5 Pose Yoga yang mudah dan Instagramable

NININMENULIS.COM – Sebagai yogis, terkadang belum afdol bila saya tidak berfoto ala-ala yoga pose saat berkunjung ke tempat-tempat yang menarik. Karena bukan yogis dalam taraf intermediate yang dapat melakukan pose-pose yoga yang menakjubkan, saya tidak mau kalah ‘pamer’ pose yoga yang mudah namun tetap instagramable. Mungkin ke lima pose yang saya lakukan ini menginspirasi Anda ingin melakukan pose yoga untuk berfoto. FYI lakukan semuanya dengan benar dan aman ya!

Baca Juga: Tips Memilih Celana Yoga

1. Dancer Pose / Natarajasana

Dancer Pose

Natarajasana, Lord of the Dance Pose atau Dancer Pose adalah asana berdiri, menyeimbangkan, membungkuk dalam yoga modern sebagai latihan. Ini berasal dari pose dalam bentuk tarian India klasik Bharatnatyam, yang digambarkan dalam patung-patung candi di Kuil Nataraja, Chidambaram.

Untuk memulai gerakan, ambil sikap berdiri Tadasana yaitu posisi alami tubuh manusia atau posisi netral. Tarik napas, dan angkat kaki kiri Anda, sehingga tumit diletakkan ke arah pantat kiri dan lutut Anda ditekuk. Seluruh berat badan Anda harus ditempatkan di kaki kanan Anda. Kemudian, dorong tulang paha kanan ke sendi pinggul, dan tarik tempurung lutut ke atas sehingga kaki Anda berdiri kuat dan lurus. Jagalah agar badan Anda tetap tegak.

Pegang kaki kiri dari luar dengan tangan kiri. Anda harus memastikan punggung bawah Anda tidak tertekan. Jadi, pastikan kemaluan Anda diangkat ke arah pusar Anda. Pada saat melakukannya, tekan tulang ekor Anda ke lantai. Mulailah mengangkat kaki kiri ke atas, menjauh dari lantai dan punggung menjauh dari tubuh Anda. Tarik paha kiri di belakang Anda dan sejajar dengan lantai. Lengan kanan Anda harus direntangkan ke depan, sejajar dengan lantai.

2. Kayang / Urdhva Dhanurasana

kayang / Urdhva Dhanurasana

Baca Juga: Festival Yoga, Komiditi atau Gaya Hidup Sehat?

Chakrasana atau Urdhva Dhanurasana adalah asana dalam yoga sebagai latihan. Ini adalah backbend dan merupakan pose pertama dari urutan akhir dalam Ashtanga Vinyasa Yoga. Ini memberikan fleksibilitas besar untuk tulang belakang. Dalam akrobat dan senam posisi tubuh ini disebutbridge pose.

Cara melakukan Urdhva Dhanurasana, berbaringlah telentang, posisikan kaki Anda selebar pinggul dan letakkan lengan di samping tubuh Anda. Sekarang, lipat perlahan lutut dan pegang pergelangan kaki Anda. Tarik napas, kemudian angkat dada dan kaki Anda dari tanah. Tarik kaki Anda ke belakang. Tataplah ke depan dan jagalah agar wajah Anda tetap rileks. Senyum akan membantu Anda melakukan pose ini.

Tahan pose Anda dan konsentrasilah pada pernapasan. Usahakan tubuh Anda dapat sekencang busur. Saat Anda merasa nyaman dalam pose ini, bernapaslah dengan panjang dan dalam. Sekitar 15-20 detik kemudian, lepaskan napas dan perlahan kembali ke pose semula.

3. Tree Pose / Vrksasana

Tree Pose / Vrksasana

Vrikshasana atau Tree Pose adalah asana penyeimbang. Ini adalah salah satu dari sedikit pose berdiri dalam yoga hatha abad pertengahan, dan tetap populer dalam yoga modern sebagai latihan.

