#CerdasDenganUangmu untuk Dapat Membeli Rumah Tanpa Kredit

“Ninin sisa uang jajannya setiap hari masukin ke sini ya!” ucap lembut Bapak sembari menunjuk celengan bertuliskan ‘Tabungan Ninin’ hasil karyanya. Saat itu saya baru menginjak bangku sekolah dasar, masa di mana saya mulai mendapatkan uang saku sendiri. Celengan hasil karya Bapak bukanlah celengan yang lucu dan bagus seperti yang banyak dijual. Celengan karya Bapak terbuat dari kaleng bekas oli yang ia lubangi untuk tempat masuknya uang dan di permukaanya ditempeli kertas putih yang ia tulisi sendiri, ‘Tabungan Ninin’. Itulah perkenalan pertama saya dengan menabung.

#CerdasDenganUangmu MoneySmart.id

Enam bulan yang lalu,

“Gila, banyak uang sekali sih!”, “Habis dapat warisan ya?”, “Kok bisa sih?”, itulah beberapa komentar teman-teman saat mengetahui saya telah membeli rumah tanpa kredit.

Membeli rumah tanpa kredit, itu bukan kata yang tidak mungkin apalagi di era informasi seperti saat ini. Semua orang bisa melakukannya, asalkan #CerdasDenganUangmu. Menabung. Itu cara yang saya gunakan agar dapat membeli rumah tanpa kredit. Memang tak mudah menabung di tengah gaya hidup seperti saat ini.

Baca Juga: Co Working di Indonesia

Meskipun telah dibiasakan menabung sejak dini, godaan menggunakan atau menghabiskan uang untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup akan terus menghampiri, tak terkecuali pada saya. Berapa kali saya mengalami kejadian, alih-alih ingin menabung justru menghabiskan uang untuk hal yang sebenarnya tidak terlalu penting, tidak jarang pula uang yang sudah ditabung terpakai untuk memenuhi gaya hidup. Siapa sih yang dapat menolak ajakan kumpul bersama teman di coffee shop atau cafe, membeli fashion terbaru apalagi bila melihat ada diskon, jalan-jalan, dan lain sebagainya? Alhasil tabungan bukannya bertambah malah berkurang karena tergoda memenuhi semuanya. Berangkat dari sana ada keinginan untuk merubah cara pengelolaan uang menjadi lebih baik agar keinginan memiliki rumah baru terwujud. Jika saat kecil ada Bapak yang mengingatkan bagaimana menyisihkan uang saku, sekarang ada MoneySmart.id yang mengingatkan bagaimana cara menabung efektif untuk dapat membeli rumah baru atau untuk memenuhi keinginan yang membutuhkan dana besar.

Dari MoneySmart.id lah informasi bagaimana #CerdasDenganUangmu saya dapatkan. Di sini saya mendapatkan berbagai informasi dan tips bagaimana mengatur keuangan sesuai dengan kebutuhan, termasuk kebutuhan saya untuk membeli rumah baru. Untuk dapat membeli rumah baru, MoneySmart.id memberikan beberapa tips menabung yang mudah untuk diikuti.

Terapkan Gaya Hidup Hemat

Hemat bukan berarti pelit ya, saya tetap dapat kekinian tanpa harus menghabiskan seluruh uang yang saya miliki. Hidup hemat dapat dimulai dari hal yang terkecil seperti mencari barang-barang subsitusi yang memiliki kualitas yang sama dengan harga yang lebih murah. Saya pun mulai mengurangi membeli barang-barang yang tidak penting atau tidak terpakai. Seperti membeli fashion hanya karena tren bukan karena saya membutuhkannya. Untuk di awal hal ini sangat sulit dilakukan, tapi ingat lagi akan komitmen awal akan keinginan membeli rumah maka semuanya akan mudah dilakukan.

BPN 30 Days Blog Challenge

Membuat financial plan setiap bulan

Baca Juga: Suasana Rumahan Ala Patio Plataran

Dari MoneySmart.id saya menjadi mengerti mengapa membuat financial plan setiap bulan itu penting. Dengan merencanakan setiap detil pengeluaran membuat saya lebih cermat dan terhindar dari kebiasaan menghabiskan uang. Dengan merinci setiap detil kebutuhan setiap bulannya, saya jadi tahu berapa rupiah yang harus ditabung setiap bulannya untuk mencukupi keinginan membeli rumah baru.

Membuat rekening tabungan yang tidak bisa diambil

Membuat rekening tabungan lain yang tidak bisa diambil ini penting sekali terutama bagi orang seperti saya yang mudah sekali mengambil tabungan. Rekening tabungan ini sebisa mungkin tidak terhubung ke kartu debet, mobile bangking, dan fasilitas perbankan lainnya. Jika perlu pilih jenis tabungan berjangka di mana uang tidak mudah diambil. Ini berguna untuk tidak tergoda menggunakannya selain untuk tujuan awal, membeli rumah baru.

Baca Juga: Fakta 50 Penerima Beasiswa Mendaftar di Bidang Sains

#CerdasDenganUangmu MoneySmart.id

Jangan lupa berinvestasi

Saya termasuk orang yang telat berpikir untuk berinvestasi, padahal dari apa yang saya baca di MoneySmart.id investasi harus dimulai sejak dini karena keuntungannya baru dapat dirasakan dalam jangka panjang. Kalau ingin lebih terasa untungnya, bisa terjun ke investasi saham langsung. Tapi sebelumnya, perlu memahami betul cara bermainnya biar tidak bangkrut. Atau kalau mau aman, bisa memilih investasi emas batangan atau reksadana. Tips #CerdasDenganUangmu yang dibagikan MoneySmart.id sangat sederhanakan? Namun terbukti bermanfaat untuk Anda dalam mengelolah keuangan.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

2 thoughts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.