Kerupuk Kembang Rose

foto kerupuk kembang rose

NININMENULIS.COM – Pernah mendengar atau melihat panganan kerupuk kembang rose? Bagi yang tinggal di kota besar, sajian kerupuk kembang rose sudah tidak dapat dijumpai lagi. Karena hal itu yang saya rasakan saat tinggal di Jakarta, memangnya seperti apa bentuknya? Rasanya bagaimana? Begitu kira-kira pertanyaan yang kerap saya lontarkan ke teman yang masih dapat merasakan panganan kerupuk kembang rose. Bahkan pernah di suatu waktu saking penasarannya akan kerupuk kembang rose, saya minta dibawakan.

Kerupuk kembang rose termasuk dalam panganan langka dan sulit untuk dijumpai. Jangankan terhidang di saat hari raya seperti lebaran, melihatnya dijual di pasar-pasar tradisional saja pun tidak. Tetapi sekarang saya bisa tertawa bangga dong, ha…ha….ha…. akhirnya saya bisa menghidangkan kerupuk kembang rose di hari raya Idul Fitri.

Baca juga: Jajanan Saat Lebaran

Sejak bertempat tinggal di Kabupaten Bogor, kerupuk kembang rose menjadi sajian baru di rumah saat lebaran. Saya tuh seneng banget ada kerupuk kembang rose di rumah, mengingat panganan ini terbilang langka dan sulit di dapat. Lalu bagaimana saya mendapatkannya?

Jangan, jangan berpikir saya membuat sendiri kerupuk kembang rose nya ya? Ini semua berkat tetangga yang asli warga setempat dan memiliki teman pembuat kerupuk kembang rose. Jadilah setiap menjelang lebaran, di awal puasa tepatnya mereka sudah menawari apakah kami ingin pesan atau tidak. Dan sudah tentu saya pesan – wajib pesan tepatnya.

Mengolah kerupuk kembang rose ternyata sama dengan mengolah kerupuk pada umumnya. Tinggal goreng di minyak yang panas. Yang perlu diinggat, kerupuk kembang rose ini tingkat mekarnya sangat tinggi. Buat saya yang menggunakan wajan kecil jadi harus digoreng satu per satu untuk medapatkan kerupuk kembang rose yang mekar maksimal. Jangan takut lama menggorengnya, karena kerupuk kembang rose akan langsung mekar seketika ketika menyentuh minyak lalu tinggal ditiriskan. Gampang banget, no drama saat menggoreng kerupuk kembang rose.

Baca jugaBeberapa Persiapan dalam Menyambut Lebaran

Untuk diketahui, kerupuk kembang rose terkadang disebut juga kerupuk dapros terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka ini telah ada puluhan tahun yang lalu. Kerupuk kembang rose ini umumnya diproduksi oleh ibu-ibu rumah tangga.
Dari namanya tidak diketahui siapa pembuat awal kerupuk kembang rose ini.

Namun banyak yang menyebut kerupuk kembang rose dikarenakan bentuknya yang mirip kembang rose atau bunga mawar. Tidak semua dapat membuat kerupuk kembang rose, hanya ibu-ibu yang pandai memainkan jempolnya untuk mendapatkan bentuk seperti kembang rose atau bunga mawar.

Hingga saat ini belum ada alat khusus untuk mencetak kerupuk kembang rose ini. Tidak hanya di hari taya seperti momen lebaran, kerupuk kembang rose juga banyak dijumpai dalam acara khusus seperti khitanan, pernikahan, hari raya, dan sebagainya. Kerupuk ini dijual dalam kondisi kering dalam plastik di mana kita harus menjemurnya terlebih dahulu untuk mendapatkan kerupuk kembang ros yang mekar sempurna seperti harapan.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.