5 Akun Kajian Favorit Saat Puasa

5 channel kajian favorit

NININMENULIS.COM – Saat ini kita sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1441 H. Berpuasa memang adalah hal yang setiap tahunnya dilakukan selama 30 hari penuh. Namun, di tahun 2020 ini kondisi pandemi yang sedang menyerang beberapa wilayah dunia membuat suasana Ramadhan menjadi berbeda. Kita diharuskan untuk berpuasa dan menjalankan kegiatan agama dari dalam rumah.

Khusus tahun ini, Kementerian Agama (Kemenag) RI juga sudah menganjurkan untuk meniadakan ibadah salat sunah tarawih di masjid-masjid. Hal tersebut dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus Corona dan demi menjalankan kebijakan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Maka dari itu, beberapa komunitas agama dan pendakwah juga berupaya untuk tetap memberikan aktivitas agama melalui platform berbagi video YouTube dan Instragram Story miliknya.

Baca juga: Akun Favorit untuk Menambah Ketrampilan Berolahraga Saat PSBB

Berikut 5 akun kajian favorit saat puasa apa saja yang menyediakan konten dakwah dan juga tadarus selama bulan Ramadhan.

  • AaGym Official

    Channel pertama adalah milik salah satu pendakwah yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia yaitu milik Abdullah Gymnastiar. Pria yang kerap disapa Aa Gym ini menghadirkan video-video dakwah selama bulan Ramadhan. Berbagai tema dihadirkan oleh Aa Gym untuk para penggemarnya.

    Pada hari pertama puasa, tema yang diangkat dari dakwah Aa Gym adalah hikmah karantina. Pendakwah asal Bandung ini memang menjadi salah satu tokoh agama yang peduli dengan tindakan physical distancing sebagai upaya menekan angka penyebaran COVID-19 Tak hanya video dakwah, channel YouTube AaGym Official juga mengunggah video berupa tilawah Al-Quran sebanyak 2 Juz per harinya.

  • CakNun.com

    Bagi kamu masyarakat pulau Jawa mungkin sudah mengenal siapa CakNun. Pria dengan nama asli Emha Ainun Nadjib merupakan salah satu tokoh intelektual muslim di Indonesia. Berbeda dengan pendakwah lainnya, Cak Nun kerap memberikan informasi seputar agama berdasarkan kehidupan nyata. Realitas yang ada di dunia dijadikannya sebagai bentuk penyampaian kepada para pengikutnya yang menamakan dirinya Masyarakat Maiyah.

    Cara penyampaian Cak Nun juga dibuat dengan gaya yang santai namun tetap serius. Di channel YouTube CakNun.com ini, ada sejumlah video terbaru yang membahas mengenai puasa. Selain itu, ada pula salah satu video bertajuk “Pesan Mbah Nun di Tengah Pandemi” yang membahas mengenai pandangannya terhadap kondisi Indonesia yang saat ini harus melawan pandemi.

  • Hidayah.Indonesia

    Channel YouTube ketiga adalah Hidayah.Indonesia yang diisi oleh video-video berupa dakwah dari Ustadz Khalid Basalamah. Kamu bisa mendapatkan beragam topik dakwah seputar bulan Ramadhan. Salah satunya ada video berjudul “Dahsyatnya Bulan Ramadhan” yang saat ini sudah ditonton sebanyak 192 ribu kali.

Baca juga: #DiRumahAja Tapi Ingin Jalan-jalan? Ke #MuseumfromHome Aja

  • Al-Bahjah TV

    Channel selanjutnya adalah Al-Bahjah TV yang telah memiliki 2,1 juta subcriber YouTube. Channel ini merupakan channel yang paling aktif mengunggah video selama bulan puasa. Ada sekitar 5 video baru yang diunggah oleh channel Al-Bahjah TV setiap harinya. Pembicara pada channel YouTube ini adalah Buya Yahya yang merupakan pendiri pesantren Al-Bahjah di Cirebon.

  • Ammar TV

    Channel YouTube terakhir ini sedikit berbeda dengan keempat channel sebelumnya yang menampilkan sejumlah siaran dakwah. Ammar TV menampilkan rentetan video yang berisikan murottal Al-Quran dari beberapa orang. Murottal adalah cara membaca Al-Quran yang memfokuskannya kepada dua hal yaitu kebenaran baca dan lagu Al-Quran.

    Dengan teknik ini, para pembaca surat tersebut memiliki nada dengan ciri khasnya masing-masing sehingga menciptakan lantunan yang merdu. Salah satu video tersebut juga terlihat ada murottal dari Taqy Malik saat membaca surat Al-Fatiha.

Nah, sekarang sudah tahu kan channel dan akun apa saja yang bisa dijadikan tontonan untuk mengisi waktu beribadah selama bulan Ramadhan, lalu akun dan channel favorit kamu apa gaes?

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.