Resep Kue Sagu Keju Favorit Ala NininMenulis

resep kue kering

NININMENULIS.COM – Lebaran sebentar lagi, dan aku ditanya tradisi kue lebaran apa yang khas di rumah? Jujur, aku terlahir dari keluarga yang tidak ada patokan harus ada makanan apa di hari raya Idul Fitri. Kami pernah membuat beragam kue-kue kering dan tradisonal, namun tidak ada satu pun yang ‘wajib’ ada, bahkan merayakan lebaran tanpa kue dan makanan khas lebaran pun pernah juga aku rasakan. Saat mendapati tema BPN 30 Day Blog Challenge mengenai Menu Lebaran Khas Daerah Masing-masing, aku bingun mau nulis apa. Setelah berpikir panjang, ada satu kue yang selalu ada karena disukai Mama, meskipun itu bukan menu khas daerah.

Kue Sagu Keju. Yup kue kering ini selalu ada saat lebaran. Kue Sagu Keju ini adalah kue kesukaan Mama, jadi rasanya bahagia bila dapat menyajikan makanan yang Mama sukai. Untuk membuat Kue Sagu Keju, aku harus bongkar resep berkali-kali, mulai dari yang hasilnya gagal, berhasil, gagal lagi, berhasil banget, dan begitu seterusnya. Loh kenapa bisa begitu? Karena saat membuat Kue Sagu Keju yang enak dan sukses, tahun depannya saat akan membuatnya lagi aku selalu menghilangkan resep yang sudah dibuat. Alhasil setiap membuat Kue Sagu Keju, rasa yang didapat tidak pernah sama karena ada beberapa bahan yang berbeda takaran. Meskipun tetap enak, namun aku selalu mencari takaran yang pas.

Sebelum saya tulis resep dan cara membuat Kue Sagu Keju yang renyah dan keju banget, kita cari tahu dulu yuks asal mula Kue Sagu Keju hingga kehadirannya selalu di nanti setiap hari raya. Kue Sagu Keju merupakan kue khas Betawi yang banyak diminati setiap menyambut hari raya lebaran dan hari perayaan besar. Bukan hanya itu bahkan para pria atau kaum bapak-bapak juga menyukainya karena rasanya yang lembut juga renyah dan yang pasti bentuknya yang cantik menyerupai bunga.

Baca juga: Resep Pisang Goreng Keju

Kue Sagu Keju bukan hanya ada di hari-hari perayaan besar, tetapi juga kadang dijadikan sebagai cemilan santai karena memiliki rasa yang lembut, renyah, dan setelah digigit langsung lumer. Kue Sagu Keju ini selain cantik bentuknya, aroma kejunya juga terasa sehingga membuat ketagihan, apalagi bagi yang pecinta keju, inilah resep Kue Sagu Keju yang biasa aku buat.

Bahan-bahan Kue Sagu Keju:
400 gr tepung sagu yang telah disangrai dengan daun pandan biar harum
2 butir kuning telur
2 sdm tepung maizena
2 sdm susu bubuk
200 gr keju edam
250 gr roombutter
50 gr margarin

Cara membuat Kue Sagu Keju:

  • Masukan dan aduk kuning telur, margarin, butter dengan menggunakan wisk. Setelah tercampur masukan keju edam, susu bubuk, dan tepung maizena. Bila sudah tercampur rata, terakhir masukan tepung sagu hingga adonan tidak lengket dan dapat dibentuk.

  • Setelah itu ambil sedikit adonan dan cetak di atas loyang yang telah diolesi mentega dan tepung terigu biar tidak lengket saat di oven. Cetak berbentuk bunga, dan atasnya dapat diberi hiasan ataupun dibiarkan polos. Kue Sagu Keju pun siap untuk dipanggang. Setelah matang keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum ditata dalam toples. Mudahkan cara membuat Kue Sagu Keju nya? Anti gagal dan dijamin endolita. Happy cooking!

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.