8 Langkah Preventif Agar Terhindar dari COVID-19

langkah preventif agar terhindar dari covid-19

NININMENULIS.COMWohoo… hari ke empat BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge, semangat, semangat, semangat. Di hari ke empat ini temanya Tindakan Preventif Agar Terhindari dari COVID-19. Sejak di awal penyebarannya, pemerintah melalui Kementrian Kehatan atau Kemenkes RI sudah mengumumkan beberapa tindakan preventif untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Tindakan preventif yang dianjurkan pun beragam sesuai kondisi setiap orang.

Seperti yang kita ketahui hingga saat ini COVID-19 belum memiliki obat yang dapat menyembuhkannya. Untuk itulah beberapa langkah preventif dilakukan untuk meredakan gejala dan mencegah penyebaran COVID-19. Bagi para ODP (Orang Dalam Pantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pantauan) biasanya tenaga medis menganjurkan beberapa tindakan preventif seperti:

  • Merujuk penderita COVID-19 yang berat untuk menjalani perawatan dan karatina di rumah sakit rujukan.

  • Memberikan obat pereda demam dan nyeri yang aman dan sesuai kondisi penderita.

  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk melakukan isolasi mandiri dan istirahat yang cukup.

  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk banyak minum air putih untuk menjaga kadar cairan tubuh

Baca jugaApa itu COVID-19?

Tetapi tindakan preventif tidak saja diberlakukan untuk para ODP dan PDP saja, orang biasa yang tidak terkena wabah COVID-19 harus melakukan tindakan preventif atau pencegahan untuk menghindari meluasnya pademi ini. Cara yang paling baik untuk pencegahan COVID-19 dengan menghindari faktor penyebabnya dengan 8 cara berikut ini:

  • Terapkan physical distancing, yaitu menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, dan jangan dulu ke luar rumah kecuali ada keperluan mendesak.

    Cara sederhana guna menangkal COVID-19 dengan menghindari interaksi secara langsung seperti berpelukan, berjabat tangan, dan lain sebagainya. Dengan menghindari kontak kulit dengan orang lain, maka kita dapat memutus penyebaran COVID-19.

    Social atau physical distancing adalah salah satu imbauan yang sering digemakan oleh berbagai pihak. Sebab, dengan menjaga jarak antara satu sama lain dipercaya dapat mengurangi risiko penyebaran COVID-19. Selalu perhatikan jarak fisik dengan orang lain yakni minimal 1 meter. Langkah ini dapat diterapkan saat berada di tempat umum ataupun saat di luar rumah guna menangkal COVID-19 masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

  • Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian, termasuk saat pergi berbelanja bahan makanan.

    COVID-19 tidak menyebar melalui udara. Namun, penggunaan masker dapat meminimalisir penularan COVID-19. Sebab, COVID-19 dapat menyebar melalui droplet atau ludah dari pengidap COVID-19 yang masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir seperti mata, mulut, dan hidung. Masker juga dapat digunakan ketika seseorang dalam kondisi yang kurang sehat. Hindari untuk menggunakan satu masker secara berulang-ulang. Sebab, masker dapat mengandung berbagai jenis kuman, bakteri, dan virus setelah dipakai.

  • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%, terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.

    Tindakan pertama yang dapat dilakukan untuk menangkal COVID-19 adalah dengan rajin mencuci tangan. Sebab, tangan adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi sumber penyakit. Cuci tangan dengan durasi minimal 20 detik untuk membunuh COVID-19 menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan kain yang bersih atau tisu. Tindakan pencegahan yang satu ini dianggap lebih efektif untuk membunuh kuman, bakteri, termasuk COVID-19. Cuci tangan merupakan langkah yang disarankan oleh banyak pihak, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Baca jugaSebelum dan Sesudah COVID-19

  • Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.

    Telah diketahui bahwa tangan dapat menjadi sumber penyakit sebab sering terjadi kontak dengan benda maupun orang lain. Sementara itu, COVID-19 disinyalir dapat masuk tubuh manusia melalui segitiga wajah yakni mata, hidung, dan mulut. Maka dari itu, hindari untuk menyentuh wajah menggunakan tangan. Apabila terpaksa harus menyentuh wajah, maka pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun.

  • Tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat.

    Tidak hanya melakukan tindakan pencegahan di luar jaringan tubuh, namun kita juga perlu melakukan tindakan pencegahan dari dalam tubuh. Caranya dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai virus termasuk COVID-19. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Hindari kontak dengan penderita COVID-19, orang yang dicurigai positif terinfeksi COVID-19, atau orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.

    Selain menghindari orang yang dicurigai positif COVID-19, atau yang sedan demam, batuk, atau pilek, cara yang paling mudah jangan meminjamkan barang pribadi ke orang lain. Sebab meskipun tidak nampak gejala, COVID-19 ini dapat menginfeksi tubuh manusia hingga berstatus sebagai silent carrier yang membawa dan menularkan kepada orang lain. Maka dari itu, selalu gunakan barang sendiri dan hindari untuk meminjam barang pada orang lain. Hal tersebut merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk menekan laju penyebaran COVID-19 yang berbahaya.

  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.

    Terapkan etika bersin dan batuk dengan benar menggunakan siku tangan bagian dalam atau tisu bersih. Sebab, cairan yang diproduksi pada saat batuk dan bersin tersebut dapat menjadi media penularan COVID-19. Apabila menggunakan tisu, maka segera buang ke tempat sampah dan cuci tangan menggunakan sabun hingga bersih dan kering kembali.

  • Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan rumah.

    Selain rutin membersihkan rumah dan lingkungan sekitar, salah satu cara menjaga kebersihan dengan mencuci semua bahan makanan sebelum disimpan di dalam lemari pendingin dengan menggunakan larutan hidrogen peroksida ataupun cuka yang dapat membunuh bakteri, kuman, dan virus dengan cukup efektif. Bila perlu, semprotkan cairan disinfektan setiap pagi dan sore hari yakni sebelum dan setelah beraktivitas guna membunuh COVID-19.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.