12 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

NININMENULIS.COM – Jerawat? Wew apa itu? Kalau bisa jauh dari jerawat tentu akan lebih baik bukan? Tetapi jika sudah berjerawat, bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami dan tanpa efek samping? Di BPN hari-8 ini saya akan merangkum 12 cara menghilangkan jerawat secara alami dengan mudah dan aman, bahkan beberapa caranya sudah pernah saya coba dan alhamdulillah, ampuh dan efektif untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

Meskipun bukan termasuk penyakit kulit yang membahayakan, kehadiran jerawat pasti membuat kesal dan timbul rasa tidak percaya diri. Eits tetapi jangan sekali-kali memencetnya sendiri ya, apalagi bila tangan kamu dalam kondisi kotor. Memencet jerawat justru membuat jerawat tumbuh sumbuh, parahnya lagi dapat membuat peradangan yang parah. Sebelum mencari tahu cara menghilangkan jerawat secara alami, yuks cari tahu dulu apa penyebab jerawat itu sendiri.

Baca juga: 3 Keuntungan Mengikuti Promo Belanja Online

6 Penyebab Timbulnya Jerawat

  • Perubahan hormon

    Perubahan hormon lebih sering terjadi pada perempuan terutama di masa menstruasi dan kehamilan. Pada perempuan menstruasi, jerawat biasa muncul menjelang menstruasi bahkan tidak sedikit juga yang setelah menstruasi. Lalu pada perempuan hamil, munculnya jerawat biasanya terjadi saat kehamilan menginjak 3 bulan pertama.

  • Masa Pubertas

    Sebagian orang mempunyai jerawat ketika mengalami pubertas atau pada saat remaja. Saat masa puber, sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak meningkat produksinya dikarenakan meningkatnya pula produksi hormon testosteron.

  • Terlalu sering mencuci muka

    Banyak dari kita menganggap bahwa penyebab jerawat adalah karena kurang rutin membersihkan muka. Tetapi ternyata serlalu sering mencuci muka pun justru membuat wajah berjerawat karena produksi minyak pada wajah berkurang hingga kulit akan terus memproduksi minyak berlebih.

  • Pemakaian make up berlebih

    Pemakaian make-up berlebih tanpa diimbangi dengan membersihkan wajah secara teratur justru akan menjadi penyebab munculnya jerawat. Tidak hanya berlebih, memakai produk make-up yang tidak cocok dengan kondisi kulit wajah juga dapat menyebabkan jerawat pula.

  • Konsumsi makanan tak sehat

    Jerawat juga dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak tinggi dan tidak sehat yang dapat memancing produksi sebum yang berlebihan.

  • Ponsel yang kotor

    Pasti kamu pernah mendengar kalau ponsel kita 18 kali lebih kotor ketimbang gagang pintu toilet umum bukan? Nah terlalu sering menempel ponsel yang kotor ke permukaan kulit yang sesitif dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat.

Baca juga: Resep Opor Ayam Kuning Anti Gagal

Setelah mencari tahu apa saja yang menjadi penyebab timbulnya jerawat sekarang kita cari tahu cara menghilangkan jerawat secara alami. Setelah di hari-7 saya menulis bagaimana menghilangkan ketombe dengan cara alami, sekarang saya akan menuliskan bahan-bahan alami yang dapat menghilangkan jerawat. Mengapa bahan alami sangat saya gemari? Karena selain terbukti ampuh, menggunakan bahan alami tidak memiliki efek samping dan bebas worry.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan soda kue dan air

    Soda kue tidak hanya dipakai sebagai bahan kue saja, tetapi dapat untuk menghilangkan jerawat. Selain jerawat biasa, menggunakan masker soda kue juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat. Soda kue memiliki manfaat dapat menjadi penyeimbang pH kulit untuk mencegah jerawat. Tidak hanya penyeimbang, soda kue juga dapat menjadi antiseptik dan anti-inflamasi untuk menyembuhkan jerawat membandel.

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan alpukat dan dan madu

    Alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit sehingga dapat meredakan peradangan kulit. Sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti-bakteri. Kombinasi kedua bahan ini juga mampu menjadi cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan yogurt dan madu

    Yogurt mengandung bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan lemon

    Lemon mengandung asam askorbat-L dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah berjerawat dan juga dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dapat membuat wajah menjadi cerah dan menghilangkan noda bekas jerawat

    cara menghilangkan jerawat secara alami dengan lemon

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan jeruk nipis dan madu

    Jeruk nipis hampir memiliki efek dan khasiat yang sama dengan lemon. Caranya pun hampir sama. Potong jeruk nipis jadi dua bagian, peras. Campurkan dengan 2 sdm madu. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

 

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan pisang dan kunyit

    Pisang kaya akan antioksidan, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut membuat wajah menjadi lebih cerah dan lembab. Lektin yang juga ada pada pisang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan pada kunyit terkandung kurkuminoid yang berkhasiat obat bagi wajah yang meradang.

Baca juga: Resep Soto Ayam Bening Rumahan Tanpa MSG

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan bawang putih

    Bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja, tetapi juga dapat membantu menghilangkan peradangan pada kulit karena bawang putih yang merupakan anti virus, anti jamur, anti oksidan, dan antiseptik sehingga kesehatan kulit akan terus terjaga. Selain itu bawang putih mengandung zat sulfur yang ampuh dalam proses pembasmian jerawat membandel.

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan tomat

    Tomat kaya akan kandungan vitamin A dan C sehingga baik dan ampuh untuk membasmi jerawat yang membandel. Terdapat dua cara menggunakan tomat sebagai penghilang jerawat. Cara pertama adalah dengan mengiris tipis-tipis tomat lalu tutupi wajah dengan irisan tomat. Cara kedua adalah dengan memblender 1 buah tomat lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

cara menghilangkan jerawat

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan lidah buaya

    Lidah buaya mengandung polifenol yang berguna sebagai anti-bakteri. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan jerawat. Caranya menghaluskannya dengan sendok hingga membentuk gel lalu mengoleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin, jerawat pun akan berangsur hilang.

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan mentimun

    Mentimun mengandung air yang tinggi serta vitamin A,B, dan C. Terdapat pula mineral yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silika. Mentimun juga memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi wajah. Oleh karena itu mentimun sangat manjur sekali untuk membasmi jerawat membandel.

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan putih telur

    Putih telur mengandung enzim lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat dan juga mengecilkan pori-pori kulit serta mengurangi minya berlebih yang merupakan penyebab jerawat. Kocok putih telur hingga mengembang lalu campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

  • Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan pepaya

    Enzim papain yang terdapat pada pepaya dapat membantu mengikis sel kulit mati dan anti oksidannya dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat, dan mengurangi peradangan pada kulit. Bersihkan pepaya dan potong dadu, Haluskan pepaya hingga menjadi buburlalu oleskan pada wajah, diamkan 20 menit. Bilas dengan air hangat.

cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

Jika dilakukan secara rutin dan benar ke-12 cara menghilangkan jerawat secara alami tersebut akan ampuh membasmi jerawat yang membandel. Kamu tertarik mencoba yang mana?

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Morning Person | Architecture Graduate | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home| Healthy Lifestyle | Coffee Addict

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.