Camilan Praktis untuk Berbuka Dimasa Pandemi

camilan untuk berbuka

NININMENULIS.COM – Selama masa COVID-19 ini takjil saat buka puasa kamu apa gaes? Jika di bulan puasa sebelumnya takjil bisa beli saat ngabuburit, bagaimana sekarang? Masih bisa beli takjil sembari ngabuburit atau membuat sendiri takjil yang mudah dan enak? Kalau aku sejak diberlakukan social distancing, sudah tidak membeli makanan dan minuman lagi di luar. Ada sih sedikit-sedikit beli dagangannya tetangga tetapi itu tidak sering dan hanya membeli makanan yang dapat dipanaskan kembali sebelum disantap.

Pada BPN 30 Days Ramadhan Blog Challenge hari ke-16 ini mengangkat tema Camilan Praktis untuk Berbuka. Pas untuk aku yang di Ramadhan biasanya malas untuk membuat takjil dan tahun ini harus membuat sendiri. Takjil atau camilan praktis untuk berbuka dimasa pandemi COVID-19 ini haruslah memiliki beberapa kriteria seperti:

Baca juga: Tolong Menolong di Tengah Pandemi

  • Mudah untuk membuatnya

    Camilan yang aku buat untuk puasa dimasa pandemi seperti sekarang bukanlah takjil yang sulit dan membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Karena dimasa pandemi, meskipun hanya berada di rumah dan beraktivitas juga dari rumah sudah tentu harus diperhitungkan benar kapan waktu untuk mempersiapkan hidangan puasa dengan waktu melakukan aktivitas lain. Jangan sampai terlalu sibuk mempersiapkan camilan untuk berbuka puasa, kita tiddak memiliki waktu untuk melakukan aktivitas lainnya. Pilih camilan yang bahan-bahannya mudah didapat dan sederhana, seperti puding dan jelly.

puding santan

  • Dapat dibuat sekali bikin untuk beberapa hari

    Wuaah ini yangpaling penting, camilan yang sekali buat dalam jumlah banyak dapat disimpan dalam lemari es dan dimasaknya untuk beberapa kali. Misalnya membuat empek-empek, baso tahu, baso goreng, dan lain sebagainya yang dapat disimpan dalam waktu lama di lemari es, dan saat berbuka tinggal digoreng beberapanya lagi tetap disimpan untuk camilan esok hari.

bakso goreng

  • Tidak terlalu manis tetapi cukup segar sebagai takjil pembuka

    Aku tidak terlalu suka dengan camilan yang terlalu manis dan banyak mengandung gula. Selain karena alasan kesehatan, menimbun gula terlalu banyak di bulan puasa justru akan membuat tubuh tidak fit, mudah ngantuk, dan lebih rentan terkena penyakit. Untuk menu camilan yang menggunakan gula, aku biasanya mengurangi takaran gulanya atau menggantinya dengan gula rendah kalori.

bubur mutiara

  • Disukai seluruh anggota keluarga

    Membuat camilan atau takjil berbuka yang disukai seluruh anggota keluara memang menjadi keharusan untuk menghindari makanan menjadi mubazir dan terbuang sia-sia. Untuk itu sebaiknya sebelum membuat camilan, tanyakan dulu camilan apa yang mereka inginkan dan berikan opsi yang menarik dan disukai agar mudah dalam membuatnya tetapi hasilnya juga disukai seluruh anggota keluarga. Tidak mudah memang menyatukan semua keinginan, tetapi pasti ada satu titik temu dimana anggota keluarga dapat menikmati seluruh sajian yang tersedia. Menyediakan beberapa camilan sekali-kali jika kamu memiliki waktu luang juga dapat dibuat untuk memanjakan seluruh anggota keluarga di saat berbuka puasa.

takjil puasa

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.