Resep Mie Goreng Lemonilo Udang Sambal Matah

mie goreng lemonilo

NININMENULIS.COM – Sudah lama juga ya tidak menulis tentang makanan terutama resep masakan yang pernah saya buat. Hari ini santuy sedikit kuy, kita masak-masak dulu yang enak buat dimakan. Kalau perut kenyang, hati juga akan bahagia lalu otak dapat maksimal berpikir untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Eh, memangnya seberapa besar sih hubungan makanan dengan suasana hati? Kuy kita cari tahu dulu.

Makanan menjadi hal yang patut diperhatikan saat mulai merasa sedih, stress, tidak fokus, atau cemas. Karena menurut Shauna Faulisi seoranng ahli gizi holistik dan pendiri Soul Wellness Method, sejatinya perut merupakan otak kedua karena berhubungan dengan produksi hormon serotonin yang mengatur suasana hati. Serotonin juga penting untuk saluran pencernaan dan sistem saraf, anti inflamasi, bahkan mendorong tidur yang lebih baik. Untuk itu memusatkan perhatian kepada makanan yang banyak mengandung bakteri baik, seperti sayuran dan kaldu tulang sangat disarankan.

Selain harus enak, makanan yang kita asup pun harus memiliki kandungan gizi yang baik. Makanan sehat selalu disaranakan serta mmenjauhi makanan yang tidak sehat. Dan produk mie selalu dianggap sebagai makanan yang tidak sehat. Apakah itu benar? Eits jangan main tuduh dulu, ternyata di pasaran ada produk mie sehat yang baik dan dapat dikonsumsi kapan saja. Mie Lemonilo namanya.

Baca jugaPecel Lele Bakar ala NininMenulis Cocok untuk yang Diet Gorengan

lemonilo
Beberapa produk Lemonilo

Lemonilo adalah brand bahan makanan healthy lifestyle ecosystem yang memiliki berbagai pilihan produk alami dan terjangkau serta seratus persen terbebas dari bahan sistetis berbahaya. Bermitra dengan UKM seluruh Indonesia, Lemonilo diroduksi untuk membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih bahagia dan produktif dalam menjalankan pola hidup sehat yang mudah dan terjangkau. Menggabungkan kemajuan teknologi dan sumber daya UKM yang ada, Lemonilo hadir dengan berbagai jenis produk seperti mie goreng, Mie Kuah Instan, Bumbu rempah, Bumbu Instans, hingga minyak VCO yang alami dan sehat. Untuk kali ini saya ingin berbagi resep olahan dengan menggunakan Mie goreng Lemonilo.

Berbeda dengan mie goreng instan lainnya, Mie Goreng Lemonilo dibuat dengan menggunakan oven untuk membuat mie menjadi lebih kering, kaku, dan awet. Mie goreng Lemonilo juga terbuat dari bahan-bahan alami, tanpa bahan pewarna dan pengawet, tanpa MSG tambahan, serta lebih rendah gluten. Sehingga didapati mie goreng alami yang aman untuk tubuh karena kaya akan kandungan nutrisi alama serta 0% trans fat atau lemak trans yang mana warna hijau pada mie diambil dari sari bayam.

Menggunakan bahan alami, mie Lemonilo memiliki periode kadaluarsa yang lebih singkat dari mie instan biasa. Mie goreng Lemonilo terbuat dari kandungan bahan seperti: tepung mocaf atau tapioka, tepung terigu, bayam organik, garam, air, dengan bumbu-bumbu, kaldu ayam alami, saus cabai alami, bubuk cabai, bawang merah, kecap manis, dam minyak nabati. Untuk lebih lengkap kandungan yang ada di dalam Mie goreng Lemonilo cek di tabel berikut ya.

Nutrition FactsKandungan
Takaran Saji77 gr
Energi Total283 kkal
Energi dari Lemak36 kkal
Lemak Total4 gr
Lemak Jenuh2 gr
Lemak Trans0 gr
Kolesterol0 mg
Natrium596 mg
Karbohidrat Total54 gr
Serat Pangan3 gr
Gula5 gr
Protein7 gr
Vitamin D0%
Zat Besi0%
Kalsium4%

Baca juga5 Bakmi Enak di Jakarta Ini Dapat Mempersatukan Perbedaan

mie lemonilo
Mie Goreng Lemonilo Udang Sambal Matah

Untuk campuran membuat mie goreng kali ini saya menggunakan udang besar yang ukurannya bebas (karena di pasar sudah siang jadi dapatnya yang kecil). Mengapa udang, nanti mie gorengnya jadi tidak sehat lagi? Jika itu yang ada dipikiran, hal tersebut tergantung bagaimana kamu mengolah udang sebelum dimasak.

Untuk mengolah udang agar kadar kolesterolnya tidak mengganggu kesehatan sebaiknya masak udang dengan cara direbus, kemudian bumbui dengan bawang putih, rempah, atau jus lemon. Hindari memasak dengan menggoreng, menumis dengan mentega atau minyak apalagi mencampurnya dengan krim. Jika ingin menumis usahakan menggunakan minyak yang sehat seperti minyak VCO Lemonilo.

Sebelum memasak berikut bahan-bahan yang harus disiapkan, Mie Goreng Lemonilo, udang yang telah direbus dan bumbui, bahan-bahan sambah matah seperti cabai setan, serai yang diambil putihnya, bawang merah, daun jeruk, dan terasi.

Cara membuatnya sangat mudah:

  • Rebus mie dalam 400 cc atau 2 gelas air mendidih selama 5 menit, sambil diaduk. Proses memasak lebih lama dari mie instan biasa karena Mie goreng Lemonilo tidak melalui proses penggorengan (menggunakan oven). Tiriskan

  • Campur semua bahan sambal matah yang telah dipotong halus lalu dipanaskan dengan sedikit minyak VCO yang telah diberi terasi di dalamnya

  • Siapkan bumbu yang ada di dalam mie ke dalam piring. Campurkan mie dengan bumbu dan udang di dalam piring, aduk hingga merata. Terakhir beri sambal matah di atasnya. Mie Goreng Lemonilo Udang Sambal Matah pun siap dinikmati

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.