Mom, There Are Monsters In Our Garden!

Kantong Semar
Kantong Semar

Tentunya Anda akan stres bila anak-anak meneriakan kalimat Mom, there are monsters in our garden! Tapi, Anda mungkin akan bimbang ketika melihat ke arah taman untuk mencari kebenaran teriakan si kecil. Di luar sana, di taman tampak “makhluk-makhluk” aneh nan indah, yang akan membuat Anda bingung apakah harus takut atau mengagumi keindahannya?

Kita berbicara tentang tanaman karnivora alias pemakan daging. Tenang, tidak perlu membayangkan jenis tanaman yang bisa memakan kucing piaraan Anda. Jenis-jenis tanaman ini memakan daging biasanya serangga, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Tanaman-tanaman ini begitu unik bentuk dan warnanya, tentu juga perilakunya. Sehingga akan memberikan nuansa berbeda pada taman kita.

Baca Juga: Taman di Ketinggian Lantai 36

Tanaman pemakan daging banyak tersebar di dunia. Ada sekitar 600 jenis tanaman pemakan daging, mulai jenis kantung semar (Nepenthes sp.), venus fly trap/pemerangkap serangga (Dionaea muscipula), si tanaman kincir angin (Aldrovanda vesiculosa), tanaman pelangi (Byblis), darlington dan beberapa lainnya. Masing-masing memiliki bentuk unik tersendiri dan juga cara menangkap serangga yang berbeda. Venus fly trap “menangkap” serangga dengan kedua piringannya, atau Utricularia menangkap serangga dengan perangkap kandung kemih.

Memelihara jenis tanaman ini seperti memiliki taman dari planet lain. Anda mungkin akan membayangkan taman dari planet yang dikunjungi Kapten Kirk dan Mr. Spock dalam serial lawas Star Trek. Warna, bentuk dan gerak-geriknya akan membuat tercengang dan pada akhirnya akan mengakui bahwa “monster” ini benar-benar indah.

 

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Morning Person | Architecture Graduate | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home| Healthy Lifestyle | Coffee Addict

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.