Tips Betah di Rumah Saat PSBB

tips betah di rumah saat psbb

NININMENULIS.COM – Hari ini hari ke-8 BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge yang artinya sudah memasuki minggu ke dua, yeaahhh….. Untuk hari ini tema yang diangkat yakni Tips Betah Di Rumah. HHmm… mana suaranya yang mulai bosan di rumah? Untuk kamu yang masih betah di rumah, aku acungin dua jempol dan untuk kamu yang mulai bosan di rumah mungkin tema yang diangkat hari ini dapat memberikan solusi.

PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar memang salah satu cara pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Sebagian dari kamu mungkin sudah mulai bosan dan jenuh menghabiskan banyak waktu di rumah saja dan tidak dapat bepergian sebebas biasnya. Namun demi keselamatan bersama, beraktivitas dari rumah menjadi solusi terbaik saat ini. Mengingat himbauan PSBB mulai diperpanjang, kamu tentu perlu terobosan atau tips bagaimana betah di rumah saat PSBB.

Keputusan PSBB seolah menjadi pukulan terberat bagi para ekstrovert yang waktunya banyak dihabiskan di luar rumah dan melakukan banyak komunikasi dan kontak fisik dengan orang lain. Sementara PSBB bukanlah hal patut dibesar-besarkan oleh para introvert. Dan aku sebagai tipe ambivert, meskipun merindukan dunia luar tetapi menghabiskan waktu di rumah tetap menyenangkan dan tidak menjadi masalah.

Baca jugaSocial Distancing is The New Self Care

Agar betah di rumah, ini aku sharing beberapa tips betah di rumah yang mungkin bisa membantu kamu menjalani masa PSBB ini.

  • Tata ulang ruangan senyaman mungkin

    Kondisi dan penataan ruangan menjadi hal terpenting untuk meningkatkan rasa nyaman berada di rumah. Kamu bisa melakukan sedikit perubahan atau sekadar membuatnya lebih rapi dan tertata. Membuat ruangan menjadi tampak lebih segar juga dapat kamu lakukan. Cobalah dengan mengubah posisi furnitur, lalu lengkapi dengan aksesori lucu yang kamu sukai. Untuk membeli aksesori ruang kamu dapat memanfaatkan promo menarik dari pembayaran digital di online shop.

    Memberikan sentuhan segar seperti memberikan tanaman indoor atau bunga juga dapat membuat ruangan menjadi lebih cantik dan penuh warna. Jika dirasa perlu, berikan pengharum ruangan atau aroma terapi yang memiliki efek menenangkan dan frsh agar kamu tetap semangat meskipun berada di rumah.

  • Tekuni hobi yang disukai

    Tidak perlu panik dan bersedih melewati hari-hari di rumah aja. Kamu bisa meluangkan waktu untuk menekuni hal-hal yang kamu sukai sebelumnya tetapi tidak dilakukan lagi seiring dengan banyaknya aktivitas di luar rumah. Misalnya untuk kamu yang hobi membaca cobalah membaca beberapa buku yang mungkin sudah dibeli tetapi belum sempat dibaca. Atau bagi kamu yang gemar memasak, buatkan hidangan yang tengah viral di sosial media seperti dalgona coffee, puding susu, pie susu, dan makanan lain yang dapat membangkitkan semangat kamu berkreasi.

  • Coba melakukan hal-hal yang selama ini tidak bernah kamu lakukan

    Agar tidak bosan cobalah untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah atau tidak bisa kamu lakukan. Ini akan memberikan rasa bahagia dan keinginan untuk terus mengimprove kemampuan diri. Misalnya bagi kamu yang terbiasa memesan makanan jadi atau online, cobalah untuk belajar masak sendiri. Kamu bisa juga menjahit, menyulam, atau melakukan olahraga mandiri di rumah. Mungkin di awal hasilnya tidak maksimal tetapi ingat masa PSBB kamu masih panjang dan kamu masih dapat terus berusaha hingga mendapatkan hasil yang baik.

  • Asah otak dengan berbagai permainan

    Untuk menghindari kebosanan dan rasa suntuh karena terlalu lama di rumah, kamu bisa mengasah otak dengan sejumlah permainan imajinatif, misalnya puzzle. Buat dirimu seaktif mungkin, kamu juga dapat mengajak anggota keluarga di rumah untuk bergabung dalam permainan tersebut. Bikin challenge juga supaya permainan semakin seru dan tidak membosankan.

    Selain itu, kamu juga bisa ikutan bikin rekaman-rekaman video yang lagi trending di media sosial seperti TikTok maupun iseng-iseng bikin video nyanyi dan karaoke. Kalau sudah punya game console menarik juga kamu bisa beli game genre petualangan.

  • Pilih busana yang paling nyaman

    Buatlah dirimu senyaman mungkin saat berada di dalam rumah. Pakaian dapat menjadi salah satu hal yang meningkatkan mood kamu selama di rumah. Pilihlah busana oversized dan celana pendek, agar lebih nyaman lepaskan bra seharian. Dengan begitu, kamu bisa melakukan aktivitas santai dan bebas. Bersandar di sofa sambil menikmati popcorn dan film favorit. Jika kangen make up dan menggunakan pakaian yang biasa kamu kenakan ke luar rumah, gunakanlah meskipun kamu berada di rumah. Karena itu bentuk penghargaan kamu untuk diri sendiri.

  • Sadar akan pentingnya self love

    Ciptakan kebahagian kamu sendiri. Itu prinsip dasar seorang introvert mengapa mereka lebih betah berada di rumah aja. Ingat kebahabiaan itu tidak terletak di orang lain atau di luar sana, tetapi di dalam diri sendiri. If you can’t go outside, go inside. It’s true and try it!

 

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.