Moment yang Dirindukan Saat Lebaran

moment saat lebaran

NININMENULIS.COM – Puasa dan lebaran tahun ini memang berbeda karena kita melewatinya di tengah pandemi COVID-19 yang merebak di seluruh negara. Tidak mudah menjalani masa pandemi ini, selalu ada hal-hal rutin yang kita rindukan. Begitu juga dengan lebaran tahun ini yang sudah tentu ada aktivitas-aktivitas yang tidak bisa dilakukan seperti lebaran biasanya. Tetapi moment-moment saat lebaran selalu dirindukan meskipun tidak seluruhnya dapat kita rasakan di tahun ini. Pada BPN 30 Blog Challenge kali ini aku mau menulis beberapa moment yang dirindukan saat lebaran datang. Apa saja itu?

  • Mudik

    Mudik adalah perjalanan kembali ke kampung halaman yang sudah lama ditinggalkan. Pastinya momen ini sangat dinantikan saat lebaran tiba, yang berada di perantauan pasti akan memanfaatkan momen lebaran bersama keluarga. Meskipun harus berlama-lama di jalan sensasinya selalu menyenangkan karena membayangkan segera berkumpul dengan keluarga.

  • Ketupat Sayur

    Biasanya sepulang shalat Idul Fitri menu pertama yang akan disantap adalah ketupat sayur. Ketupat sayur adalah makanan khas lebaran yang harus ada. Makan ketupat sayur akan semakin nikmat terlebih lagi jika dipadukan dengan rendang.

Baca juga: Lebaran dengan Kerupuk Kembang Ros

  • Bagi- bagi THR

    Momen ini yang sangat dinantikan mulai dari anak kecil sampai dewasa. Momen bagi-bagi THR ini dilakukan hampir seluruh keluarga muslim ketika lebaran tiba.

  • Berkumpul dengan keluarga besar

    Inilah yang membuat beda ketika lebaran karena tidak peduli perbedaan pulau atau daerah. Selama masih bisa dijangkau untuk berkumpul maka akan berkumpul, sampai dibela-belain apapun itu. Dan biasanya tempat berkumpul keluarga besar adalah di tempat yang masih ada kakek atau nenek atau keluarga yang paling tua.

  • Takbiran

    Momen yang dirindukan dengan menggema takbiran yang pasti dilakukan pada malam sebelum shalat Idul Fitri dilakukan. Kemeriahan dari malam takbiran sebagai salah satu wujud syukur unuk menyambut hari raya Idul Fitri.

  • Baju lebaran

    Baju lebaran karena kebiasaan yang sudah ada membuat orang harus memilikinya. Sebenarnya itu hanya identik setelah beberapa hari puasa, bisa jadi itu merupakan sebagai hadiah setelah menikmati ibadah di bulan suci.

  • Ziarah Keluarga

    Ini menjadi momen yang tidak akan pernah lupa dilakukan saat lebaran. Ziarah di makam Bapak menjadi tradisi empat tahun ini. Sepertinya tahun ini tradisi ini harus kepending dulu karena adanya anjuran PSBB.

  • Kue Kering

    Kue kering juga yang dikangenin saat lebaran. Aneka kue yang enak, seperti nastar, putri salju, sagu keju, dan masih banyak lagi.

  • Halal bi halal

    Biasanya halal bi halal yang menjadi tradisi sampai saat ini diisi dengan cara open house dan ramah tamah kemudian saling memafkan dari mulai keluarga sampai ke tetangga.

Ternyata banyak ya moment lebaran yang dirindukan. Tetapi tahun ini kita tidak bisa merasakan semua hal tersebut, jadi kita sama-sama berdoa saja semoga diberi usia untuk merayakan lebaran di tahun depan dalam kondisi yang lebih baik dan lebih sehat dari saat ini. Amin.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.