Taman Imajinasi

 

Taman yang berlokasi di BSD Tangerang ini awalnya hanyalah taman perumahan yang kondisinya terlihat old style. Ditambah pula dengan banyaknya struktur seperti tiang listrik dan tiang carport serta dinding batas antar tetangga di sekitar lokasi. Kondisi ini yang coba disiasati Andie, landscaper dari X-Otic Garden untuk menciptakan taman di antara ‘tantangan-tantangan’ tersebut. Dengan ide-ide kreatifnya, saat ini sebuah taman bertema Jungle Fantasy memperindah rumah dan menyamarkan semua struktur yang ada tanpa menghilangkan fungsi sebelumnya.

Baca Juga: Taman di Ketinggian Lantai 36

Hal pertama yang Andie lakukan yakni menyamarkan dinding batas antar tetangga dengan warna hitam. Untuk struktur lainnya yang terlihat juga dibuat lebih fungsional, seperti menambahkan meja floating pada tiang carport dan menjadikan tiang listrik sebagai tempat menaruh tanaman epifit, tanduk rusa dan anggrek

Taman ini mengambil konsep tropical rainforest atau hutan hujan tropis. Untuk mendapatkan suasana sesuai dengan konsep yang diinginkan, Andie menggunakan paludarium koleksi Mini Green World di taman ini. Paludarium sendiri adalah sejenis vivarium yang menggabungkan elemen terestrial dan perairan. Elemen terestrial dihadirkan melalui pemilihan jenis-jenis tanaman epifit seperti bromelia, anggrek, suplir, dan lumut.

Baca Juga: Konsep Hijau UMN (Part 1)

Untuk elemen airnya, dibuatkan sebuah kolam fiber dengan batuan artifisial di sekitarnya. Dengan kolam fiber, proses pengerjaan dan perawatan pun menjadi lebih mudah. Tak cukup menyaksikan view dari atas kolam, dibuatkan juga sebuah aquascape untuk memperlihatkan dorama bawah air. Beberapa elemen penunjang yang ditambahkan dalam taman ini yakni unsur fantasi dan teraplikasi melalui beberapa aksesori seperti sosok peri hasil modifikasi boneka barbie, kupu-kupu, dan cermin bulat di tengah-tengah paludarium yang merefleksikan sebuah lorong ke dimensi lain. Dan tak lupa efek asap untuk memperkuat tema jungle fantasy tersebut.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Morning Person | Architecture Graduate | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home| Healthy Lifestyle | Coffee Addict

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.