Karya Toto Sunu yang Membuat Tersenyum

This slideshow requires JavaScript.

Mengunjungi Pameran Sense of Art 2018, We Love Art yang diikuti lebih dari 100 pelukis di Kuningan City, Jakarta Selatan, kita diajak menyelami intrepretasi mereka terhadap Indonesia. Dari banyaknya karya dari para pelukis terkenal Indonesia yang ditampilkan dalam ajang yang telah dimulai pada 16 April 2018 ini, ada satu karya yang membuat tersenyum. Tak hanya lewat penggambaran realitas sekitar, Toto Sunu, sang pelukis menuangkannya dengan detil yang metakjubkan. Sebagai orang yang awam akan seni lukis pun mencari tahu akan sosok pelukis dan karyanya yang terjual di atas satu miliar rupiah ini.

Baca Juga: Yayoi Kusama Si Seniman Sakit Jiwa

Pada lukisan Toto Sunu, Indonesia digambarkan menarik dan penuh keceriaan dengan sosok manusianya yang lucu. Bentuk tubuh dalam lukisannya dibuat tidak proposional, dengan kepala kecil dan badan yang bulat dan besar. Sekilas kita akan memaknainya sebagai masyarakat Indonesia yang gemar akan kesenangan hingga berbadan besar namun tidak memiliki pikiran yang besar alias berkepala kecil. Ternyata itu makna yang keliru dari penikmat lukisan Toto Sunu.

Baca Juga: Bagaimana Menilai Latte Art yang Indah?

Menurut Toto Sunu yang asli Purwokerto, Jawa Tengah ini, sosok yang ditampilkan dalam karyanya bercerita akan manusia yang ceria, kekinian, dan selalu tersenyum, tidak pernah berpikir untuk berduka. Mungkin itulah harapan yang ingin disampaikan Toto Sunu akan Indonesia yang harus diwujudkan.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.