Review Buku Millennial Power: Menuju Sukses dengan Cara yang Masuk Akal

millenial power

NININMENULIS.COM – Millennial Power. Buku baru keluaran Bhuana Ilmu Populer (BIP) dari Gramedia Grup ini baru saja di launching pada Sabtu (8/2) bertempat di Toko Buku Gramedia Matraman Jakarta Timur. Menariknya dari buku Millennial Power yakni buku ini ditulis oleh dua orang yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita, Deddy Corbuzier dan Erik Ten Have. Deddy Corbuzier menulis buku, apa isinya? Penasarankan? Sama. Itu yang ada di pikiran aku saat ke launching buku Millennial Power, ditambah lagi dengan adanya mini talkshow Rahasia Menjadi Kaya. Nah nah nah, bertambah penasaran pastinya.

Sebelum cerita apa isi buku Millennial Power, yuk kita cari tahu dulu sosok di balik buku Millennial Power, Deddy Corbuzier dan Erik Ten Have.

launching millenial power
Deddy Corbuzier dan Erik Ten Have di Launching Buku Millenial Power

Siapa yang tidak mengenal sosok Deddy Corbuzier? Rasanya tidak mungkin ada yang tidak mengenal sosok Deddy Corbuzier. Tayangan talkshow Hitam Putih yang dipandunya di salah satu TV swasta masih eksis hingga kini. Jauh sebelum menjadi presenter, Deddy Corbuzier lebih dulu dikenal sebagai mentalis profesional hingga akhirnya menjadi youtuber. Sosok berperawakan kekar dengan kepala plontos ini juga ayah dari seorang anak, Azka Corbuzier.

Sosok penulis kedua yang tidak kalah multi talentanya dengan Deddy Corbuzier yakni Erik Ten Have. Erik Ten Have seorang bule asal Belanda yang datang ke Indonesia saat 1997. Di Indonesia, Erik Ten Have sukses membangun berbagai bisnis IT dan telekomunikasi, sekarang Erik Ten Have juga sebagai investor properti. Ada yang sama di keduanya, sama-sama memiliki passion dan sukses dengan passionnya masing-masing. Kesuksesannya inilah yang ingin ditularkan Deddy Corbuzier dan Erik Ten Have dalam buku Millenial Power, Rahasia Millennial Kaya dan Mandiri.

Baca jugaReview Buku TIGA MACAN SAFARI: KISAH SIRKUS NGAMEN SEBELUM PERMANEN

Bukan Deddy Corbuzier namanya jika tidak ‘mewarnai’ cover buku Millennial Power dengan warna hitam yang selalu identik di setiap penampilannya – Deddy pun pernah mewarnai rumahnya dengan warna hitam. Sentuhan merah di font memberi rasa yang berani dan misterius, itulah kesan pertama melihat cover buku Millennial Power. Seperti yang Deddy Corbuzier katakan di launching bukunya, meskipun menyandang nama millennial sesungguhnya buku ini tidak terbatas hanya untuk satu generasi. Buku Millennial Power ditujukan untuk semua generasi yang ingin menggapai mimpinya untuk sukses, kaya, dan mandiri – mungkin kamu salah satunya.

Semakin disimak, buku Millennial Power tidak ‘semisterius’ desain covernya karena jika membaca apa yang ada di back cover, kita sudah mengetahui sekitar 40 persen apa isi yang akan dipaparkan di dalam. Di back cover tertuliskan bahwa buku Millennial Power akan menuntun pembaca menemukan kesuksesannya dengan cara yang masuk akal. MASUK AKAL – dua kata panduan yang akan ‘membimbing’ kita memasuki alam kesuksesan Deddy Corbuzier dan Erik Ten Have. Setidaknya ada 7 poin utama berpikir masuk akal yang coba disuguhkan di buku Millennial Power yakni:

  • Bagaimana menemukan passion-mu

  • Apa arti sukses sebenarnya bagi diri kamu sendiri

  • Bagaimana cara meyakinkan orang tua akan mimpimu

  • Rahasia untuk menjadi sukses dan kaya raya

  • Bagaimana menghilangkan rasa malas dan bosan

  • Cara memanfaatkan waktu untuk mencapai mimpi kamu

  • Bagaimana cara membuat rencana hidup

Apa isi dari buku Millennial Power? Di buku setebal 195 halaman ini, kita disuguhkan 9 bab, (1) Sekolah, penting ya? (2) Bagaimana cara menghadapi orangtuamu? (3) Kita tidaklah sempurna (4) Passion (5) Apa itu sukses? (6) Hal-hal yang harus kamu lakukan sekarang (7) I don’t have time to follow my passion (8) Kebiasaan dan pemikiran orang sukses (9) Membuat rencana hidup.

Masing-masing bab di dalam buku Millennial Power berisikan kiat menghadapi masalah mencapai sukses yang disajikan dalam tulisan ringkas dan bahasa yang mudah dipahami. Masalah-masalah ringan yang kerap terjadi seperti perbedaan pandangan sukses di mata orang tua, mengatasi rasa malas juga bosan, hingga bagaimana menemukan dan sukses dengan passion yang kita pilih. Semua dijabarkan dengan pola berpikir yang logis. Yuk kita bahas setiap babnya!

