Punya Tanaman Besar di Rumah, Buat Rumah Pohon

Rumah Pohon
Dok: Lonelyplanet.com

Menginginkan proyek keluarga di luar rumah yang menyenangkan, penuh petualangan,  dan tidak memerlukan perjalanan jauh dari rumah? Mungkin saja jawabannya ada di halaman rumah Anda. Bila Anda mempunyai halaman dengan pohon cukup besar, maka Anda bisa membangun sebuah rumah pohon. Membangun sebuah rumah pohon adalah penuh fantasi, bisa dilakukan bersama, dan bisa digunakan bersama-sama.

Berada di atas – atau di dalam – sebuah rumah pohon memang memberikan sensasi tersendiri. Memang pada dasarnya semua orang suka berada dekat dengan alam. Memanjat pohon dan berada di atas pohon merupakan salah satu cara mendekatkan diri pada alam tersebut. Bergoyang-goyang di atas dahannya. Mendengarkan suara daun bergesekkan satu dengan lainnya. Melihat burung atau tupai yang melompat-lompat di cabang pohon. Atau untuk sekedar merasakan pemandangan yang berbeda dari ketinggian pohon.

Baca Juga: Istana Kaktus di Kebun Raya Cibodas

Pandangan bahwa rumah pohon hanya diperuntukkan untuk anak-anak kecil saja sebenarnya kurang tepat. Memang konon rumah pohon sangat cocok untuk memberikan privasi pada anak-anak, terutama ketika mereka membutuhkan tempat menenangkan diri. Tapi sebenarnya, dari dahulu sebagian manusia sudah memilih tinggal di atas pohon. Beberapa suku di dunia bahkan masih memilih untuk tinggal di rumah pohon. Pilihan ini bisa saja karena alasan keamanan dari hewan liar atau musuh. Tapi pasti juga karena keuntungan-keuntungan lain, seperti menghindari gangguan serangga, bahkan karena kenyamanan, dan bahkan sensasi pemandangan yang indah dari atas pohon. Di konteks urban, rumah pohon juga dibuat untuk kegiatan-kegiatan yang memang memerlukan inspirasi dan suasana lain, misalnya menjadi ruang bermain, ruang kerja, atau bahkan restoran!

Baca Juga: Gazebo Dari Masa ke Masa

Rumah Pohon
Dok: WSJ.com

Membangun rumah pohon tidaklah rumit dan sangat potensial menjadi kegiatan keluarga yang menyenangkan. Pastikan rumah pohon yang Anda bangun kokoh dan aman. Rumah pohon harus menghormati pohon yang menjadi tuan rumahnya. Hampir semua jenis pohon dewasa bisa menjadi dasar sebuah rumah pohon. Tapi pohon-pohon tanaman keras lebih menawarkan kekuatan dan tahan lama. Pohon-pohon dengan diameter batang utama 25 cm ke atas sudah cukup kuat untuk menanggung sebuah rumah pohon. Bila dirasakan perlu, bisa juga ditambahkan beberapa struktur sederhana tambahan.

Baca Juga: Taman di Ketinggian Lantai 36

Membangun sebuah rumah pohon memang perlu dilakukan secara hati-hati dan benar. Banyak referensi di dunia maya yang menawarkan langkah-langkah detil mengenai cara membangun sebuah rumah pohon. Beberapa bahkan memberikan rancangan-rancangan detil, termasuk materi apa yang diperlukan hingga langkah-langkah merakit rumah pohonnya. Tinggal Anda yang membulatkan niat, dan ajaklah suami, istri, dan anak-anak untuk membangun rumah pohon ini. Dijamin akan menjadi salah satu tempat favorit keluarga! Pemandangan yang indah dari atas pohon. Di konteks urban, rumah pohon juga dibuat untuk kegiatan-kegiatan yang memang memerlukan inspirasi dan suasana lain, misalnya menjadi ruang bermain, ruang kerja, atau bahkan restoran!

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Morning Person | Architecture Graduate | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home| Healthy Lifestyle | Coffee Addict

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.