Resep Opor Ayam Kuning Anti Gagal

NININMENULIS.COMHoreee….. 25 hari lagi lebaraaannn….. hahahaha…. biar pas lebaran nggak kaget, yuk kita masak opor ayam dulu. Pas banget di hari-5 ini BPN Ramadhan Blog Challenge mengangkat tema Resep Opor Ayam.

Setelah sukses membuat Resep Soto Ayam di kemarin, untuk kali ini Resep Opor Ayam nya saya dapatkan dari mama. Itu pun memintanya dengan sedikit pemaksaan, karena saya benar-benar tidak tahu Resep Opor Ayam. Dan mama pun memberikan Resep Opor Ayam yang mudah saya kerjakan dan dijamin anti gagal. Benar saja, resepnya anti gagal. Saya pun sukses membuat Resep Opor Ayam untuk yang pertama kalinya.

Suka masak tetapi tidak pernah masak opor ayam? Ya itu saya. Saya itu tidak terlalu suka dengan opor ayam yang santannya terlalu kental dan berwarna putih. Tidak tahu mengapa kuah putih yang ketal pada opor ayam terlihat menakutkan bagi saya. Karena itulah agar saya mau makan opor ayam mama membuatkan Resep Opor Ayam Kuning yang tidak terlalu ketal tetapi tetap enak.

Baca jugaSkippy Choconut Pudding Ala NininMenulis

RESEP OPOR AYAM KUNING
Opor Ayam Kuning

Resep Opor Ayam Kuning dari mama saya ini selain mudah, waktu untuk membuatnya pun tidak lama. Jadi nggak perlu lagi drama-drama nggak penting di dapur. Hanya sekitar 30 menit saja Resep Opor Ayam Kuning sudah dapat disajikan. Ingin mencoba Resep Opor Ayam Kuning yang siapapun dapat membuatnya ini? Yuks dicoba!

Bahan-bahan Resep Opor Ayam Kuning
½ kg ayam. Bumbu yang dihaluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, kapulaga, kemiri, jinten (kapulaga, kemiri, dan jinten di sangrai terlebih dahulu sebelum dihaluskan). Bumbu cemplung ada lengkuas, daun jeruk daun salam, dan sereh. Santan dan bawang goreng sebagai pelengkap. Jangan lupa garam, gula dan lada bubuk.

Cara Membuat Resep Opor Ayam Kuning
1. Haluskan semua bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, kapulaga, kemiri, jinten menggunakan wajan. Sisihkan.

2. Tumis bumbu halus bersama dengan bumbu cemplung seperti lengkuas, sereh, daun jeruk, dan saun salam hingga harum. Setelah harum masukan ayam, aduk-aduk sebentar hingga bumbu meresap ke ayam.

3. Pindahkan ke panci dan beri air. Tambahkan santan secukupnya. Beri garam, gula, dan lada bubuk sesuai selera. Tunggu hingga sedikit mengental (karena saya tidak suka opor yang terlalu kental), matika api dan Opor Ayam Kuning pun siap disajikan.

4. Sajikan Resep Opor Ayam Kuning ini bersama dengan taburan bawang goreng dan sambal. Hhhmm…. kenikmatan mana lagi yang kamu dustakan.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

One thought

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.