Review K-Drama Romance is a Bonus Book: Bulannya Indah

nininmenulis

NININMENULIS.COM – K-drama Romance is a Bonus Book ini judul pertama yang aku review di blog meskipun sudah puluhan judul aku tonton. Mungkin ke depannya akan aku ulas satu persatu K-drama yang pernah aku tonton yess. Seperti sebuah buku, Romance is a Bonus Book merupakan prolog menuju ke tulisan-tulisan review K-drama berikutnya. Sebuah drama yang membangkitkan kembali kerinduan aku akan buku, puisi, dan dunia editor.

Kenapa Romance is a Bonus Book dikatakan sebuah drama bergenre romantic comedy? Genre romantic comedy yang akhirnya menarik aku untuk menonton drama ini, bahkan dalam review di salah satu media online dikatakan ini merupakan drama romantic comedy pertama yang diperankan Lee Jong Suk. Tidak salah 100% sih, tetapi menurut aku unsur komedi yang disisipkan di drama ini kurang dari 20%, kenapa?

Menurut aku Romance is a Bonus Book yang memiliki 16 episode ini lebih cocok dikatakan sebagai drama romantis yang sangat manis sekali. Mulai dari alur cerita, karakter tokoh, pemilihan aktor dan aktrisnya, hingga soundtrack yang mengiringi setiap episodenya pun semuanya manis. Jangan berharap akan tertawa terbahak-bahak menyaksikan kekonyolan tokohnya karena kenyataannya Romance is a Bonus Book akan membuat hati kita mendayu biru mengikuti alur ceritanya.

Baca juga: Review Buku: Ronggeng Dukuh Paruk

Alur Cerita Romance is Bonus Book

Romance is a Bonus Book bercerita tentang kisah cinta dari dua orang yang telah bersahabat sejak kecil, Cha Eun Ho (Lee Jong Suk) dan Kang Dan Yi (Lee Na Young). Cerita diawali di sebuah pesta pernikahan di mana Kang Dan Yi menjadi mempelai wanita dan Cha Eun Ho sebagai sahabat yang mengiringinya dengan alunan piano. Sempat kabur sebelum pernikahan dimulai, Kang Dan Yi akhirnya memilih jalan kembali pesta penikahannya, lalu “bila aku tak kembali ke lokasi pernikahan, hidup aku sekarang akan seperti apa?” Itu yang ada dibenak Kang Dan Yi saat mengingat momen pernikahannya.

Cerita Romance is a Bonus Book berlanjut ke beberapa belas tahun kemudian saat Kang Dan Yi berusia 37 tahun dan telah satu tahun bercerai dengan memiliki seorang anak perempuan berusia 12 tahun. Kang Dan Yi yang sekarang tak punya suami, rumah, uang, dan juga kehilangan karirnya di dunia marketing saat ia muda dan memutuskan menjadi ibu rumah tangga pun mulai kembali ke dunia kerja. Tetapi ternyata itu tidak mudah. Cepatnya perkembangan dunia marketing membuatnya ditolak banyak perusahaan, akhirnya Kang Dan Yi pun mendaftar di perusahaan publishing dengan menggunakan ijazah SMA dan menyembunyikan pendidikan, pengalaman, dan prestasi yang pernah diraihnya.

Di perusahaan publishing ini Kang Dan Yi bertemu dengan Cha Eun Ho, sahabatnya. Cha Eun Ho seorang penulis genius berusia 32 tahun yang kemudian menjadi kepala editor paling muda dan profesor di tempatnya mengajar. Cha Eun Ho merupakan sosok yang mudah mencuri perhatian karena perbuatannya yang dingin, tapi penampilannya hangat dan good looking. Dari sosok Kang Dan Yi lah Cha Eun Ho memilih jalan sebagai penulis dan dari wanita ini jugalah ia tidak percaya apa itu cinta.

Jangan berharap Cha Eun Ho memperlihatkan cinta yang mengebu-gebu mengejar Kang Dan Yi, saat cerita flashback ke masa lalu merekalah baru kita akan tahu seberapa manisnya cinta Cha Eun Ho ke Kang Dan Yi. Meskipun demikian, Cha Eun Ho tak menutupi kecemburuannya saat Kang Dan Yi dekat dengan Ji Seo Jun (Wi Ha Joon), seorang graphic designer yang usianya terpaut 8 tahun lebih muda dari Kang Dan Yi. Tetapi sekali lagi Cha Eun Ho sangat dewasa dan profesional dalam memilah antara kehidupan cinta dan pekerjaannya.

