Modern PC Tingkatkan Produktivitas dan Performa Diri

modern pc

NININMENULIS.COM – Perkembangan teknologi komputer bergerak sangat cepat. Saya masih teringat masa pertama kali menggunakan komputer yang masih menggunakan floppy disk di dalamnya. Saat itu untuk booting komputer di awal saya tinggal dulu membuat minuman dan mengambil makanan kecil, saat kembali pun komputer belum masuk ke desktop. Tapi itu dulu, yang jika diingat masih menyisakan tawa. Menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan pekerjaan yang dituntut semakin cepat, teknologi pun tampil lebih cerdas. Jajaran modern PC yang keluar di 2019 pun hadir dengan peningkatan kinerja yang sangat signifikan, mulai dari desainnya hingga performa yang membuat penggunanya tetap produktif saat mobile.

Jajaran modern PC yang keluar pun tampil semakin canggih dengan dukungan software terkini, salah satunya Microsoft Office yang tidak hanya menunjang kebutuhan korporasi tetapi juga freelancer dan para content creator seperti saya. Microsoft Office merupakan software yang paling banyak digunakan oleh pengguna teknologi untuk mempermudah urusan kerja dan belajar. Program Microsoft Office masih erat kaitannya dengan penggunaan Windows meskipun banyak pengguna MacOs memakainya juga.

microsoft gathering

Superchanged Productivity with Modern PC adalah acara yang diadakan oleh Microsoft Indonesia untuk pengoptimalkan pemakaian Microsoft Office kepada penggunanya. Pada Jumat (27/9) lalu, bertempat di HiveWorks, Jakarta Pusat, selain talkshow Microsoft Indonesia juga mengadakan user experience terhadap produk Microsoft terbaru yakni Microsoft Office 2019 Office 365. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh para pelaku kreatif yang banyak menggunakan Microsoft Office seperti blogger, vlogger, dan jurnalis, menghadirkan 3 narasumber yang banyak mengupas tentang apa itu modern PC dan alasan mengapa kita harus beralih ke Microsoft Office terbaru. Mereka ialah Indra Raharjo (Channel Marketing Lead Microsoft Indonesia), Hadi Gunawan Sugito (Consumer Master Trainer Microsoft Indonesia), dan Christianto Rasli (Product Marketing Synnex Metrodata).

Baca jugaASUS VivoBook Ultra A412DA Warnai Warna-warni Kehidupan Seorang Blogger

Modern PC di dalamnya tidak lagi menggunakan HDD atau Hard Disk Drive namun sudah dibekali dengan SSD atau Solid State Drive sebagai perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai penyimpanan data. HDD dengan SSD terlihat sangat signifikan perbedaan performanya. Bila HDD bergerak secara mekanik untuk mengambil dan menyimpan data, SSD lebih bergerak secara elektrik dalam penyimpanan data. Sehingga akan terlihat bahwa SSD bekerja lebih cepat katimbang HDD. Sebagai perbandingan dapat terlihat sebagai berikut:

 StartupResumePowerPointWord
HDD49:134:0235:0915:26
SSD9:031:226:292:07

Dari data di atas terbuktikan bahwa modern PC mulai dari start up lebih cepat hingga 7 kali. Sistem SSD yang ada di modern PC juga membuat modern PC memiliki kualitas baterai yang lebih tahan lama dibanding dengan PC yang menggunakan HDD. Ini disebabkan SSD tidak menggunakan piringan seperti HDD sehingga dengan hanya satu kali pengisian daya, pengguna sudah dapat bekerja di mana-mana tanpa harus repot membawa charger. Kelebihan lain dari modern PC yakni perangkat ini bersifat portable sehingga mudah dibawa kemana-mana. Modern PC juga berdesain all in one yang berarti semua komponen CPU nya sudah tertanam di layar monitor. Itu yang membuat desainnya sangat slim dan ringkas namun memiliki performa yang jauh lebih baik.

