Olahraga Setelah Lebaran

NININMENULIS.COM – Lebaran sudah berlalu dan libur pun telah usai, berarti saatnya kita memulai aktivitas rutin. Agar semangat memulai hari, tidak ada salahnya kita melakukan olahraga setelah lebaran. Olahraga setelah lebaran ini sangat penting mengingat saat sebelum lebaran kita terbiasa mengatur pola makan agar tidak berlebihan, namun di momen lebaran justru asupan makanan yang masuk menjadi berlebihan dan cenderung tidak dibatasi.

Opor, rendang, sayur godog, sambal goreng, dan lain-lain merupakan makanan di hari raya lebaran yang kaya akan santan. Belum lagi berbagai jenis kue kering dan suguhan di hari raya yang mengandung lemak dan gula. Bayangkan semua itu terkumpul di tubuh hanya dalam waktu dua hari saja. Efeknya berat badan naik dan keluhan sakit pun mulai dirasakan. Untuk itulah olahraga setelah lebaran sangat diperlukan untuk mengikis semua lemak dan efek negatif dari semua makanan tersebut.

Baca jugaJangan Lakukan 10 Hal ini Saat Melakukan Yoga Pertama Kali

Bagi kamu yang tidak ingin menumpuk lemak, yuks kita lakukan olahraga setelah lebaran. Mungkin malas di awalnya karena telah libur panjang. Untuk itu perlu dipilih beberapa olahraga yang mudah dilakukan dan bila dilakukan rutin efektif memangkas semua lemak sisa lebaran. Yuks lah mulai olahraga setelah lebaran.

  • Jogging dan jalan sehat

    Olahraga setelah lebaran pertama yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan secara cepat setelah lebaran adalah jogging atau jalan sehat. Lakukan aktivitas ini setiap kamu sempat. Untuk melakukannya tidak perlu lama dan keras, cukup lakukan selama 15-30 menit, tapi rutin agar tubuh terbiasa untuk aktif bergerak dan siap melakukan olahraga yang lebih berat intensitasnya. Kalau kamu terbiasa berolahraga dan memiliki stamina yang baik, cobalah untuk berlari.

  • Angkat beban

    Olahraga setelah lebaran jenis kedua yang cukup membantu penurunan berat badan adalah angkat beban. Olahraga ini bisa digunakan untuk membakar lemak dengan cepat karena banyak kelompok otot yang dilatih dalam sekali waktu. Semakin banyak kelompok otot yang dilatih, kalori yang dibutuhkan akan semakin banyak. Angkat beban ini dapat dilakukan oleh pria maupun perempuan. Jadi bagi kamu yang perempuan jangan takut badan akan terlalu kekar dan berotot.

    body pump
    Kelas Body Pump di Jatomi Fitness
  • Bersepeda

    Kalau kamu tidak suka mengangkat beban karena kondisi otot yang tidak memungkinkan, olahraga setelah lebaran yang bisa kamu lakukan yakni bersepeda. Bersepedalah dengan rutin dan melalui medan yang cukup sulit sehingga kaki akan banyak sekali mengayuh.

    Suasana kelas RPM di Jatomi Fitness Kuningan City.jpg
    Suasana kelas RPM di Jatomi Fitness Kuningan City

Baca juga: Olahraga Apa yang Sesuai untuk Saya?

  • Olahraga dengan beban tubuh

    Kalau kamu termasuk tipe orang yang takut atau tidak berani melakukan olahraga angkat beban, cobalah olahraa setelah lebaran dengan menggunakan beban tubuh sendiri alias tidak menggunakan alat bantu olahraga apapun. Olahraga setelah lebaran dengan menggunakan beban tubuh ini dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Olahraga setelah lebaran yang menggunakan beban tubuh contohnya bicycle twist, push up, jumping jack, plank, yoga, dan lain sebagainya.

    Olahraga setelah lebaran dengan menggunakan beban tubuh ini dapat disesuaikan dengan intensitasnya mulai dari yang ringan hingga yang berat, semua dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kemampuan badan.

    Plank
    Plank, salah satu olahraga menggunakan beban tubuh
  • Berenang

    Berenang merupakan olahraga setelah lebaran yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain dapat mengikis lemak tubuh, berenang memiliki nilai rekreasi yang tinggi. Namun tentu bagi kamu yang tidak memiliki kolam renang sendiri di rumah, membutuhkan effort lebih untuk menuju ke tempat berenang.

Dari beberapa jenis olahraga setelah lebaran tersebut, mana yang kamu pilih untuk dijadikan alternatif menjadi sehat? Apapun pilihan olahraga setelah lebaran yang kamu pilih, semuanya baik selama dilakukan dengan benar dan konsisten. Jika kamu konsisten bukan tidak mungkin olahraga setelah lebaran akan berubah menjadi aktivitas gaya hidup sehat yang rutin dan menyenangkan. Salam olahraga!

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.