Kehati-hatian Cha Eun Ho dalam menyampaikan cintanya pun terlihat saat ia mengungkapkan perasaannya kepada Kang Dan Yi. Alih-alih mengumbar kata cinta, Cha Eun Ho lebih memilih mengutip kata dari buku karya Soseki Natsume yang bilang ‘Bulannya indah’. Tengok juga bagaimana manisnya cara Cha Eun Ho saat menolak cinta dari rekan kerjanya, Song Hae Rin (Jung Yoo jin).

review k-drama

Romance is a Bonus Book

Romance is a Bonus Book cocok ditonton khusus buat mereka yang menyukai buku. Buat mereka yang selalu senang setiap kali mencium aroma kertas dari buku yang baru saja dibelinya. Buat mereka yang tersenyum hanya dengan melihat tumpukan buku di sudut kamarnya. Buat mereka yang hatinya selalu hangat ketika selesai membaca buku. Karena mengambil setting dunia publishing banyak buku-buku terkenal ditampilkan di sini, seperti: The Soliloquy I Want You To Hear, Every Day A Good Day, The Martian, Jang Jung-il’s Study, Lone Castle in the Mirror, dan lain sebagainya.

Tidak hanya cerita cinta, Romance is Bonus Book juga menyajikan suka duka dunia publishing juga misteri dari hilangnya Kang Byung-joon (Lee Ho-jae) seorang penulis terkenal. Yuk baca dulu puisi The Heart Is Drawn To You yang dibacain Cha Eun Ho di depan Kang Byung Joon di episode 10,

But suddenly, 
the wind blows again 
from somewhere.
The sound of the sandstorm 
reaches the branches up high.
And with that, 
my heart flutters.
That means
I miss someone 
I left behind.
The desire to love someone again 
is making my heart throb.
Dream.
And yearn.
Love deeply 
and lastingly.
We sleep, rest, 
and dwell in our momentary 
joy to recharge ourselves.
So that we can return 
to the world full of pain, 
so that we can have new dreams.
Yearn for new things, 
and love once again.
Deeply and lastingly.

Baca juga: Review Buku Millennial Power: Menuju Sukses dengan Cara yang Masuk Akal

Aigoo… Manisnya Lee Jong Suk

Untuk alur cerita semanis Romance is Bonus Book pemilihan Lee Jong Suk dan Lee Na Young terasa sangat pas. Drama ini menjadi ajang kembalinya Lee Na Young, istri Won Bin ke layar kaca setelah 9 tahun absen. Sebagai aktris Lee Na Young sudah terkenal memiliki akting yang mumpuni, lihat saja aktingnya terdahulu di Ruler of Your Own World, Ireland dan The Fugitive: Plan B bersama Rain.

Di dalam Romance is a Bonus Book, Lee Na Young sukses mengajak kita menitikan air mata ikut merasakan penderitaan Kang Dan Yi dalam berjuang mencari pekerjaan. Kita pun turut dibuat gemas bagaimana mudahnya ia jatuh cinta dan tidak menyadari cinta yang dimiliki Cha Eun Ho. Ada momen menarik saat Kang Dan Yi curhat perasaannya ke Cha Eun Ho kepada Ji Seo Jun,

“Aku punya sebuah buku yang sudah lama. Bukunya sangat bagus. Kapan pun aku merasa sedih, senang atau hampa, aku membacanya. Aku akan mengingat kutipan dari situ, karena sering membacanya. Tapi belakangan ini buku itu terasa agak aneh, tiba-tiba saja. Walau aku membaca kalimat yang pernah kutandai, aku tak tahu kenapa aku menandainya. Padahal itu buku yang telah kubaca berulang kali, tapi aku terus melihat kalimat-kalimat baru. Aku menyadari bahwa banyak kalimat yang terlewat. Rasanya seperti membaca buku baru.”

Lalu dijawab oleh Ji Seo Jun

“Begitulah buku yang bagus. Jika baca ulang buku yang sama saat berumur sepuluh tahun, rasanya akan berbeda karena kita sudah berubah. Buku milikmu tak berubah, hati pembacanya sudah berubah.”

Momen-momen manis banyak dijumpai di drama Romance is a Bonus Book. Tidak ada tokoh antagonis di sini, semuanya memiliki kearifannya masing-masing. Tidak ada cinta atau emosi yang meledak-ledak yang sering dijadikan bumbu sebuah drama, semuanya terasa manis. Meskipun tidak ada intrik yang bikin emosi naik turun, nyatanya drama ini sukses meraih rating tinggi di nnegara asalnya, Korea Selatan. Mengapa? Menurut aku salah satunya karena adanya Lee Jong Suk di drama ini.

review romance is bonus book

Romance is a Bonus Book

Bagi penggemar Lee Jong Suk pasti akrab dengan aktingnya di Pinocchio, W: Two World, Doctor Stranger, While You Were Sleeping, dan The Hymn of Death. Mulai memerankan sosok misterius nan genius di Pinocchio, tokoh webtoon di W: Two World, hingga jaksa yang kocak dan ngegemesin di While You Were Sleeping bersama Suzy Bae. Dibanding perannya di While You Were Sleeping, akting Lee Jong Suk di Romance is a Bonus Book tidaklah sekomedi yang diberitakan. Aktingnya di While You Were Sleeping jelas lebih mengundang senyum dan tawa.

Tapi sekali lagi Lee Jong Suk rupanya cukup piawai memberikan ‘nyawa’ ke peran yang ia mainkan meskipun Cha Eun Ho bukanlah karakter drama yang kuat. Sosok good looking dengan senyum manis sudah cukup menjadi modal bagi Lee jong Suk mengimbangi manisnya alur cerita, apalagi ditambah dengan fashion yang membalut dari awal hingga akhir cerita, dijamin membuat penonton wanita semakin dibuat klepek-klepek.