Cara melakukan Vrikshasana, pertama berdiri tegak dan letakkan lengan Anda ke sisi tubuh Anda. Tekuk lutut kanan sedikit, lalu letakkan kaki kanan di atas paha kiri Anda. Pastikan bahwa telapak kaki ditempatkan kuat dan rata di bagian paha. Kaki kiri Anda harus benar-benar tegak. Setelah Anda sudah nyaman dalam posisi ini, bernapaslah, dan temukan keseimbangan Anda.

Sekarang, tarik nafas, dan angkat tangan Anda dengan lembut di atas kepala Anda dan bawa mereka bersama-sama. Pandangan lurus ke objek yang jauh dan tahan di satu titik . Ini akan membantu Anda menjaga keseimbangan dan tetap fokus. Jaga tulang punggung Anda tetap lurus. Perhatikan bahwa tubuh Anda harus kencang, namun elastis. Tarik napas dalam-dalam, dan setiap kali Anda menghembuskan napas, rilekasaskikan kembali tubuh Anda.

Dengan lembut angkat tangan dari samping, dan lepaskan kaki kanan. Kembalilah ke posisi semula berdiri tegak dan lurus seperti yang Anda lakukan di awal latihan. Ulangi pose ini dengan kaki kiri.

4. Triangle pose / Trikonasana

Triangle pose / Trikonasana

Trikonasana atau Utthita Trikonasana, Triangle Pose adalah asana berdiri dalam yoga modern sebagai latihan. Variasi termasuk Baddha Trikonasana dan Parivrtta Trikonasana.

Untuk melakukan Trikonasana, berdiri tegak dan buka kaki kamu (jarak sekitar 3-4 kaki). Pastikan kaki kanan ditempatkan di luar pada 90 derajat dan kaki kiri ditempatkan di 15 derajat. Sejajarkan pusat tumit kanan dengan pusat lengkungan kaki kiri.

Kamu harus ingat bahwa kaki kamu menekan tanah, dan berat tubuh kamu harus seimbang pada kedua kaki. Tarik napas dalam-dalam, dan saat kamu mengeluarkan napas, tekuk tubuh ke kanan dari bawah pinggul kamu, pastikan pinggang lurus. Angkat tangan kiri dan biarkan tangan kanan kamu menyentuh tanah. Pastikan kedua lengan kamu membentuk garis lurus.

Tergantung pada tingkat kenyamanan, renggangkanlah tangan kanan khususnya bagian tulang kering atau pergelangan kaki. Di manapun kamu menempatkan tangan, pastikan tidak merusak posisi pinggang. Segera periksa lengan kiri agar direntangkan ke atas dan sejajar dengan bagian atas bahu. Biarkan kepala dalam posisi netral atau putar ke kiri dengan pandangan di telapak tangan kiri kamu.

Tubuh ditekuk ke samping dan tidak mundur atau maju. Dada dan panggul harus terbuka lebar. Lakukan perenggangan secara total, dan fokuslah untuk menstabilkan tubuh. Ambil napas panjang yang dalam, dan dalam setiap pernafasan, cobalah dan rilekskan tubuh kamu lebih banyak. Tarik napas dan berdiri. Jatuhkan tangan ke samping dan luruskan kaki kamu. Ulangi langkah yang sama menggunakan kaki kiri.

5. Camel Pose / Ustrasana

Camel Pose / Ustrasana

Ustrasana, Ushtrasana, atau Pose Unta adalah asana berlutut yang membungkuk dalam yoga modern sebagai latihan. Cara melakukan ustrasana, mulailah dengan posisi berlutut di atas matras dan letakkan tangan Anda di pinggul. Anda harus memastikan bahwa lutut dan bahu berada segaris dan sejajar. Telapak kaki menghadap ke langit-langit. Tarik napas dan tarik tulang ekor ke arah luar dengan fokus tarikan di daerah pusar.

Saat melakukan gerakan ini, lengkukan bagian punggung Anda. Geser perlahan telah tangan di atas kaki dan luruskan dengan lengan. Pertahankan leher Anda dalam posisi netral dan tidak tegang. Tahan posisi selama sekitar 30-60 detik sebelum melepaskan pose ini.

Sekarang setelah mengetahui pose yoga apa saja yang mudah dan instagramble, Anda ingin mencoba yang mana?

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.