Apa Itu Pillow Block Bearings?

pillow block bearings

NININMENULIS.COM – Ada yang tahu apa itu Pillow Block Bearings? Bagi kamu yang menyukai dunia otomotif, istilah Pillow Block Bearings pasti sudah tidak asing lagi. Pillow Block Bearings adalah alas yang digunakan untuk mendukung kerja poros pada mesin dengan bantuan dari bantalan yang sesuai dan beragam aksesori namun beban rendah. Pillow Block Bearings sendiri terdiri dari dua komponen utama yaitu sebagai bantalan statis dan sisi dalamnya yang memiliki bentuk cincin berputar berfungsi untuk menahan benda dengan tetap di posisinya.

Perbedaan Pillow Block Bearings lainnya yaitu pillow ini sudah dilengkapi dengan alas atau biasa kita sebut dengan dudukan, sehingga tidak perlu lagi membeli dudukan tambahan. Inilah salah satu kelebihan Pillow Block Bearings yang belum dimiliki oleh jenis bearing lainnya. Lalu bagaimana cara pemasangan Pillow Block Bearings? pemasangannya dapat dipasang di tempat atau lingkungan yang bersih.

Kenapa Pillow Block Bearings harus dipasang di tempat yang bersih? karena Pillow Block Bearings ini memiliki tingkat kepekaan yang tinggi terhadap keadaan lingkungan di sekitarnya. Maka dari itu agar dapat berputar dengan baik dan bebas dari kontaminasi, jangan lupa untuk memasangnya di sebuah pondasi yang kuat dan bisa langsung digunakan untuk kebutuhan. Tidak ada cara khusus untuk pemasangan Pillow Block Bearing, jadi kamu tidak usah risau ya.

Baca juga: Pertamina Fastron, Sebuah Wasiat untuk Merawat Mesin Mobil

Diliat dari bahan dasar material kerangkanya, Pillow Block Bearings ini sangat kuat karena terbuat drai cor besi atau cor baja besi chromium dengan standar 521.000. Maka dari itu Pillow Block Bearings ini tidak hanya digunakan untuk beberapa perlengkapan rumah tangga saja tetapi sering juga digunakan untuk mesin-mesin berat industri seperti pada mesin industri pertambangan dan manufaktur.

pillow block bearings adalah
Pillow Block Bearings (Foto: Dok. Logam Makmur)

Banyak lagi kelebihan yang didapat dalam Pillow Block Bearings ini. Kelebihan lainnya yaitu mudah dalam perawatan dan penggantian. Memberikan pelumas secara rutin seperti oil atau minyak agar dapat selalu awet dan performanya semakin bagus. Namun untuk diingat, sebaiknya jangan berlebihan dalam memberikan minyak atau pelumas karena nanti akan banyak minyak yang menempel dalam waktu lama dan menyebabkan karat.

Lalu apa saja sih fungsi dari Pillow Block Bearings ini? Pillow Block Bearings dapat menjadi tumpuan shaft roda yang berputar, tumpuan shaft pulley penggerak V belt drive conveyor, sebagai tumpuan shaft roda gigi gear box yang berputar, sebagai tumpuan shaft sprocket tension chain drive, sebagai tumpuan shaft roll conveyor penghubung yang berputar, dan sebagai tumpuan shaft sprocket atau gear drive rantai.

Baca juga: Menunggang Si Kijang Milenial Toyota Avanza Veloz

Wow, banyak bangetkan fungsi dari Pillow Block Bearings ini. Tetapi selain fungsinya, yang juga harus diketahui yaitu setiap bagian dari Pillow Block Bearings. Ada 9 bagian dalam Pillow Block Bearings ini seperti casing atau body utama, casing bearing, cover bearing, ball bearing atau bola bola, bushing bagian dalam atau diameter, bushing bagian luar atau diameter, grease, baut tanam atau bolt lock, dan lubang supply grease.

Terpenting lagi nih, jangan lupa untuk selalu merawat Pillow Block Bearings agar tetap selalu awet dan juga tahan lama. Karena itu mencari produk bearings dengan kualitas serta kuantitas tinggi dengan harga terjangkau menjadi keharusan, dan kamu bisa mendapatkan itu semua di Logam Makmur.

Logam Makmur menyediakan berbagai bearings dan juga Pillow Block Bearings dari berbagai jenis dan ukuran, jadi kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhannya saja. Logam Makmur juga memberikan pelayanan yang terbaik karena merupakan toko besar penyedia bearings terlengkap. Jadi kalau kamu mencari bearings atau Pillow Block Bearings bisa langsung kunjungi website Logam Makmur yang mempunyai banyak pilihan. Logam Makmur pilihan toko bearings terbaik dan terbagus.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

2 thoughts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.