Kerjasama Dewaweb dengan Fintech Startup CROWDE

NININMENULIS.COM – Dewaweb resmi mengumumkan kerja sama dengan Fintech Startup CROWDE agar dapat turut meningkatkan kesejahteraan para petani dan membangun ekonomi Indonesia. Bentuk dukungan Dewaweb terhadap CROWDE adalah memberikan layanan infrastruktur cloud premium untuk mendukung operasional aplikasi web CROWDE dengan enterprise hardware, unlimited bandwidth, security hardening, dan technical support 24/7. Bentuk dukungan ini menunjukkan komitmen penuh Dewaweb yang berkelanjutan bagi mitra yang memiliki kesamaan visi dalam membangun Indonesia.

Founder CROWDE Yohanes Sugihtononugroho (kiri) berfoto bersama Edy Budiman CEO Dewaweb (kanan)

Sebenarnya, pertanian sendiri adalah sektor yang punya penyerapan tenaga kerja cukup banyak. Namun sektor pertanian ini hanya bertumbuh 3-4% setiap tahunnya. Dikutip dari pemberitaan Alinea.id pada awal tahun ini, Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) menyebutkan ada 50 juta tenaga kerja (sekitar 23% dari total penduduk Indonesia) yang bekerja di sektor tersebut. Jumlah petani dikabarkan menurun dari waktu ke waktu dan sumbangsih pada pertumbuhan ekonominya masih tergolong kecil. Salah satu faktor penyebabnya adalah permasalahan permodalan, di samping beberapa faktor lainnya semacam isu alih lahan.

CROWDE yang lahir pada 2015 untuk mempermudah akses permodalan untuk para petani dengan metode gotong royong atau biasa disebut “crowd lending”. Target pasar CROWDE pun menjangkau kaum muda yang melek teknologi, ingin berinvestasi dengan mudah namun berani ambil risiko di industri pertanian. Jadi tujuan kerja sama ini tak hanya untuk membuka peluang bagi petani itu saja, tetapi juga untuk turut membangun ekonomi Indonesia.

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply