10 Lagu Savasana yang Ada di Playlist

BPN 30 Days Blog Challenge

Tema 10 Lagu yang Ada di Playlist, tema BPN 30 Days Blog Challenge di hari-19 ini. Untuk urusan musik saya terbilang random, mulai dari rock hingga pop, musik 80 hingga yang terkini semua saya dengarkan. Sejak enam bulan terakhir ada yang berbeda di playlist saya. Di playlist bertambah dua ketegori lagu, yoga exercise dan savasana. Mengapa kedua kategori ini penting? Karena saya sempat diprotes member yoga yang saya pandu tanpa menggunakan musik hahahaha…… Padahal sih saat itu bukan tidak punya playlist lagu tetapi saya tidak bisa menggunakan perangkat audio yang tersedia.

BPN 30 Days Blog Challenge

Melakukan yoga sejatinya tidak menggunakan musik. Setidaknya begitu saya diajarkan. Karena perkembangan jaman dan agar dapat diterima di semua kalangan hadirlah berbagai genre musik yoga. Seperti yang kita ketahui musik merupakan bahasa bahasa universal yang paling dimengerti masyarakat di dunia ini, dan untuk itulah musik menjadi penting dalam berlatih yoga. Saat berlatih yoga terdapat momen di mana hanya telinga saja yang bekerja, tanpa bagian tubuh lainnya, yakni saat savasana. Savasana yang bila dibahasakan menjadi pose orang mati ini menjadi bagian penting di setiap akhir berlatih yoga. Biasanya di sini yogis dalam posisi tiduran, diam, tidak bergerak, dan mencoba mengembalikan fokus dan pikirannya. Tidak jarang banyak yogis yang tertidur di sini.

Melakukan savasana dengan iringan musik bermanfaat untuk mengurangi stress, membangun mood baik, dan membuat tubuh lebih relaks setelah lelah berlatih yoga. Stimulasi musik yang menenangkan dalam savasana akan membuat tubuh melepaskan hormone dopamine, yakni hormon yang dapat menimbulkan perasaan senang sehingga tubuh menjadi santai.

Saat-saat seperti ini tentu tidak akan nyaman, relaks, dan santai bila musik yang mengiringinya terlalu keras dan menghentak-hentak, karena itu musik di momen ini saya pisahkan. Musik-musik untuk savasana saya ambil dari track 10 atau track terakhir dari kelas body balance Les Mills yang saya kumpulkan – dalam playlist jumlahnya lebih dari 10 lagu, di antaranya:

  1. Angels of Victory – Aeoliah

  2. Falling – Alesso

  3. Fatamorgana – Arli

  4. Bread of Angels – Stanton Lanier

  5. Delerium – Myth

  6. Gracious – Ben Howard

  7. As She Passes – Levi Patel

  8. Monday – Matt Corby

  9. Sileo – Rhian Sheehan

  10. Breathe – Stanton Lanier

 

3 Comments Add yours

  1. Kyaaa aku ga ada yg kenal sama lagu2nya mbakk
    Kalau alesso baru nggehhh hheee
    Cuma yg judul itu blum pernah dngerin hehhee
    TFs yahh mbak ^_^

    Liked by 1 person

    1. NininMenulis says:

      Hehehehe… Iya u relaksasi jadi lbh musik krn klo byk lirik takut kebawa ke alam bawah sadar…

      Like

  2. deadyrizky says:

    Welehhh artistnya gak ada yang kenal euy

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.