panik? Iya tentu saja pertama karena saya bukan guru yoga dan tidak pernah mengajar yoga. Kedua, posisi guru memiliki panggung sendiri yang posisinya di depan peserta yoga. “Lah, niat saya ke sini ingin traveling sehat mengapa malah naik panggung,” dalam hati saya berkata. Ternyata usut punya usut, workshop yang saya ikuti ini bukan workshop biasa melainkan 50 Hours Yoga Teacher Training.

Jadi kalau ada yang bertanya mengapa memilih menjadi guru yoga saya sering bingung menjelaskannya karena inilah awalnya, dari yang hanya berencana jalan-jalan sehat berakhir ‘naik panggung’. Beruntung saya memesan kamar hotel di Traveloka dan mendapatkan kamar berukuran luas sehingga saya bisa berlatih di dalam kamar hahahaha….. Dan prosesi ‘naik panggung’ sebagai bagian dari ujian menjadi guru yoga pun sukses saya lewati dengan lancar. Keesokan hari kami semua melakukan melukat àtau prosesi pembersihan diri yang ada di Bali. Mungkin kalau saya tidak mengikuti workshop ini tidak akan terpikir untuk mengikuti melukat di Bali.

Melukat adalah upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia. Tempat ini berada di dasar lembah, berupa air terjun dengan aliran dan debit airnya cukup besar. Dikenal dengan nama Pura Dalem Pingit Lan Kusti, yang dipercaya untuk mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh ilmu hitam. Ada hal unik bila melukat di sini. Jika orang tersebut memiliki penyakit atau jiwanya sedang kotor, maka guyuran air yang mengenai tubuh akan berwarna keruh, aliran airnya berwarna seperti bilasan air besar. Fenomena ini tentu sangat menarik, karena bisa dilihat oleh kasat mata. Aliran air tersebut dipercaya karena pengaruh hal-hal negatif dalam tubuh. Air terjun di desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang ini awalnya ditemukan oleh turis asing dan sekarang sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai genah melukat.

Baca jugaAnantara Bali Uluwatu Resort & Spa Pilihan Terbaik Tempat Bulan Madu

Pengalaman mengikuti workshop yoga beberapa tahun lalu ini rasanya baru saja kemarin. #XperieceSeru mengikuti workshop di Bali yang berakhir ‘naik panggung’ dan membawa oleh-oleh setifikat guru yoga pun terlalu sulit saya lupakan. Mengikuti workshop di Bali tidak hanya sekadar traveling dan menikmati suasana keindahanya saja, namun memperkaya kemampuan kita untuk ke depannya, karena berawal dari mendapatkan sertifikat dari workshop di Bali ini sekembalinya ke Jakarta saya semakin memperdalam, dan sekarang saya telah mengantongi sertifikat 200 Hours Registered Yoga Teacher.

Sekarang saya ingin kembali merasakan workshop di Bali, tentu saja workshop yang berbeda untuk mendapatkan sensasi #XperienceSeru yang berbeda juga. Namun kali ini saya lebih mudah dalam mencari workshop yang akan saya ikuti karena Traveloka memiliki produk layanan baru bernama Traveloka Xperience. Jika pada perjalanan sebelumnya Traveloka membantu saya dalam mendapatkan tiket pesawat dan penginapan, melalui produk baru, Traveloka Xperience saya bisa booking berbagai aktivitas seru di satu aplikasi.

Traveloka Xperience yang baru ada di tahun ini melengkapi produk dan layanan untuk kebutuhan travel dan lifestyle. Traveloka Xperience menyediakan 12 kategori produk yang meliputi atraksi, bioskop, event, hiburan, spa & kecantikan, olahraga, taman bermain, transportasi lokal, tur, pelengkap travel, makanan dan minuman, dan workshop atau pelatihan. Traveloka Xperience juga menyediakan beragam kemudahan lainnya bagi para pengguna, seperti rekomendasi aktivitas liburan maupun gaya hidup yang telah dikurasi agar sesuai dengan lokasi maupun destinasi pengguna hingga layanan Easy Access. Jadi dapat disimpulkan kalau menggunakan Traveloka Xperience saya akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

  • Tidak perlu mengantri di loket atau mencari-cari workshop dengan menarik karena Traveloka Xperience menawarkan pilihan workshop yang memiliki rekomendasi baik.

  • Mendapatkan banyak tips dan informasi menarik bila melakukan aktivitas melalui Traveloka Xperience. Bagi yang pertama kali melakukan aktivitas perjalanan, ini sangat membantu sekali.

  • Terakhir dan yang terpenting, Traveloka Xperience selalu menawarkan harga terbaik yang ramah bagi traveler berbudget terbatas macam saya hahaha….

Untuk berlibur kali ini, saya tertarik untuk mengikuti workshop cooking class. Dapat mengolah makanan khas Bali terutama masakan Indonesia memang menjadi impian saya sejak dulu. Dan saya berharap dengan mengikuti workshop cooking class kemampuan saya memasak semakin terasah.

Cara mengikuti workshop cooking class melalui Traveloka Xperience sebagai berikut:

Pertama yang saya lakukan, saya mengecek workshop cooking class yang tersedia di dalam kategori Workshop & Classes yang ada dalam TravelokaXperience. Selanjutnya akan ada pilihan lokasi workshop berlangsung, apakah itu di Jakarta, Bali, Tangerang, Thailand, Malaysia, dan lain sebagainya.

Kedua, saya memilih lokasi Bali, dan ditampilkan semua pilihan workshop yang ada. Setelah select kategori cooking munculah berbagai pilihan workshop cooking class berikut informasi apa yang akan kita dapatkan beserta harga masing-masing workshop. Seperti Balinese Cooking Class at Plataran Ubud Rp 762.905, Spice Spoons (Cooking Class) at Anantara Seminyak Rp 1.415.700, Cook Like a Local at Plataran Canggu Rp 645.535, Cooking class at Adiwana Arya Villas Ubud Rp 355.500, dan masih banyak pilihan lainnya yang dapat disesuaikan dengan rencana perjalanan kita.

Ketiga, saya tinggal me-klik workshop pilihan dan akan masuk ke halaman registrasi untuk mendapatkan voucher tiket workshop. Di sini kita tinggal menyesuaikan tanggal perjalanan dan banyaknya voucher yang akan dibeli. Klik dan selesai sudah proses booking di Traveloka Xperience.

Rasanya tidak sabar menanti waktu keberangkatan dan menunggu #XperienceSeru apa lagi yang akan saya jumpai. Apakah saya menjadi seorang chef setelah mengikuti workshop kali ini? Kita tunggu saja.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.