Baca juga: Review Buku TIGA MACAN SAFARI: KISAH SIRKUS NGAMEN SEBELUM PERMANEN

Soundtrack yang Bikin Baper

Bukan hanya karena kisah cinta Cha Eun Ho dan Kang Dan Yi yang manis banget di drama Romance is a Bonus Book, tapi juga karena lagu-lagu soundtrack yang mengiringinya cukup membuat baper dari yang sedih hingga bikin dag dig dug bak lagi jatuh cinta bagi yang mendengar karena semuanya manis didengerin. Gak percaya? Cek ke-10 soundtrack yang ada di drama Romance is a Bonus Book ini:

  • A Story I Couldn’t See

    Dinyanyikan oleh band indie Jannabi, lagu A Story I Couldn’t See sukses menyayat hati saat didengar. Apalagi saat ingat adegan Cha Eun Ho yang selalu datang ke rumah Kang Dan Yi setiap kali mabuk karena begitu merindukannya itu. Atau juga saat adegan-adegan sedih di episode-episode awal saat Kang Dan Yi susah payah memulai hidupnya lagi pasca menikah. Ia bahkan harus tinggal di rumah lamanya yang telah disita sekalipun tanpa listrik dan air.

  • Rainbow

    Berkebalikan dengan OST Part 1-nya yang sendu, OST Part 2 dari Romance Is a Bonus bernada ceria. Bikin yang dengar jadi ikut cerah ceria juga. Siapa nih yang langsung jadi bersemangat tiap dengar lagu Rainbow yang dinyanyikan oleh penyanyi muda, Rothy,

  • All I Do

    Syahdu dan romantis, lagu dari Roy Kim ini memang juaranya bikin baper. Menjadi lagu latar saat Cha Eun Ho duduk berdua bersama Kang Dan Yi di bawah sinar rembulan dan bilang, ‘Bulannya indah’, yang maksud sesungguhnya adalah, ‘Aku mencintaimu’.

  • I Pray

    Seperti judulnya, lagu I Pray yang dinyanyikan oleh Motte ini bercerita tentang doa tulus seseorang yang berharap kekasihnya selalu tersenyum bahagia dan hari-hari suram berangsur menghilang digantikan dengan hari baik yang cerah ceria. Mewakili Cha Eun Ho banget gak sih?

  • Someday

    Menjadi OST Part 5 dari drama Romance Is a Bonus Book, lagu Someday dinyanyikan oleh musisi indie, The Black Skirts. Unik dan catchy, lagu ini juga cocok banget didengar saat kamu lagi baca buku. Coba deh!

  • A Book Is You/Your Book

    Dinyanyikan oleh Son Ho Young, lagu ini sweet dan bikin senyum-senyum saat didengar. Jadi teringat masa-masa deg-degan saat jatuh cinta. Juara deh. Apalagi judulnya, A Book Is You atau Your Book cocok banget sama kisah cinta Cha Eun Ho dan Kang Dan Yi yang romantis bak cerita dalam puisi.

  • Close I’ll Be

    Setelah dibuat baper pada lagu-lagu yang dirilis terlebih dulu, Kim Na Young berhasil mengentak rasa sedih penonton kala menyanyikan Close I’ll Be. Lagu ini sukses banget bikin hati penonton serasa tersayat-sayat saat jadi backsong adegan-adegan sedih dalam dramanya.

  • You’re Beautiful

    Lagu You’re Beautiful yang keseluruhan liriknya menggunakan Bahasa Inggris ini dinyanyikan oleh Will Bug. Punya lirik indah bak puisi, lagu ini juga memiliki alunan musik yang syahdu dan menenangkan. Dengar lagu ini bikin hati jadi adem dan kalem.

  • Walking On Sunshine

    Memukau pecinta musik kpop setelah mengisi soundtrack drama Encounter, SAya kembali didapuk mengisi soundtrack drama romantis. Bahkan, dalam Romance Is a Bonus Book ini dia menyanyikan dua OST lho. Tapi berbeda nuansa, lagu Walking On Sunshine ini punya musik yang ceria.

  • Happy End

    Punya efek soothing, lagu yang dinyanyikan oleh SAya dan Kim Ki Won ini sukses bikin baper juga. Apalagi judulnya, Happy End, seperti merangkum semua kisah cinta dalam Romance Is a Bonus Book yang manis.

Overall, meskipun tidak mendapati drama romantic comedy sesuai espektasi yang aku bayangkan sebelum menonton, Romance is a Bonus Book tetap tidak mengecewakan dan menghangatkan hati, seperti salah satu kutipan di dalamnya.

Sebuah buku mungkin tak bisa mengubah dunia atau kehidupan seseorang. Tapi buku yang bagus pasti akan dibaca banyak orang. Kemudian, sedikit demi sedikit, itu akan menghangatkan hati seseorang.

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.