5 Tips Hidup Sehat ala NininMenulis

BPN 30 Days Blog Challenge

Akhirnya tema yang saya tunggu-tunggu hadir juga di hari-12 BPN 30 Days Blog Challenge. Alih-alih ingin menguruskan badan, saya malah lebih perduli dengan kesehatan ketimbang angka-angka di timbangan. Apalah arti turun berat badan dibanding dengan kesehatan? Bagi saya kesehatan itu penting sekali dan tidak bisa dibeli dengan materi berapapun. Ini 5 tips hidup sehat ala NininMenulis.

Meminum Teh Rempah

IMG_20180817_063043851

Saya rutin meminum teh rempah di pagi hari. Teh di sini bukan teh yang terbuah dari daun teh, tapi irisan kunyit yang dicampur dengan 2-3 rempah lainnya lalu diseduh dengan air panas bukan direbus. Teh rempah ini berbeda dengan jamu yang kental dan pekat, cairan yang dihasilkan lebih segar dan tidak eneg. Teh rempah ini berguna untuk menetralkan kondisi perut agar dapat berfungsi optimal sebelum menerima makanan dan minuman.

Aktif berolahraga

Triangle pose / Trikonasana

Setelah mengetahui isi ransel saya di hari-8 pasti sudah tahu kalau saya selalu berolahraga hampir setiap hari. Karena termasuk orang yang tidak pedean, saya merasa lebih nyaman berolahraga di tempat nge-gym dibanding di outdoor. Tapi jangan bayangkan saya menggunakan jasa personal trainer, karena saya tidak suka olahraga di mana instrukturnya tidak melakukan dan hanya membawa lembar catatan perkembangan member. Untuk itulah saya lebih memilih mengikuti kelas-kelas yang ada di tempat gym seperti body pump, body balance, RPM, dan yoga. Dan untuk olahraga terakhir entah mengapa saya menaruh minat besar. Di sinilah saya belajar bagaimana lebih menghargai dan menjaga tubuh serta tidak pernah membandingkan tubuh satu dengan lainnya karena setiap tubuh adalah istimewa. Ingat Tuhan menciptakan umatnya tidak ada yang benar-benar sama meskipun itu kembar identik.

Kurangi Konsumsi Gula

BPN 30 Days Blog Challenge

Di hari-6 sudah sudah ditulis bahwa saya penyuka kopi hitam tanpa gula. Pahit dong? Tenang saja tidak sepahit hidup kok. Mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula ini salah satu upaya saya untuk mengurangi konsumsi gula, bukannya setiap harinya kita sudah mengkonsumsi gula lewat asupan makanan seperti nasi. FYI buat penikmat kopi yang mengalami gangguan kesehatan coba cek kembali kadar gula dalam kopi Anda. Karena sesungguhnya yang berbahaya dari menyeduh kopi yakni gula yang berlebihan. Mengurangi gula bukan berarti saya tidak menikmati cake, coklat, dan temannya-temannya, semua itu masih saya konsumsi tetapi dengan jumlah tertentu dan tidak sering.

Minum Air Putih

Manfaat Minum Air Putih

Meskipun saya jatuh cinta dengan kopi hitam bukan berarti saya kurang meminum air putih loh. Saya masih mengontrol asupan air putih tetap lebih banyak dari kopi. Perintungannya begini, jika saya minum kopi banyak, saya akan meminum air putih 2-3 kali lipat lebih banyak. Ini berguna untuk menetralisir efek dari kopi.

Jangan Lupa Piknik

BPN 30 Days Blog Challenge

Nah ini penting banget. Piknik di sini bukannya pergi traveling ke tempat-tempat wisata yang jauh dan mahal, namun piknik yang dapat membuka wawasan sehingga kita dapat memahami dan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Membuka wawasan ini tidak bisa didapat dari bangku sekolah atau kursus, ini pemahaman yang didapat dari lingkungan. Lalu apa hubungannya dengan kesehatan? Jika kurang piknik mungkin bukan Anda yang terganggu kesehatannya bisa jadi justru orang di sekitar Anda. So jangan lupa piknik.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

6 thoughts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.