Rumah Sakit Premier Jatinegara Buka Layanan Drive Thru Swab PCR COVID-19

rs premier jatinegara

NININMENULIS.COM – Saat ini penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB sudah berlangsung di beberapa wilayah di Indonesia termasuk Ibukota Jakarta, namun jumlah kasus COVID-19 terus bertambah. Data kasus COVID-19 di Indonesia per-Minggu (26/4) 8.882 orang dan masih dapat terus bertambah. Jumlah tersebut tentu saja membawa perasaan khawatir mengingat COVID-19 bisa saja menular tanpa gejala apa pun. Itulah sebabnya diperlukan mengecekan COVID-19, terutama bagi orang yang pernah kontak dengan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam perawatan (PDP).

COVID-19 adalah penyakit infeksi saluran pernafasan menular yang disebabkan oleh novel coronavirus atau virus corona jenis baru. Untuk diketahui COVID-19 yang ditemukan pada 2019 ini kepanjangan dari Corona (CO), Virus (VI), Disease (D). COVID-19 atau virus corona masih satu famili besar virus yang menyebabkan berbagai macam penyakit, dari yang sedang seperti demam sampai yang lebih gawat seperti MERS dan SARS. Sedangkan, virus corona yang kini mewabah memiliki nama resmi SARS-CoV-2 atau Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus 2. Guna memastika seseorang terjangkit COVID-19 harus dilakukan beberapa rangkaian pemeriksaan mulai dari rapid test sebagai penyaring hingga swab PCR test.

Baca juga8 Langkah Preventif Agar Terhindar dari COVID-19

Rapit test merupakan pemeriksaan virus menggunakan IgG dan IgM yang ada di dalam darah. IgG dan IgM adalah sejenis antibodi yang terbentuk bila kita mengalami infeksi virus. Jadi bila di tubuh terjadi infeksi virus maka jumlah IgG dan IgM akan bertambah. Jika rapid test dinyatakan positif itu berarti tubuh positif terkena infeksi tetapi belum menggambarkan infeksi COVID-19. Maka dari itu, orang dengan hasil rapid testnya positif, perlu menjalani pemeriksaan lanjutan, yaitu pemeriksaan swab test. Swab test dinilai lebih akurat sebagai patokan diagnosis. Sebab, saat COVID-19 masuk ke dalam tubuh, ia akan menempel di hidung atau tenggorokan bagian dalam.

Untuk mendapatkan sampel lendir dalam swab test digunakan metode PCR atau Polymerase Chain Reaction yang menggunakan sampel cairan dari saluran pernapasan bawah sebagai bahan pemeriksaan. Tes ini dilakukan oleh para petugas kesehatan dengan menyeka bagian belakang tenggorokan. Pada metode PCR, sampel cairan dari saluran pernapasan bawah oleh para peneliti diekstrak asam nukleat di dalamnya. Asam nukleat tersebut mengandung genom virus yang dapat menentukan adanya infeksi atau tidak dalam tubuh. Hasil akhir dari pemeriksaan inilah nantinya akan benar-benar memperlihatkan apabila ada virus SARS-COV2 penyebab COVID-19 di tubuh. Pentingnya pemeriksaan test swab PCR untuk mendeteksi apakah seseorang terkena COVID-19 membuat Rumah Sakit Jatinegara membuka pelayanan Drive Thru Swab PCR COVID-19.

