5 Restoran di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

 

d7

Tema Hari ke-7 BPN 30 Days Blog Challenge ini sangat saya sukai, mungkin karena saya suka makan. Setelah ‘buka-bukaan’ di Hari ke-1 hingga Hari-6 lalu, sekarang buka-bukaannya tidak terlalu vulgar. Tinggal membuka-buka lagi foto menu makanan dari restoran yang pernah dicicipi dari arsip yang pernah diposting di sosial media (nah, ternyata menyimpan file salah satu keuntungan posting di sosial media yang belum saya ungkap di Hari ke-5).

Mengunjungi sebuah restoran terbaru dan mencicipi menu-menu yang disajikan merupakan kenikmatan tersendiri saat menjadi jurnalis. Dengan ‘alasan’ liputan, kita kerap berkunjung atau diundang pihak resto yang ingin mempublikasikan menu terbaik dan suasana nyaman dari resto yang mereka miliki. Ini 5 resto yang akan saya kunjungi lagi di luar aktivitas liputan karena menu dan suasananya yang enak.

 

Day-7 BPN 30 Days Blog Challenge

Kitte

Lokasinya bagian dari Sofia at Gunawarman Jakarta Selatan. Karena dibuka untuk umum lebih dulu, Sofia at Gunawarman lebih dikenal masyarakat luas katimbang hotelnya sendiri. Suasana di dalamnya sangat cozy dengan berbagai benda-benda seni koleksi pribadi sang pemilik hotel. Nuansa biru dan coklat sangat dominan dengan berbagai pilihan duduk. Dan Kitte memiliki area paling depan dari seluruh area Sofia at Gunawarman.

Bagi Anda penyuka dessert, semua yang disajikan di Kitte sangat mengundang selera dan wajib dicoba. Mulai dari pastry, cake, crocombuche, aneka coklat, dan lain sebagainya, semuanya memiliki citarasa yang pas di lidah. Saat mencicipi pastry, renyahnya kulit luar yang dipadukan cita rasa yang lembut akan membuat orang ingin mencicipi lagi dan lagi. Belum lagi cake dan coklat yang tersedia di sini. bagi Anda yang tidak terlalu menyukai hidangan yang terlalu manis akan terasa sangat pas. Duh, menulisnya saja bikin saya ngeces. Saya bukan pecinta dessert, tapi percayalah saat ke Kitte, we all love dessert. Oiya, di sini kopi dan teh nya juga rekomen.

Alamat: Kitte, Sofia at Gunawarman, Jalan Gunawarman no.3 Selong Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Kedai Sirih Merah

Jika bukan karena undangan dari pihak resto, mungkin saya tidak akan mengetahui restoran ini. Lokasinya berada di sekitar area perkantoran Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Bahkan kata salah satu pegawainya, resto ini menjadi tempat favorit karyawan Bank Indonesia makan. Untuk kategori masakan peranakan, Kedai Sirih Merah sangat saya favoritkan. Kedai Sirih Merah memiliki banyak beragam pilihan menu bahkan ratusan, berhubung bahan-bahan yang digunakan seasonal jadi Kedai Sirih Merah selalu mengganti menunya setiap beberapa minggu atau bulan. Itulah yang membuat pengunjung tidak pernah bosan bersantap di sini. Satu konsep dengan menunya, Kedai Sirih Merah memiliki tampilan resto ala jaman dulu, mulai dari depan hingga pemilihan furnitur, dekorasi, hingga pemilihan lagu di dalamnya.

Beberapa menu peranakan yang saya rekomendasikan yakni Kepiting Soka Saus Mangga, Sop Iga, dan Tahu Isi-nya yang lembut dan nikmat. Bagi yang suka hidangan bercitarasa pedas asam, Kepiting Soka Saus Mangga harus dicoba. Bila Anda tidak menyukai kepiting, dapat diganti ikan atau ayam. Jika sudah makan Kepiting Soka Saus Mangga, percayalah sepiring pun tak akan pernah cukup

