Resep Soto Ayam Bening Rumahan Tanpa MSG

NININMENULIS.COM – Dari semua resep soto yang dijadikan tema BPN Ramadhan Blog Challenge hari-4 ini, saya otomatis memilih membuat Resep Soto Ayam tanpa banyak pertimbangan. Karena menu Soto Ayam ini sudah menjadi trendmark semua masakan yang sering dihidangkan mama saya sejak saya kecil. Dan tidak tahu mengapa Soto Ayam buatan mama saya ini selalu enak dan habis dilahap. Mungkin karena dibuat dengan cinta.

Soto Ayam ciri khas rumah saya merupakan Soto Ayam Bening Rumahan yang mudah dalam pengerjannya. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah ditemui dan didapati di warung-warung sayur sekitar rumah, terlebih setelah keluarga perduli akan kesehatan, kita pun me-skip semua pemakaian MSG di dalam semua masakan. Jadi selain enak dan segar, Soto Ayam Bening Rumahan ini sudah pasti sehat.

soto ayam
Soto Ayam Bening Rumahan tanpa MSG

Baca juga: Skippy Choconut Pudding Ala NininMenulis

Asal Usul Soto

Setelah ratusan bahkan ribuan kali makan soto ternyata saya baru tahu kalau ternyata soto berasal dari Cina yang konon bernama Caudo dan populer di Semarang. Oleh orang Indonesia, Caudo mengalami menyesuaian bahan dan bumbu yang sesuai dengan daerah dan selera di daerahnya masing-masing.

Dari sanalah akhirnya Caudo hadir dengan berbagai nama yang berbeda-beda seperti Coto di Makassar, Tauto di Pekalongan, sebutan soto yang identik dengan kedaerahan seperti Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Maduran, dan lain sebagainya.

Tidak hanya budaya Cina yang ada di dalam soto seperti penggunaan bihun dan mie, pemakaian kunyit di dalam soto juga mencirikan masuknya budaya India ke dalam hidangan soto. Menarik ya asal usul soto ini.

Baca juga: Tempat Buka Puasa Murah di Lotte Shopping Avenue

Resep Soto Ayam

Bahan-bahan Soto Ayam

½ kg dada ayam, 2 butir telur ayam, bumbu halus (kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, pala), sereh, daun jeruk, garam, lada, gula, pelengkap (seledri, bihun, tauge yang sudah dilayukan dengan air panas dan tiriskan, bawang goreng, tomat, jeruk nipis, kecap), bahan sambalnya (cabe rawit merah, bawang putih, garam)

Cara Membuat Soto Ayam

  • Rebus dada ayam di air mendidih berikut daun jeruk dan sereh. Di panci lain rebus telur ayam dan semua bahan untuk sambalnya (cabe rawit, bawang putih). Lalu sisihkan.

  • Ulek atau haluskan semua bumbu halus (kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, pala) lalu tumis dengan sedikit minyak goreng. Setelah harum masukan ke dalam air sisa rebusan ayam sebelumnya. Beri garam, gula, dan lada secukupnya. Jangan lupa dicicipin kaldunya ya.

  • Goreng ayam dan juga telur hingga berubah warna. Suwir-suwir dan sisihkan.

  • Haluskan semua bahan sambal yang sebelumnya sudah direbus dengan menggunakan ulekan.

  • Susun di mangkuk mulai dari bihun, tauge, ayam yang telah disuwir-suwir lalu siram dengan kaldu soto. Tambahkan telur iris, tomat, seledri lalu siram dengan kuah soto yang masih panas. Beri taburan daun bawang dan beri perasan jeruk nipi, sambal, dan juga kecal sesuai selera.

  • Hidangkan dan Soto Ayam Bening Rumahan siap dinikmati. Selamat Menikmati!

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.