Peluncuran Buku Kreasi Busana Daerah Indonesia Warisan Nusantara

IMG-20181130-WA0007

Dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap perkembangan masyarakat saat ini akan isu-isu SARA dan juga perkembangan teknologi informasi yang mengedepankan budaya-budaya di luar Indonesia yang menyebabkan anak-anak tidak lagi mengenal budaya Nusantara, selaku Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari saat ini, Ibu Tri Tito Karnavian mempunyai gagasan untuk turut melestarikan kebudayaan Indonesia, khususnya busana tradisonal.

Gagasan ini kemudian direalisasikan dalam bentuk buku oleh anggota Yayasan Kemala Bhayangkari sebagai tim penyusun 3 buku. Terciptalah sebuah buku dengan judul Kreasi Busana Daerah Indonesia Warisan Nusantara yang berbicara tentang busana dari tiga puluh empat provinsi di Tanah Air mulai Sabang hingga Merauke. Selain membahas tentang busana secara tertulis, buku setebal 278 halaman ini menyertakan pula gambaran visual dalam bentuk foto.

IMG-20181130-WA0008

Dengan membaca buku ini diharapkan para generasi muda dapat mengenal dan memahami kekayaan serta kearifan lokal budaya untuk menumbuhkan rasa cinta pada budaya negeri sendiri. Yang unik dalam acara peluncuran ini anak-anak dilibatkan menjadi model untuk membawakan busana daerah. Para model cilik ini adalah murid-murid Sekolah Dasar Kemala Bhayangkari 01 Rorotan Jakarta Utara yang berada di bawah naungan Yayasan Kemala Bhayangkari. Selain peresmian buka diadakan pula diskusi buku yang berbincang tentang warisan busana Nasional dengan nara sumber Ibu Tri Tito Karnavian selaku penggagas buku, Dra. A. Ratih Andjayani Ibrahim, MM, Psikolog, serta Didiet Maulana, Perancang Busana sekaligus Founder of Ikat Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.