NIVEA Hadirkan Panduan Rutinitas #SentuhanIbu 2020

#sentuhanibu

NININMENULIS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Ibu pada 22 Desember 2020, NIVEA kembali menghadirkan program #SentuhanIbu sebuah inspirasi dalam bentuk panduan rutinitas #SentuhanIbu yang disusun khusus bersama dokter spesialis kulit dan dokter spesialis syaraf anak. Modul rutinitas #SentuhanIbu 2020 ini semakin mengukuhkan komitmen NIVEA dalam mempererat bonding atau ikatan emosional Ibu dan anak.

Berbeda dengan tahun sebelumnya NIVEA #SentuhanIbu 2020 diadakan melalui aplikasi zoom yang bertajuk Virtual Media Gathering NIVEA #SentuhanIbu 2020 pada Kamis (10/12) lalu. Sebagai pembicara dalam virtual gathering ini turut hadir Diana Riaya (Marketing Manager NIVEA Skin Care), dr.Herbowo Soetomenggolo SpA(K) (Dokter Spesialis Syaraf Anak), dan dr. Nana Novia Jayadi, SpKK (Dokter Spesialis Kulit).

virtual gathering sentuhan ibu
Virtual Media Gathering NIVEA #SentuhanIbu 2020

“Dimulai sejak 2014, sebagai kegiatan tahunan yang hadir bersamaan dengan momen Hari Ibu, #SentuhanIbu kini telah memasuki tahun ke-tujuh penyelenggaraan. Tahun ini, NIVEA melalui #SentuhanIbu kembali menghadirkan inspirasi baru untuk mempererat bonding antara ibu dan anak dalam wujud panduan rutinitas #SentuhanIbu yang disusun bersama dengan dermatologis dan dokter anak ahli neurologi mulai dari awal kehamilan hingga setiap momen kehidupan anak,” ujar Diana Riaya, Marketing Manager NIVEA Skin Care.

#SentuhanIbu Dimulai dari 1000 Hari Pertama Kehidupan

“#SentuhanIbu di masa kehamilan hingga bayi telah lahir sangatlah penting untuk stimulasi otak bayi, terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan yaitu sejak anak dalam kandungan hingga seorang anak berusia 2 tahun (24 bulan),” kata dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A(K), dokter anak sekaligus ahli neurologi. Mengapa demikian?

nivea sentuhan ibu
1000 hari pertama kehidupan

Karena pada periode ini terjadi pertumbuhan yang sangat pesat pada anak di mana pondasi kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan saraf yang optimal di seluruh umur ditetapkan. Itulah mengapa masa 1000 hari pertama kehidupan dikatakan sebagai periode emas atau disebut juga jendela kesempatan. Di periode inilah kesempatan kita membentuk apa yang disebut generasi bintang.

Di usia 2 tahun otak seorang anak itu sudah mencapai 80% dari otak orang dewasa, jadi kemampuannya juga sudah sangat pintar. Untuk itulah di usia 1000 hari pertama kehidupan anak membutuhkan faktor nutrisi dan stimulasi sambungan sarafnya agar tumbuh maksimal.

Penelitian menunjukkan bahwa anak yang rutin distimulasi secara skin to skin oleh ibunya cenderung memiliki kemampuan mengenali perubahan afeksi (perasaan) pada ibunya lebih dini dibanding bayi yang tidak distimulasi, bayi yang rutin diberi stimulasi sentuhan juga cenderung memiliki perkembangan otak yang lebih baik dan memiliki peningkatan kemampuan bicara.

#sentuhanibu 2020
Kondisi otak anak di masa 1000 hari kehidupannya yang butuh distimulasi

Ada tiga fase stimulasi yang dapat diberikan, fase dalam kandungan, fase saat dilahirkan, dan fase sesudah lahir. Akan tetapi banyak Ibu yang justru melakukan stimulasi saat bayi sudah lahir padahal saat terbaik sudah dimulai saat bayi dalam kandungan. Untuk stimulasi saat kehamilan, dr. Herbowo menyarankan untuk menstimulasinya secara terorganisir, “lakukan saat bayi sudah bangun, gunakan satu teknik saja yang dilakukan secara berulang minimal 2 kali dalam semingu.”

Sedangkan saat bayi lahir lakukan stimulasi sentuhan melalui inisiasi menyusu dini. Dengan menyusu dini akan merangsang pelepasa hormon oksitosin yang membuat luka cepat sembuh dan anak akan merasa lebih nyaman untuk menyesuaian. “Setelah bayi lahir, stimulasi dapat dilakukan dengan cara memeluk atau mengayun, facilitated tucking, pijat bayi, dan metode bayi kangguru atau skin to skin,” lanjut dr. Herbowo.

Metode bayi kangguru atau skin to skin ini memberikan manfaat yang besar terutama untuk bayi prematur. Pada bayi prematur, metode kangguru bermanfaat untuk, menjaga kadar gula darah, menjaga kadar oksigen, menjaga kerja jantung dan paru, menjaga suhu tubuh, meningkatkan keberhasilan pemberian ASI, meningkatkan berat badan bayi, tidur lebih baik, imun meningkat, berkurangnya level kecemasan, meningkatkan kemampuan berbicara, dan lain sebagainya.

Kesehatan Kulit Faktor Penting #SentuhanIbu

Sebagai indera sentuhan, kesehatan kulit menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi proses bonding antara ibu dan anak. Akan tetapi, banyak ibu yang biasanya justru memilih untuk menghentikan perawatan kulit selama masa kehamilan karena khawatir bahan yang terkandung di dalam produk skincare membahayakan bagi janin. Padahal pada masa kehamilan, kulit ibu cenderung mengalami perubahan yang dapat mengurangi kenyamanan.

sentuhan ibu
Kiat Perawatan Kulit Ibu Hamil dan Menyusui

“Ada dua kategori umum perubahan kulit selama kehamilan yaitu perubahan kulit fisiologis dan masalah kulit spesifik. Kulit ibu dapat mengalami berbagai perubahan seperti stretch marks di daerah perut, flek hitam di wajah serta peningkatan produksi kelenjar minyak yang dapat memicu jerawat. Perubahan hormon yang terjadi juga dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kelembaban. Hal ini menyebabkan tidak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan kulit menjadi kering dan gatal,” kata Dokter spesialis kulit, dr. Nana Novia Jayadi, SpKK. Pasca melahirkan, kondisi ini dapat berlanjut bahkan memburuk jika ibu berada dalam keadaan stres dan kelelahan.

Rutinitas self-care selama hamil yang digabungkan dengan aktivitas seperti mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara untuk merawat kondisi kesehatan kulit sang Ibu sekaligus merangsang stimulasi sang bayi. Setelah bayi lahir, rutinitas perawatan kulit bisa dilakukan bersama dengan anak untuk mempererat bonding antara ibu dan anak.

nivea care
Tips Merawat Puting Payudara Selama Menyusui

Pemakaian pelembab secara teratur mulai dari masa kehamilan hingga menyusui sangat penting untuk menunjang rutinitas #SentuhanIbu karena pelembab akan menghindarkan dari masalah kulit kering. Kita tentu tahu bahwa kulit kering akan menyebabkan terganggunya lapisan kulit sehingga kulit akan mudah infeksi, iritasi, dan alergi. Contoh kandungan pelembab yang aman dan dapat digunakan Ibu hamil dan menyusui adalah: urea, ceramide, propilen glikol, glycerin, lanolin, mineral oil, jojoba oil, dan hyaluronic acid.

“Sebagai ibu baru, lakukan perawatan kulit dasar seperti mandi dan mencuci wajah menggunakan cleanser yang lembut 2 kali sehari, menggunakan pelembab berbahan aman seperti Glycerin dan tabir surya secara teratur sehingga kesehatan kulit tetap terjaga. Berbeda halnya dengan orang dewasa, kulit anak sangat lembut dan sensitif, karenanya sebaiknya pilih produk skincare yang tidak mengandung pewarna, pengawet atau pengharum yang terlalu menyengat,” tambah dr. Nana.

tips nivea
Tips Perawatan Kulit Anak

Beberapa kandungan produk skincare yang harus dihindari selama masa hamil dan menyusui yaitu:

  • Isotretinoin dan tretinoin yang merupakan turunan vitamin A yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat.

  • Hydroquinone biasanya terdapat pada produk pemutih kulit dan penghilang bekas luka.

  • Paraben merupakan pengawet yang umum digunakan dalam produk kosmetik untuk mencegah pembentukan bakteri dan jamur

  • Benzoil Peroxide umumnya digunakan dalam pengobatan jerawat.

Share Care Menggunakan NIVEA Crème

Agar proses bonding dapat berjalan dengan baik, NIVEA mengajak para Ibu untuk melakukan rutinitas #SentuhanIbu yang mengkombinasikan perawatan kulit Ibu (self-care) dan perawatan kulit Ibu bersama anak (shared care) dengan menggunakan NIVEA Crème.

sentuhan ibu
NIVEA #SentuhanIbu 2020

NIVEA Crème adalah produk pelembab ikonik dari NIVEA yang diperkaya dengan Eucerit, Panthenol, dan Glycerin yang berfungsi melindungi kulit, menjadikannya tetap lembab, serta memberikan sensasi kelembutan layaknya sentuhan yang diberikan oleh Ibu. Sebagai pelembab harian untuk kulit wajah dan tubuh, NIVEA Crème telah diuji secara dermatologis aman untuk orang dewasa serta anak-anak.

Untuk informasi NIVEA Crème adalah produk perawatan produksi PT Beiersdorf Indonesia merupakan afiliasi dari Beiersdorf AG yang merupakan penyedia terkemuka produk perawatan kulit yang memiliki lebih dari 130 tahun pengalaman. Beiersdorf AG yang berbasis di Hamburg, Jerman, kini memiliki lebih dari 16.500 karyawan di seluruh dunia dan telah terdaftar dalam bursa efek Jerman DAX sejak Desember 2008.

nivea sentuhan ibu
Kandungan NIVEA Crème

Keberadaan Beiersdorf sendiri di Indonesia sejak tahun 1979. Pada tahun 1981 pabrik yang berlokasi di Malang mulai beroperasi dan sejak itu melayani kebutuhan konsumen di Indonesia dengan berbagai produk perawatan kulit yang terpercaya seperti NIVEA Body Lotion, NIVEA Crème, NIVEA Deodoran, NIVEA Face Care, NIVEA Sun, NIVEA Lip Care, NIVEA Soft, NIVEA Men dan Hansaplast.

“Memahami besarnya manfaat dari sentuhan seorang ibu terutama bagi anak, melalui NIVEA #SentuhanIbu 2020, kami berharap semakin banyak wanita di Indonesia khususnya para ibu yang melakukan Rutinitas #SentuhanIbu sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri sekaligus untuk membangun bonding dengan anak,” tutup Diana tanda di-launching-nya panduan rutinitas #SentuhanIbu 2020.

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply