Peringati Hari Pahlawan Ratusan Pelajar SMA Ikuti Animation Movie Screening

nonton bareng sinar mas land

NININMENULIS.COM – Sudah pada tahu belum kalau pada 2017 lalu Sinar Mass Land meluncurkan program di bidang Community Development bernama SATU BSD (Silaturahmi AnTar Umat Berdikari, Sehat, Damai). SATU BSD bertujuan untuk meningkatkan rasa memiliki antar warga serta menggali potensi terkait kehadiran Kawasan BSD City. SATU BSD memiliki tiga pilar utama yaitu Berdikari, Sehat dan Damai, yang diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan pengembangan masyarakat dengan landasan semangat “Unity in Diversity”.

Berdikari, pilar pertama SATU BSD yang mendukung pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi. Pilar ini memiliki beberapa program unggulan seperti Pasar Rakyat School, Pendidikan & Pelatihan Beasiswa Coding. Pasar Rakyat School merupakan program pelatihan (workshop) bagi pedagang UMKM di pasar-pasar rakyat di seluruh Indonesia. Selanjutya, kegiatan Pelatihan Beasiswa Coding yang bekerja sama dengan Techpolitan dan Forum Masjid Mushola BSD (FMMB) memberikan beasiswa coding kepada masyarakat di sekitar kawasan BSD City. Program beasiswa ini sudah dilakukan sebanyak lima kali dengan penerima beasiswa sejumlah 70 orang. Beberapa penerima beasiswa telah disalurkan untuk bekerja di beberapa perusahaan berbasis teknologi seperti Telkom Sigma.

Sehat, pilar kedua yang mengedepankan kesehatan warga BSD City dan sekitarnya. Program unggulan dari pilar ini adalah Sinar Mas Land (SML) Mencari Juara, Bakti Sosial Lintas Organisasi, hingga festival hijau. Progam SML Mencari Juara bekerja sama dengan Daihatsu Candra Wijaya International Badminton Centre, menyelenggarakan kompetisi bulu tangkis yang menargetkan anak-anak Sekolah Dasar (SD) di sekitar Kawasan BSD City. Program ini diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet unggul dari Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Tidak hanya itu, dalam pilar ini juga menghadirkan program Bakti Sosial (Baksos) Lintas Organisasi yang melibatkan Eka Tjipta Foundation, Yayasan Buddha Tzu Chi, Eka Hospital, Yayasan Muslim Sinar Mas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. Baksos ini meliputi pemerikasaan kesehatan umum dan gigi gratis, bagi seluruh warga yang tinggal di sekitar Kawasan BSD City.

Baca jugaInilah ke-10 Peraih Sinar Mas Land Mencari Juara 2019

Damai, pilar ketiga yang menaungi acara Nonton Bareng (NoBar) Film Animasi Nasional dan Berantas Buta Al-Qurán (BBQ). Program Berantas Buta Al-Qurán (BBQ) bekerjasama dengan Yayasan Muslim Sinar Mas Land, bersama Forum Masjid Mushola BSD City dan Yayasan Mama Papa memberikan Training of Trainer (ToT) cara cepat dan mudah membaca Al-Qurán dengan menggunakan metode Mama Papa. Ke depan para peserta diharapkan dapat memahami ajaran islam yang rahmatan lil aalamin (menjadi rahmat bagi alam semesta). Kegiatan tersebut menargetkan oleh ratusan ustaz dan guru mengaji dari 77 masjid di sekitar kawasan BSD City. Para ustaz dan guru mengaji yang telah mengikuti ToT Mama Papa diwajibkan untuk mengajarkan kembali kepada santri atau murid di Masjid nya masing-masing.

Sinar Mas Land juga mengadakan acara rutin Buka Puasa Bersama Karyawan Sinar Mas Land yang dihadiri oleh tokoh masyarakat dan anak yatim. Selain itu, setiap tahun perusahaan juga melakukan pembagian hewan qurban kepada masyarakat yang tinggal di lingkungan proyek Sinar Mas Land pada Hari Raya Idul Adha.

film the battle of surabaya

Acara Nonton Bareng (NoBar) Sinar Mas Land kembali berkolaborasi dengan MSV Studio menyelenggarakan nonton bareng film animasi karya anak bangsa berjudul Battle of Surabaya. Keseruan nonton bareng film Battle of Surabaya berhasil mengukir senyum di wajah siswa-siswi sekolah SMA IPEKA Plus BSD, SMA Cikal Harapan, dan SMA Negeri 12 Tangerang Selatan. Pasalnya, film ini bercerita tentang sejarah perjuangan para pahlawan Indonesia yang berjuang melawan penjajah demi kemerdekaan Indonesia. Kegiatan nonton bareng ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November, serta membangkitkan kembali semangat anak-anak muda sebagai generasi penerus untuk berjuang membela negaranya serta memperkenalkan industri animasi di Indonesia yang semakin maju.

Kegiatan nonton bareng ini menargetkan ratusan siswa yang bersekolah di kawasan BSD City dan sekitarnya. Sebelumnya Film Battle of Surabaya telah mendapat segudang penghargaan mulai dari tingkat nasional hingga internasional. Terlebih lagi, industri animasi merupakan bagian dari Industri 4.0 yang saat ini implementasinya sedang digalakkan pemerintah. Acara nonton bareng juga dimeriahkan oleh kehadiran sutradara film animasi Battle of Surabaya Aryanto Yuniwan dan tokoh pemeran utama yaitu Yumna yang terlibat dalam film tersebut.

Baca juga: Sinar Mas Land Raih Best of The Best Awards di Ajang Forbes Indonesia 2018

“Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan, Sinar Mas Land kembali menggelar acara nonton bareng film animasi yang berjudul Battle of Surabya. Film ini mengisahkan tentang patriot muda yang berperang melawan penjajah untuk membela negara Indonesia pada saat pertempuran Surabaya 10 November 1945. Melalui kisah ini, diharapkan dapat memunculkan semangat patriotis dan nasionalis anak-anak muda Indonesia sebagai penerus bangsa. Di era digital saat ini, sikap patriotis dan nasionalis dapat diwujudkan melalui beragam tindakan positif salah satunya dengan berprestasi dikompetisi nasional dan internasional. Contohnya Andre Surya, animator asal Indonesia yang terlibat secara langsung dalam pembuatan film animasi bergengsi kelas dunia seperti film Transformer, Iron Man, Iron Man 2, Star Trek, dan Terminator.” kata Panji Himawan, Corporate Communications & Public Affairs Division Head Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land juga terus memotivasi generasi muda dalam mengembangkan bakat di industri digital dan kreatif melalui sekolah non formal digital serta animasi yang telah hadir di kawasan Digital Hub. Di dalam kawasan ini terdapat sejumlah tenant yang berfokus pada kemajuan industri kreatif seperti Apple Developer Academy, NXL E-Sport Academy, Creative Nest, Purwadhika Startup & Coding School, Binar Academy dan Techpolitan.

Digital Hub dibangun diatas lahan seluas 26.85 hektar dan akan didedikasikan sebagai wadah atau rumah bagi komunitas digital (digital talent pool), diharapkan melalui kawasan ini dapat melahirkan animator-animator Indonesia yang dapat mengharumkan bangsa di kancah dunia.
Kegiatan nonton bareng film animasi karya anak bangsa diadakan setiap bulan, dimulai dari bulan Agustus sampai November 2019.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.