Alamat: Jalan Kebon Sirih 1 no.5 Tanah Abang Jakarta Selatan

1953 Restaurant Indonesien

Mengapa 1953 Restaurant Indonesien yang saya rekomendasikan? Karena di sini hidangan lokal Indonesia disajikan mewah dengan citarasa internasional tanpa menghilangkan keotentikanya. Tidak hanya rasanya, porsi yang dihidangkan pun khas Indonesia, porsi besar. Dijamin siapapun yang berkunjung kemari akan pulang dengan perut kenyang. Menu-menu seperti sate, soto, nasi goreng, nasi kuning, dan lain sebagainya mungkin sudah tidak asing bagi kita, dan di 1953 Restaurant Indonesien semuanya tersaji nikmat di dalam restoran yang desain interiornya juga cantik untuk berfoto. Coba lah menu aneka sate yang ada di 1953 Restaurant Indonesien. Berbagai jenis sate yang biasanya disajikan sendiri-sendiri, kali ini bertemu di satu piring. Mulai dari sate ayam, sate lilit, dan sate maranggi disajikan dengan masing-masing topping sausnya berikut pilihan lontong dan nasi untuk teman makan. Atau Anda ingin mencicipi nasi kuning yang dipadukan dengan ribs? Wah pokoknya Indonesia sekali.

Alamat: Jalan Panglima Polim IX no.93 Melawai Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Patio Trattoria & Pizzeria

Berkenalan dengan tempat-tempat peristirahatan yang dimiliki grup Plataran sudah lebih dulu daripada berkenalan dengan restorannya. Patio adalah satu dari restoran lain yang dimiliki grup Plataran selain Plataran Dharmawangsa dan Plataran Menteng. Menggunakan Dari namanya Patio Trattoria & Pizzeria, kita sudah tahu apa yang menjadi andalan dari resto ini. Hidangan dan menu-menu Eropa bagi saya terasa otentik seperti menikmati langsung di negaranya. Jika ke sini jangan lupa untuk mencicipi pizzanya yang langsung dibakar di dalam tungku open kitchen. Setiap harinya Patio Trattoria & Pizzeria memiliki menu berbeda khusus untuk pizzanya. Pizzanya sangat tipis sehingga kita dapat menikmati setiap detil dari toping yang tersaji di atasnya. Beberapa menu lain khas Eropa juga dapat dinikmati dalam suasana resto yang ditata khas grup Plataran yang homey layaknya makan di rumah.

Alamat: Jalan Wijaya 13 no.45 Melawai Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Ala Chef

Mungkin yang terakhir ini bukan resto. Ini merupakan kenikmatan yang saya rasakan saat menjadi jurnalis dan menikmati sajian yang dimasak langsung oleh sang chef. Mengapa ini saya tulis? Karena menikmati langung menu yang dibuat langsung dari para chef terkemuka tentu menjadi kebanggaan dan kenikmatan yang jarang dijumpai. Mulai dari chef bintang lima hingga celebrity chef pernah ‘memasak’ untuk saya. Salah satu chef yang juga artis dan ‘memasak’ untuk saya yakni Nicky Tirta. Sudah pasti bangga dong dimasakin selebriti top tanah air di rumahnya. Saat itu Nicky membuatkan menu yang sederhana dan mudah diaplikasikan di rumah yakni sate donat dan kue sus. Wuaahh Mas Nicky kapan lagi masak buat saya?

12 Comments Add yours

  1. langsung ngiler. enak-enak banget kelihatannyaa.. >.<

    Liked by 1 person

    1. Aku aj yg nulis ngeces jg hehehe…

      Like

  2. Langsung masuk list!!! Biasanya klo nemu tempat makan unik2 aku suka ragu gitu masuknya.. TT kalau udah liat reviewnya baru deh berani..

    Liked by 1 person

    1. Siiipp… Hrs dicobain mbaa….

      Like

  3. Ewafebri says:

    Kayaknya saya salah bertandang kemari pas lagi laper-lapernya, ngeliat ulasan kepiting soka saus mangga langsung ngiler, dan perih perut. Minta makan. Huhuhu.

    Liked by 1 person

    1. Hahahaha…. Asem2 pedesnya itu suegeerr bgt….

      Like

  4. Dyah says:

    Foto-fotonya menggoda banget.jadi laper nih.

    Liked by 1 person

    1. Hihihihi…. Thank you mbaa

      Like

  5. janicedirga says:

    Baruu tau Nicky Tirta skrg chef hahahaha
    Btw cakep2 ya rekomendasi resto nya, lumayan nambah wishlist buat hangout weekend ini..pas abis gajian bgt kan 😂

    Liked by 1 person

    1. Hahaha… Iya mbak, Nicky tirta sih nyebut dirinya home chef

      Like

  6. Menggiurkan sekali mbaa, aku gak pernah nyobain semuanya, kayaknya muahaal ya mba 😆
    Salam kenal mbaa

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.