windows hello

Faktor keamanan juga menjadi poin penting mengapa para pekerja kreatif harus meralih ke modern PC. Modern PC sudah ditunjang dengan Windows 10 yang memiliki keunggulan dalam mengotentikasi identitas sang pengguna dengan lebih personal. Login biometrik Windows Hello yang menjadi keunggulan Windows 10 dalam melindungi informasi pribadi dari serangan cyber. Autentikasi biometrik Windows 10 melalui pengenalan wajah dan sidik jari menggantikan sistem password yang terkadang sulit diingat atau mudah ditebak oleh hacker. Dengan Windows Hello dipastikan hanya sang pemilik yang dapat mengakses semua aplikasi hingga layanan online di dalam modern PC. Tidak hanya keamanan dalam hal mengakses, Windows 10 juga memiliki fitur yang disebut controlled folder access di mana kita dapat membatasi akses ke dokumen dan memunginkan untuk memilih data dari OneDrive jika ada serangan akan keamanan. Para desainer atau pengguna stylus juga sangat terbantu dengan Windows 10 yang ada dalam Modern PC, sehingga kita dapat mencoret-coret layar touch screen layaknya menggunakan pena dan kertas.

pakai yang ori

Microsoft Office dapat dikatakan ‘jodoh’ nya modern PC. Microsoft Office membuat produktivitas dalam bekerja semakin meningkat. Seperti yang kita ketahui beberapa aplikasi Microsoft Office sangat familiar dan banyak digunakan seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Visio, Publisher, dan Microsoft Access. Ini dikarenakan Microsoft Office itu konsisten dalam hal formatting dalam artian bila kita membuka semua aplikasinya di PC, Mac, atau Mobile kita akan mendapati format yang sama. Dan terutama aplikasi dalam Microsoft Office aman dan bebas dari serangan virus atau malware. Jika dalam OHS 2019 memiliki 4 aplikasi, pada Microsoft Office 2019 Office 365 mempunyai 9 aplikasi yang mana penggunka tidak perlu membeli lagi jika ingin migrasi dari Windows ke Mac karena sudah dapat dipakai dikeduanya.

IMG_20190927_172141338

Saat user experience Microsoft Office 2019 Office 365 kita merasakan bagaimana aplikasi yang ada di dalamnya mempermudah semua aktivitas kita sehari-hari. Contohnya para ibu rumah tangga dapat membuat list pembayaran setiap bulan seperti biaya listrik, air, belanja, dan lain sebagainya dengan lebih mudah di Excel atau para pelajar dapat menemukan solusi pelajaran mereka di aplikasi OneNote, ada juga fitur Smart Look at yang bisa membantu kita mencari jawabab terperinci dari sebuah istilah. Tidak berhenti di sana saja, kita pun dapat membuat animasi 3D di Power Point, selain itu ada juga fitur Morph untuk menyatukan 3 slides, slide di dalam slide dengan Zoom, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan aplikasi yang ada di Microsoft Office 2019 Office 365.

Baca jugaMengenal Keunggulan Vivo S1 Melalui Vivo Club Indonesia

ESD atau Electronic Software Delivery merupakan sebuah sistem terbaru dari Microsoft di mana kita bisa membeli semua produk Microsoft yang original berlisensi asli dengan mudah. Dengan ESD, kita tidak repot lagi menunggu pengiriman fisik karena semua aktivasi produk dikirim dan dilakukan langsung melalui email. Kita dapat membeli Microsoft Office 2019 Office 365 melalui reseller atau JD ID. Beberapa keuntungan membeli secara ESD adalah proses transaksi lebih mudah, lebih hemat, jangkauan lebih luas, barang sudah pasti tersedia, up to date, proses pengiriman lebih cepat, keamanan dalam pengiriman terjamin, dan tanpa biaya pengiriman. Untuk pembelian disarakan minimal untuk 3 tahun dengan harga ESD di 800-an ribu untuk 2-3 devices personal dan 1 juta untuk home dengan 6 user.

Mengapa harus pakai yang ori? Dengan pakai yang ori dan berlisensi asli sudah dipastikan pengguna akan mendapatkan software asli yang aman dari phising atau malware yang kerap mengikuti software bajakan. Kita pun berkesempatan mendapatkan support menyeluruh dari perusahaan penyedia bila terjadi masalah pada software yang dibeli, termasuk juga perihal update software untuk melindungi PC dari berbagai ancaman cyber.

Sekarang sudah jelaskan mengapa kita harus menggunakan Modern PC yang didukung dengan software original? Semua untuk mendapatkan produktivitas dan performa diri yang mumpuni.

microsoft office 2019

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.