Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

NININMENULIS.COM – Siapa yang tidak pernah berketombe seumur hidupnya? Saya rasa semua pernah mengalami masalah ketombe. Mengganggu? Banget! Karena itu di BPN Ramadhan Blog Challenge hari ke-7 ini saya memilih menulis topik Cara Menghilangkan Ketombe.

Bicara pengalaman dengan ketombe saya jadi teringat saat menunggu lift di Kuningan City setelah selesai nge-gym seorang teman datang dan mengibas pundak saya yang kala itu mengenakan baju hitam. Ternyata tanpa saya sadari ketombe berjatuhan di bahu. Duh malunya, mana yang mengantri lift sedang penuh saat itu.

Untuk orang yang sering berolahraga atau mengeluarkan banyak keringat tentu sering dihinggapi masalah ketombe. Tetapi saya sering mencuci rambut, kenapa masih terkena ketombe? Begitu pertanyaan saya saat itu. Ternyataaaa….. sering mencuci rambut juga menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe. Sebenarnya apa saja sih penyebab timbulnya ketombe?

Baca juga: Skippy Choconut Pudding Ala NininMenulis

5 Penyebab Timbulnya Ketombe

Ternyata penyebab ketombe itu bermacam-macam, setiap orang memiliki faktor pemicu yang berbeda-beda tergantung keadaan dan jenis kulit kepalanya. Beberapa penyebab timbulnya ketombe antara lain:

1. Jarang mencuci rambut atau keramas. Orang yang jarang mencuci rambut sudah pasti akan ‘menimbun’ kulit kepala yang mati dan kering menumpuk lalu menjadi pemicu timbulnya ketombe.

2. Jika penyebab pertama akibat kurang keramas, pemicu kedua justru sebaliknya, terlalu sering keramas. Terlalu sering keramas justru membuat rambut tidak memiliki waktu untuk memproduksi minyak alami untuk melembabkan kulit kepala sehingga kepala menjadi kering dan berketombe.

3. Kondisi kulit kepala yang terlalu kering.

4. Memiliki alergi terhadap produk perawatan kepala yang sedang digunakan. Untuk itu memilih produk perawatan kepala seperti shampoo dan conditioner yang sesuai untuk kulit kepala sangat penting dan dianjurkan.

5. Nah penyebab timbulnya ketombe yang terakhir disebabkan oleh jamur malassezia yang menginfeksi kulit kepala sehingga mengakibatkan iritasi kulit kepala dan berketombe.

Baca juga: Resep Opor Ayam Kuning Anti Gagal

7 Bahan di Dapur yang Dapat Menghilangkan Ketombe

Saya termasuk tipe orang yang gemar menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita untuk penanggulangan atau pengobatan. Selain mudah dijumpai, bahan-bahan alami tersebut aman digunakan karena tidak mengandung zat kimia dan yang terpenting murah. Berikut ke-7 bahan yang ada di dapur dan dapat menghilangkan ketombe secara alami.

  • Jeruk Nipis

    Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan juga vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. karena menggunakan jeruk nipis secara teratur dapat menebalkan rambut dan untuk mengatasi kebotakan. Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat menghilangkan ketombe.

menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis
Jeruk nipis
  • Lemon

    Tidak hanya jeruk nipis, lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami.

  • Kemiri

    Kemiri yang telah diambil minyak alami dengan terlebih dahulu disangraitidak hanya berguna sebagai penyubur rambut tetapi juga dapat sebagai penghilang ketombe tanpa meninggalkan efek samping.

Baca juga: Resep Soto Ayam Bening Rumahan Tanpa MSG

  • Cuka

    Pertama kali tahu cuka dapat menghilangkan ketombe, saya sempat kaget, bagaimana cuka yang biasanya dicampur dalam makanan dapat menghilangkan ketombe? Ternyata benar-benar bisa asal digunakan tidak terlalu banyak, ketombe dan gatal-gatal di kulit kepala pun lenyap.

  • Baking Soda

    Baking soda menjadi andalan saya mendapatkan campuran alami untuk perawatan kulit dan kepala. Menggunakan baking soda pada kulit kepala dapat menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen. Sama dengan cuka, tentu saja baking soda tidak dapat digunakan dalam jumlah yang terlalu banyak dan sering.

  • Bawang Merah

    Dengan menghaluskan bawang merah kemudian mengoleskannya di kepala tidak hanya membuat rambut menjadi lebih tebal tetapi dapat menghilangkan ketombe secara alami loh.

Menghilangkan ketombe dengan garam
Bumbu dapur
  • Garam

    Selain sebagai penyedap makanan, garam dapur dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe karena bersifat seperti scrub yang mampu mengangkat kulit mati pada kepala.

    Nah benarkan, ke-7 bahan tersebut pasti salah satunya ada di semua dapur. Jadi menghilangkan ketombe secara alami tidak sulit dilakukan kapan saja. Silakan mencoba!

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.