5 Waktu yang Disarankan Minum Air Putih

Manfaat Minum Air Putih
Manfaat Minum Air Putih

Banyak orang mendambakan hidup sehat, mulai dari mengatur pola makan hingga memilih mengkonsumsi asupan alami ke dalam tubuh. Namun banyak yang akhirnya hanya menjadi niat saja karena sulitnya untuk konsisten memulai pola hidup sehat. Padahal ada satu langkah mudah dan sederhana untuk memulai pola hidup sehat, yakni dengan banyak meminum air putih. Pada postingan terdahulu, kita sudah mengetahui 5 Manfaat Minum Air putih, sekarang kita cari tahu waktu yang tepat untuk minum air putih. Karena salah satu cara menjadi sehat dengan minum air putih pada waktu, jumlah ang tepat, dan konsistensi.

Semua sudah mengetahui bahwa kita membutuhkan air putih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 1,5 liter. Aturan ini ternyata berbeda di webmd.com yang menulis Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board merekomendasikan bahwa sebenarnya wanita memerlukan 2,6 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap hari. Berapapun banyaknya air putih yang dikonsumsi haruslah memenuhi waktu-waktu yang tepat. Waktu-waktu tersebut di antaranya:

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Putih

1. Minum satu gelas atau dua gelas saat sebelum dan bangun tidur

Ketika kita bangun tidur, tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Berapapun banyaknya konsumsi air putih di hari sebelumnya, kita harus ‘mengisi ulang’ tubuh kita dengan cairan. Minum satu atau dua gelas air putih di pagi hari setelah bangun tidur juga dapat membakar metabolisme dan membuang racun dalam tubuh.

Minum segelas air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh mengisi kembali cairan yang hilang akibat aktivitas sepanjang hari dan dapat membuang racun yang tidak diinginkan dalam tubuh. Selain itu, minum segelas air putih sebelum tidur juga akan membuat tidur kita terasa lebih nyenyak.

2. Minum satu gelas sebelum mandi

Kehangatan air putih yang dikonsumsi, dikombinasikan dengan kehangatan air saat mandi dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga menyebabkan tekanan darah turun. Air putih yang kita minum sebelum mandi juga dapat mencairkan tingkat natrium tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

3. Minum satu gelas setengah jam sebelum makan

Tiga puluh menit sebelum makan adalah waktu yang tepat untuk minum air putih karena dapat membantu pencernaan bekerja lebih baik. Sementara itu, minum air putih selama atau tepat sebelum atau setelah makan dapat melemahkan cairan pencernaan dan membuatnya bekerja kurang efektif. Terlalu banyak asupan air justru dapat merusak pencernaan karena dapat mengganggu kadar alami asam dan empedu yang diperlukan dalam perut untuk mencerna makanan.

Baca Juga: 5 Tips Hidup Sehat Ala NininMenulis

4. Minum satu gelas ketika merasa lelah dan banyak minum ketika sakit untuk membantu memperbaiki daya tahan tubuh

Lebih dari 70 persen dari setiap fungsi dalam tubuh tergantung pada air, termasuk kegiatan otak dan sistem saraf. Air dapat membantu otak bekerja lebih baik. Kekurangan air pada otak tidak hanya dapat menyebabkan kelelahan, namun juga dapat menyebabkan kabut otak, kehilangan fokus, ingatan, serta sakit kepala, masalah tidur, marah, depresi, dan banyak lagi.

5. Minum lebih banyak saat dan setelah berolahraga

Air dapat mencegah kelelahan. Minum banyak air putih sebelum dan setelah berolahraga juga dapat meningkatkan daya otot tubuh.

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Ewa Febri says:

    Wah.. makasih informasinya mbak. Ini penting banget buat yang males minum kayak saya. Jadi ritmenya tahu.

    1. NininMenulis says:

      Hahahaha….. Dipas2in y… Ak juga sering lupa klo gak gt

Leave a Reply