Baca jugaBedah Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat: Cuek Ala Mark Manson

review millenial power
Mini Talkshow Rahasia Menjadi Kaya

“School teaches you to be a follower not a leader, because the real leaders of this world: powerful politicians and businessmen who do not want too much competition” That’s the point in Bab 1 Sekolah Penting Ya? SEKOLAH PENTING, dengan pasti dikatakan di dalam buku Millennial Power. Tetapi yang patut diingat prestasi yang didapat di sekolah bukanlah satu-satunya jaminan meraih sukses. Regulasi dan masalah sistem pendidikan menjadi salah satu kendala yang harus disiasati dengan cara MENCARI POTENSI DI DALAM DIRI dengan melakukan hal-hal disenangi.

Bab 2 Bagaimana Cara Menghadapi Orangtuamu, menjadi permasalahan yang paling sering diungkap semua orang dan buku Millenial Power memberikan solusi masuk akal bahwa sejatinya “orang tua akan selalu memberikan saran-saran yang membuat kehidupanmu nyaman nantinya. Mengapa begitu? Karena mereka tidak ingin membuat hidupmu susah.” Dan bila kamu mau berkompromi lalu MENEMUKAN PASSION yang disukai dan sukses, orang tua pun pada akhirnya ikut bahagia.

“Orang-orang yang pada akhirnya sukses, tidak menjadikan ketidaksempurnaan sebagai sebuah alasan. Mereka justru menjadikannya bahan bakar yang mendidihkan adreanalin demi meraih kesuksesan.” Itu salah satu penggalan quote yang ada di Bab 3 Kita Tidaklah Sempurna. Bab ini juga mengupas kesuksesan yang diraih dari tokoh-tokoh terkenal seperti Oprah Winfrey dan Ingvar Kamprad yang berkat KERJA KERAS, KETEKUNAN, dan SIKAP PANTANG MENYERAH mampu menaklukan kekurangan yang dimiliki menjadi kesuksesan.

Bab 4 Passion. Ini bab yang paling menarik, tengok saja salah satu quote yang ada di bab ini. “Passion yang tidak menghasilkan uang disebut dengan hobi.” Nah loh, lalu bagaimana cara menemukan passion dan menghasilkan uang dari sana? Menurut buku Millenial Power, kamu harus memiliki MARKETING SKILL, sehingga saat kamu menemukan passion-mu dan ‘menjualnya’ hingga menghasilkan profit, itulah kunci menuju kesuksesan.

Goal dari buku ini adalah ‘sukses’, di Bab 5 Apa Itu Sukses? semua itu dibahas. “Sukses bukanlah akhir atau tujuan dari perjalanan yang dilalui, tetapi adalah keindahan yang selalu menghiasi rasa hati sepanjanng proses perjalanan yang dilalui.” Jadi jelaskan sukses itu apa? Ya, PERJALANAN MENGEJAR MIMPI dan menaklukan rasa malas juga bosan itulah kesuksesan. Bagaimana caranya?

Baca jugaReview Buku: 3 Buku Wisata Bali

Di Bab 6 Hal-hal yang Harus Kamu Lakukan Sekarang semua perjalanan itu dimulai satu demi satu. “Sukses adalah dimana persiapan dan kesempatan bertemu” Membangun karir sukses memiliki rumus yang simpel; KERJAKAN apa yang kamu cintai, CINTAI apa yang kamu kerjakan, kemudian TUNJUKAN siapa diri kamu ke dunia. Mudah? Tenang saja, di dalam buku Millennial Power, kamu akan diberikan tahapan untuk dapat melakukan semua rumusan itu.

“Sukses itu dibangun, bukan ditunggu” Jleb bangetkan quote yang ada di Bab 7 I Don’t Have Time to Follow My Passion. Jangan menunggu kamu siap baru take action, tetapi take action-lah agar siap, caranya dengan JANGAN MENGANDALKAN MOOD yang sangat fana dan tidak terlihat seperti itu dan keluar dari jebakan kesibukan dengan MEMANFAATKAN WAKTU sebaik mungkin. Di bab 7 inilah bagaimana kamu memaksimalkan waktu agar tidak terbuang sia-sia dibahas tuntas.

“Semua bermuara pada pola pikir, sekali kamu berhasil mengatasinya, kamu akan dekat dengan kesuksesan” quote di Bab 8 Kebiasaan dan Pemikiran Orang Sukses yang harus kamu miliki mulai sekarang. Mengatur pola berpikir untuk MENEMUKAN KESEMPATAN dan menunjukkan bahwa KAMU BERBEDA merupakan hal yang harus ditanamkan untuk mendapatkan banyak peluang sukses. Ternyata banyak pola berpikir yang harus dimiliki mulai dari berhemat hingga lebih banyak memberi sebelum menerima, akan dikupas tuntas di bab ini.

Bagian terakhir yang tidak kalah penting ada di Bab 9 Membuat Rencana Hidup. “Hidup adalah kapalmu sendiri. Pastikan kamu adalah nahkodanya, bukan orang lain” Dalam bab ini buku Millenial Power ini dikatakan bila kamu memiliki tujuan hidup yang jelas dan memiliki dorongan kuat untuk menggapainya, meskipun harus gagal berkali-kali, kamu akan BANGKIT LAGI. Jangan khawatir kesulitan untuk membuat rencana hidup, karena di setiap bab dan akhir buku terdapat panduan juga agenda yang harus kamu jawab untuk sukses menggapai passion-mu.

Selain dilengkapi dengan kisah-kisah inspiratif dari para tokoh terkenal, buku Millennial Power juga dilengkapi dengan quote menarik dan video yang barcode-nya tersedia di akhir bab. Ready for success now?

Info lebih lengkap tentang Millenial Power, klik saja www.millennialpower.id

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.