Terbaru di Museum Macan Hadir 17 November 2018

NININMENULIS.COM – Sukses dengan pameran terdahulunya Seni Berubah, Dunia Berubah dan Yayoi Kusama: Life is The Heart of Rainbow, mulai 17 November 2018 hingga 10 Maret 2018, Museum Macan akan menampilkan tiga seniman ternama Asia, Arahmaiani ( Indonesia), Lee Mingwei (Taiwan/Amerika), dan On Kawara (Jepang, 1932-2014). Rencananya pameran ini akan dibuka pada November 2018 bertepatan dengan ulang tahun Museum Macan yang pertama.

Tiga seniman Asia ini akan menampilkan serangkaian karya seni visual instalasi interaktif serta performans sekaligus menyatakan sikap Museum Macan sebagai institusi seni regional yang konsisten menampilkan program edukatif sekaligusmeningkatkan apresiasi terhadap seni konseptual sebagai salah satu ekspresi seni kontemporer.

Arahmaiani, seorang senimman, penulis, aktivis yang berkarya lewat berbagai medium termasuk lukisan, seni performis, istalasi, serta puisi. Banyak karyanya bermuatan politik, ekonomi, dan lingkungan menyarakan isu local maupun global. Dalam pameran Masa Lalu Belumlah Berlalu, pengunjung dapat menikmati lebih dari 70 karya sang seniman yang diciptakan mulai 1980-an hingga kini, serta pembentukannya sebagai seniman. Pameran ini memberi gambaran tentang bagaimana kekayaan Arahmaiani, salah satu seniman perempuan Indonesia yang penting namun cenderung dilupakan sejarah Indonesia.

Lee Mingwei dalam pameran kali ini akan menggelar Seven Stories yang merujuk pada tujuh karya konseptual yang akan ditampilkan, Guernica in Sand (2006-kini), The Mending Project (2009), Sonic Blossom (2010-kini), Our Labyrnth (2015-kini), The Letter-Writing Project (1998), The Dining Project (1997-kini), Between Going and Staying (2007).

On Kawara, selain kedua seniman di atas, dalam pameran ini juga akan menampilkan karya On Kawara berjudul One Million Years (1993-kini) untuk pertama kalinya di Indonesia. Sesuai judulnya Pemran ini melibatkan dua orang, laki-laki dan perempuan untuk membacakan nama tahun yang terbagi dalam dua bagian, One Million Years (past) dan One Million Years (future).

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply