Tale of The Nine Tailed: Kisah Rubah Kesayangan

review drama tale of the nine tailed

NININMENULIS.COM – Drama Korea Tale of The Nine Tailed baru saja kelar tayang di TvN pada Kamis (3/12) lalu. Seperti biasanya ending drama Korea selalu menjadi perdebatan, ada yang pro dan kontra. Apalagi di Tale of The Nine Tailed ada sosok idola yang ‘dimatikan’. Siapa dia? Bagi kamu penyuka drama fantasi tentang kisah legenda urban yang ada di Korea, drama Tale of The Nine Tailed ini wajib ditonton. Untuk yang belum nonton, yuk baca dulu reviewnya.

Sebelum tayang pada 7 Oktober 2020, Tale of The Nine Tailed sudah menyedot banyak perhatian untuk menunggu penayangannya. Bagaimana tidak? Tengok saja nama besar yang berperan di dalamnya, ada Lee Dong Wook, Kim Bum, Jo Bo Ah, Kim Yong Ji, Hwang Hee, Lee Tae Ri, dan masih banyak lagi nama terkenal di drama ini.

Lee Dong Wook yang pernah sukses menjadi malaikat maut di drama Guardian: The Lonely and Great God sepertinya memang spesialis peran tokoh fantasi karena kali ini pun di Tale of The Nine Tailed, Lee Dong Wook sukses berperan sebagai rubah ekor sembilan atau gumiho. Chemistry bromance yang dijalin dengan Gong Yo di Guardian: The Lonely and Great God, kini terulang dengan Kim Bum di Tale of The Nine Tailed. Rasanya lebih senang melihat saat keduanya satu frame katimbang kisah cinta yang dihadirkan di drama ini.

drakor tale of the nine tailed
Lee Yeon yang diperankan oleh Lee Dong Wook

Baca juga: Drama Korea Missing: The Other Side

Tale of The Nine Tailed bercerita tentang kisah rubah ekor sembilan atau sering disebut Gumiho. Buat yang sering nonton drama Korea, tema yang diangkat di Tale of The Nine Tailed ini sebenarnya bukan tema baru. Beberapa judul seperti My Girlfriend is Gumiho, The Thousandth Man, Gu Family Book, Grudge: The Revolt of Gumiho, dan masih banyak lagi adalah drama Korea yang mengangkat kisah Gumiho. Menariknya Tale of The Nine Tailed, di sini bukan saja sosok Gumiho yang diceritakan, tetapi ada beberapa sosok mitologi lainnya yang seru untuk disimak. Apa saja? Sebelumnya baca dulu sinopsis Tale of The Nine Tailed ya.

Sinopsis Tale of The Nine Tailed

Drama Tale of The Nine Tailed dibuka tentang kisah Lee Yeon (Lee Dong Wook) yang merupakan Rubah ekor 9 berumur lebih dari 1000 tahun. Lee Yeon yang hidup di masa kini tengah menunggu reinkarnasi cinta pertamanya Ah Eum yang meninggal 600 tahun lalu. Sosok Ah Eum ini hadir di diri Nam Ji Ah (Jo Bo Ah), seorang sutradara tayangan legenda urban di TV.

review drama tale of the nine tailed
Jo Bo Ah sebagai Ah Eum atau Nam Jia Ah

Berbeda dengan Lee Yeon yang sangat menanti kehadiran Nam Ji Ah, adik tirinya Lee Rang (Kim Bum) justru sebaliknya. Lee Rang sangat tidak menyukai hadirnya cinta pertama sang kakak di kehidupannya. Bagi Lee Rang yang pernah merasakan ditelantarkan oleh Ibunya, kehadiran Nam Jia Ah membuat ia semakin merasa ditelantarkan oleh Lee Yeon. Lee Rang pun berupaya keras memisahkan keduanya.

Lee Yeon yang baik hati, suka memberi, dan memiliki jiwa pelindung ini dapat dikatakan sebagai rubah kesayangan. Selain Lee Rang dan Nam Ji Ah banyak yang sangat sayang dengan Lee Yeon, tidak terkecuali Goo Shin Joo (Hwang Hee), rubah ekor sembilan yang berprofesi dokter hewan. Goo Shin Joo dapat dikatakan seorang anak baik yang siap melayani siapa saja terutama Lee Yeon.

review drama tale of the nine tailed
Kim Bum sebagai Lee Rang

Penantian Lee Yeon kepada Nam Jia Ah seakan menjadi sia-sia tak kalah ia tahu Nam Ji Ah salah satu jelmaan dari imoogi atau makhluk astral yang menyerupai ular. Sosok imoogi lainnya Lee Ryong yang diperankan oleh Lee Tae Ri. Tidak ingin Nam Ji Ah mengalami nasib yang sama dengan Ah Eum, Lee Yeon pun tidak sungkan mengorbankan dirinya. Melihat Lee Yeon mengorbankan diri demi Nam Ji Ah, apakah Lee Rang rela dan apa yang ia lakukan? Lalu apakah Nam Ji Ah bisa bersatu dengan Lee Yeon sedangkan kekuatan imoogi semakin besar?