rs premier jatinegara
RS Premier Jatinegara, Jakarta Timur

Bagi yang belum tahu, Rumah Sakit Premier Jatinegara berada di kawasan Jatinegara Jakarta Timur. Lokasinya yang berdekatan dengan Stasiun Jatinegara dan Terminal Kampung Melayu mejadikan rumah sakit ini memiliki akses yang mudah untuk dikunjungi dari Utara, Barat, Pusat, dan Selatan Jakarta. Rumah Sakit Premier Jatinegara didirikan pada 2010 dan merupakan rumah sakit swasta terkemuka di Jakarta Timur karena memiliki banyak keunggulan termasuk di dalamnya komitmen terhadap mutu, kemudahan akses, kualitas pelayanan, kelengkapan spesialistik, dan alat penunjang medis yang tersedia. Merupakan rumah sakit tipe B, Rumah Sakit Premier Jatinegara melayani 24 jam dalam seminggu untuk seluruh pasien, baik umum, asuransi, dan BPJS. Untuk informasi lebih lengkap dapat dicek akun instagram, twitter, dan facebook Rumah Sakit Premier Jatinegara, atau via WhatsApp ke 0811 1637 666

Keunggulan lain yang dimiliki Rumah Sakit Premier Jatinegara ini terletak pada layanan Satu Atap di mana konsultasi dokter, pemeriksaan penunjang, tindakan operatif, layanan rawat inap, hingga paska rawat inap semua dapat dilakukan di Rumah Sakit Premier Jatinegara. Untuk itulah Rumah Sakit Premier Jatinegara tidak berhenti memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik termasuk membuka layanan Drive Thru Swab PCR untuk penanggulangan COVID-19.

Baca jugaJenis dan Manfaat Masker

drive thru swab pcr covid-19
Flyer Drive Thru Swab PCR COVID-19

Drive Thru Swab PCR COVID-19 mengambil lokasi di area parkir baru di samping gedung Rumah Sakit Premier Jatinegara. Selain kepedulian Rumah Sakit Premier Jatinegara, layanan Drive Thru Swab PCR ini untuk memberikan kemudahan serta rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin melakukan test swab tanpa khawatir tertular dan menulari orang lain.

Untuk mendapatkan pelayanan Drive Thru Swab PCR COVID-19 di Rumah Sakit Premier Jatinegara sangatlah mudah. Untuk mendapatkan informasi dan pendaftaran dapat melalui pesan WhatsApp di nomor 0822 1176 7690. Dari pendaftaran via WhatsApp akan mendapatkan e-formulir untuk diisi berikut informasi pembayaran. Setelah e-formulir terisi dan bukti pembayaran diupload, orang yang ingin melakukan pemeriksaan akan mendapatkan jadwal untuk pemeriksaan drive thru.

drive thru swab pcr covid-19
Semua pemeriksaan dilakukan dengan posisi orang yang diperiksa tetap di dalam mobil

Semua pemeriksaan dilakukan dengan posisi orang yang diperiksa tetap di dalam mobil dan pastikan posisi yang diperiksa berada di sisi kanan mobil sesuai dengan posisi tenaga medis yang memeriksa. Jangan lupa untuk selalu mengikuti arahan dari petugas Drive Thru Swab PCR COVID-19. Untuk hasil pemeriksaan nantinya akan langsung diemail ke orang yang bersangkutan.

Dari keterangan di atas dapat disimpulkan beberapa keuntungan menggunakan layanan Drive Thru Swab PCR COVID-19 di Rumah Sakit Premier Jatinegara ialah:

  • Semua pemeriksaan dilakukan di dalam mobil sehingga pasien tidak perlu turun dari mobil.

  • Komunikasi mulai dari pendaftaran, pembayaran, hingga informasi jadwal pemeriksaan semua melalui WhatsApp sehingga dijamin semua terdokumentasi dan terpercaya.

  • Hasil Swab PCR COVID-19, akan diemail ke alamat email pasien sehingga dipastikan hasilnya rahasia dan langsung ke orang yang bersangkutan.

  • Bagi siapa saja yang melakukan pemeriksaan di Drive Thru Swab PCR COVID-19 akan mendapatkan bonus free consultation voucher untuk konsultasi gratis ke dokter secara online atau boleh juga datang langsung ke dokter konsultasi tentang keluhan apa aja. Bonus pemeriksaan ini dapat digunakan untuk keluhan penyakit apa saja, tidak harus COVID-19.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.