Cerdas Berbelanja Online

BPN 30 Days Blog Challenge

Masih di hari-28 BPN 30 Days Blog Challenge dengan tema Situs Belanja Favorit. Masih ingat tidak di situs apa pertama kali belanja online? Saya masih ingat dong, tapi barang yang dibeli saat itu lupa, yang teringat hanya perasaan ‘beli…nggak…beli…nggak…beli…’. Ternyata perasaan itu masih sering hadir hingga sekarang saat belanja online pada seller yang baru dicoba. Meskipun sering bikin deg-degan, belanja online itu bikin nagih karena kita tinggal buka aplikasi or website, lihat dan pilih, beli, transfer, tunggu, dan barang sampai di tangan tanpa perlu berpayah-payah mengeluarkan ongkos dan waktu untuk berkeliling mencari barang yang diinginkan.

BPN 30 Days Blog Challenge

Tapi itu kalau proses normal dan sukses, ternyata banyak loh pembeli yang kecewa saat belanja online. Seperti teman saya yang tergiur harga murah handphone dan ‘beramai-ramai’ membeli. Ada teman yang sukses mendapat barang yang baik, ternyata saat yang sama ada teman yang mendapatkan barang yang rusak dari satu seller yang sama pula. Berarti untung-untungan dong belanja online itu? Sebenarnya tidak, selama kita dapat mensiasatinya dengan cerdas. Biasanya ini lima hal yang saya lakukan sebelum berbelanja online untuk meminimalkan kerugian:

Teliti Seller-nya

Saya biasanya mencari tahu terlebih dahulu kredibilitas seller yang menjual, bisa dari review pembeli lain, dari banyaknya barang yang telah terjual, berapa lama seller berjualan, interaksi seller dengan konsumen, dan banyak lagi hingga saya merasa sreg. Biasanya kalau sudah sreg dengan seller-nya saya bisa belanja berkali-kali di sana tanpa rasa khawatir.

Lokasi Seller

Menurut saya ini penting, karena saya tidak ingin ongkos kirim yang harus dibayar justru lebih besar dari harga barang yang dibeli. Lokasi seller yang jauh tentu membuat barang yang dibeli pun mengalami perjalanan yang panjang dan jika tidak dilengkapi dengan packaging yang rapi dan aman tentu akan rusak dalam pengiriman. Untuk itu saya akan merekomendasikan seller yang masih dalam satu kota.

Bandingkan Produk Sejenis di Beberapa Seller

Sebelum memutuskan membeli, biasakan untuk membandingkan produk sejenis di banyak seller. Bisa jadi harga lebih murah, seller lebih terpecaya, ongkos kirim lebih mudah, dan lain sebagainya. Untuk membandingkannya, dapat juga bertanya dengan seller-nya langsung, seller yang baik tentu akan merespon baik juga setiap pertanyaan dari pembelinya.

Selalu Berhati-hati dengan Pembayaran

Jujur hingga saat ini saya belum berani transaksi besar melalui took online. Untuk transaksi yang jumlahnya hingga jutaan saya lebih memilih took retail di mana saya dapat memegang dan memilih barang yang ingin dibeli. Jika sudah urusan uang memang kita harus berhati-hati sekali terutama saat menggunakan kartu kredit untuk perbelanjaan online. Meskipun saya belum pernah belanja online dengan kartu kredit, tapi akan saya sarankan Anda untuk memastikan link tempat Anda transaksi benar adanya. Link yang terlalu banyak pop up dan iklan wajib untuk diwasapai ya.

Pastikan Memiliki Aturan Garansi dan Tukar Barang yang Jelas

Seller yang bagus tentu sudah mempersiapkan aturan garansi dan tukar barang yang mudah dan benar. Jika seller tidak memiliki aturan garansi dan tukar barang yang jelas sudah tentu seller tersebut tidak direkomendasikan. Dengan aturan garansi dan tukar barang yang jelas sudah tentu pembeli akan mendapatkan barang yang baik dan berkualitas.

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. deadyrizky says:

    alhamdulillah saya gak tergoda belanja saat harbolnas
    soale gak ada duite
    wkwkwk

    1. NininMenulis says:

      😎😎😎😎

Leave a Reply