Sosok Mitologi Korea di Tale of The Nine Tailed

Jika di Indonesia kitamengenal banyak sosok mitologi seperti Keong Mas, Kuntilanak, Jailangkung, dan lain sebagainya, di Korea Selatan pun tidak jauh berbeda. Ada sosok mitologi yang melegenda dan beberapa diangkat di drama Tale of The Nine Tailed. Apa saja sosok mitologi yang ada di drama ini?

review tale of the nine tailed

Rubah Ekor Sembilan atau Gumiho

Dalam mitologi Korea ada sosok rubah ekor sembilan yang sangat terkenal. Ketika rubah hidup lebih dari 1000 tahun, ia berubah menjadi roh yang dapat berubah bentuk. Untuk bisa merubah diri, gumiho harus pantang memakan daging manusia selama seribu hari. Gumiho juga tidak boleh menunjukan bentuk aslinya kepada manusia, tidak mengambil nyawa manusia ataupun hewan, dan membantu siapa pun yang membutuhkan.

Baca juga: Strangers From Hell: Kekacauan Mental

Bulghasari

Bulghasari ini adalah makhluk mitologi kuno yang memakan barang-barang logam serta mimpi buruk, bulghasari sendiri menurut beberapa informasi diumpakan seperti sosok hybrida yang unik, ia memiliki karakteristik tubuh beruang dengan bulu seperti jarum, hidung gajah, mata badak, cakar harimau, dan ekor banteng.

Ureongi Gaksi atau Snail Bride

Ureongi gaksi atau si pengantin siput juga sering disebut Snail Bride ini diperankan oleh Kim Soo-jin. Ureongi gaksi ini merupakan seorang tokoh cerita rakyat yang ada di Korea Selatan. Kisah nya hampir sama dengan cerita rakyat yang berkembang di Indonesia yaitu Kisah Keong mas. Si pengantin siput ini awalnya adalah seorang manusia namun berubah menjadi seekor siput dan bertemu dengan seorang pria. Banyak versi tentang akhir dari legenda Snail Bride, namun kebanyakan berakhir menyedihkan.

Imoogi

Imoogi adalah makluk mitologi yang hampir meyerupai Naga. Imoogi dipercaya sebagai calon naga yang mampu hidup selama ribuan tahun, dan akan berubah bentuk menjadi seekor naga sesungguhnya pada waktu tertentu dan mampu terbang ke langit. Kebenaran makluk Imoogi aslinya bukan berada di Korea, tetapi Amerika Selatan, konon telah diketemukan ular phyton berukuran raksasa dan dianggap sebagai cikal bakal dari mitologi Imoogi. Ular phyton raksasa itu adalah Titanoboa yang mempunyai bobot lebih dari 1 ton serta ukuran panjang mencapai 14 meter. Ular tersebut jelas bisa memangsa manusia hidup-hidup. Tapi sayangnya, mahluk tersebut telah punah sekitar 58-60 juta tahun yang lalu.

review drama Korea 2020
Sosok imoogi yang diperankan oleh Lee Tae Ri

Eoduksini atau Roh Kegelapan

Eoduksini, biasanya muncul sebagai roh berbentuk bayangan gelap tak berbentuk, setan Korea ini akan dengan cepat bertambah besar jika dipedulikan, meskipun akan menyusut dan akhirnya menghilang jika diabaikan. Serangan fisik oleh makhluk tersebut belum tercatat, dan diperkirakan bahwa mereka memakan rasa takut. Mereka dianggap berhubungan jauh dengan shadow people dan elemen kegelapan dan malam lainnya.

Jangseung atau Totem

Jangseung adalah sebuah totem yang berasal dari Korea. Jangseung ini biasanya berfungsi sebagai penanda batas desa dan juga sebagai simbol penolak balak namun ada pula jangseung yang disembah sebagai dewa pelindung. Totem kuno ini tidak hanya ada di Korea saja namun diberbagai tempat, bahkan di Papua pula ada totem ini namun berbeda bentuk serta tujuannya. Biasanya totem ini menjadi sebuah simbol dari leluhur.

Selain makhluk mitologi di atas masih banyak sosok dari legenda yang dihadirkan di sini seperti Dokkebi, Roh penjaga gunung Baekdudaegan, dan lain sebagainya. Jadi selain menikmati cerita drama yang disajikan, di Tale of The Nine Tailed kita jadi tahu mitologi apa saja yang sudah melegenda di Korea Selatan. Penasaran?

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

2 thoughts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.