5 Benefits Surya Namaskara untuk Menurunkan Berat Badan

5 benefit surya namaskara

NININMENULIS.COM – Bagi kamu yang pernah atau biasa melakukan yoga pasti sering mendengar instruktur menyebut kalimat surya namaskara atau sun salutation dalam salah satu gerakan yoga. Tetapi apakah kamu tahu apa itu surya namaskara atau sun salutation itu?

Surya namaskara adalah satu rangkaian gerakan atau pose yoga yang dilatih menjadi satu kesatuan yang dilakukan secara mengalir dan dilakukan dengan menggunakan teknik bernafas yang benar. Bila dilakukan secara rutin, surya namaskara ini akan membuat tubuh kamu menjadi lebih segar, sehat, kuat, meningkatkan fleksibilitas tubuhn, bahkan dapat menurunkan berat badan. Tuh senangkan dengan sesuatu yang berbau turun berat badan.

Yess, surya namaskara biasanya di taruh di depan atau tengah dalam satu rangkaian gerakan yoga. Lalu apakah surya namaskara bisa dipraktekan tersendiri? Ya tentu bisa dong. Karena merupakan satu rangkaian gerakan, surya namaskara dapat khusus dilakukan tersendiri. Saya ingat pertanyaan yang saya ajukan saat pertama kali yoga, “kalau ingin latihan sendiri di rumah, gerakan apa yang direkomendasi?” “Surya Namaskara.” Begitu jawaban instruktur yoga saya saat ditanya.

yogado1
Foto: Yogado

Surya namaskara sebaiknya dilakukan di pagi hari saat perut masih dalam kondisi kosong, namun dapat juga dilakukan di malam hari. Untuk yang pertama kali yoga sebaiknya melakukan surya namaskar harus dalam pengawasan instruktur yoga, namun bagi kamu yang sudah terbiasa yoga dan hafal setiap gerakan yang benar dari surya namaskara dapat melakukannya sendiri di rumah.

Dalam melakukan surya namaskara tidak ada aturan tetap berapa kali rangkaian yang harus dilakukan, namun biasanya 5-10 putaran dalam satu latihan yang baik. Biasanya pada hari yoga internasional banyak yang melakukan surya namaskara atau sun salutation 108 kali. FYI untuk surya namaskara 108 saya pernah melakukannya selama 3 jam full tanpa minum, tanpa jeda atau keluar dari matras. Dan rasanya? Maknyuuss buat ngurusin badan hehehe…

Untuk mendapatkan benefit dari surya namaskar, kamu tidak perlu langsung melakukannya dalam waktu yang lama sekaligus. Karena surya namaskara yang dilakukan 20 menit secara rutin setiap hari tentu akan lebih baik daripada berlatih surya namaskara 90 menit tetapi hanya sebulan sekali. Surya namaskara memiliki 2 jenis rangkaian gerakan surya namaskara A dan surya namaskara B, untuk step by step nya nanti akan saya tulis terpisah ya, tungguin!

Baca jugaYin Yoga Saat Ngabuburit? Mengapa Tidak

Setelah mengenal apa itu surya namaskara berikut kapan waktu yang tept melakukannya, sekarang cari tahu yuks, benefit apa saja yang kita dapat dengan rutin melakukan surya namaskara. Berikut 5 benefit surya namaskara.

  • Surya namaskara bermanfaat untuk menyehatkan saluran kardiovaskuler. Ini dikarenakan dengan surya namaskara, tubuh akan bergerak lebih cepat dan akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan jantung. Surya namaskara akan menghubungkan antara gerakan tubuh, pernafasan, dan denyut jantung sehingga akan lebih efektif untuk membakar kalori.

  • Sebagian besar gerakan surya namaskara merupaka gerakan yang memerlukan latihan gerak otot yang tinggi dan memberikan efek penurunan berat badan yang ekstra karena juga membutuhkan banyak tenaga. Oleh karena itu, kamu akan juga sekaligus dilatih dalam kekuatan otot. sekaligus mengencangkan otot sehingga terlihat lebih ramping.

  • Melakukan surya namaskara akan bermanfaat untuk kesehatan pikiran dan mental serta alam bawah sadar kamu yang nantinya akan membuat perasaan rileks dan proses penurunan berat badan akan semakin efektif.

  • Surya namaskar juga merupakan rangkain gerakan olahraga yang sangat baik sebagai detoks alami tubuh. Dengan melakukan surya namaskar secara teratur akan menciptakan kenaikan suhu panas, yang kemudian akan membersihkan darah kotor dan membuang limbah dari dalam tubuh sehingga tubuh lebih ringan.

  • Dengan melatih tubuh dengan surya namaskar secara teratur, sudah tentu otot tubuh akan semakin lentur dan tubuh akan terasa ringan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Yuks mulai sekarang setiap pagi berlatih surya namaskara secara teratur biar badan sehat, kuat, lentur, dan tentu saja berat badan terkontrol.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

4 thoughts

  1. Aku biasanya pilates pakai tutorial di Youtube. Fokus di ngecilin perut.

    Tapi kalau Yoga kayaknya pingin minta arahan instruktur dulu. Supaya bisa sekalian rileks karena kalau ikut tutorial suka bingung senditi.

    Enak yaaa pagi pagi kayaknya gerakannya bikin lega gitu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.