Hidup Bersih Cara Ayurveda

#AksiSehatCeria

NININMENULIS.COM – Aku ingin menyapa teman-teman yang sedang social distancing saat ini, apa kabar semuanya? Semoga masih tetap konsisten untuk menjaga agar penyebaran COVID-19 tidak semakin meluas. Selain social distancing, anjuran hidup sehat juga kembali dihimbau, mulai dari memilih pola asupan yang sehat hingga ke hidup bersih seperti rajin mencuci tangan setelah dan sebelum beraktivitas. Tetapi hidup bersih tidak hanya sekadar mencuci tangan saja, banyak aktivitas hidup bersih yang patut dicanangkan bahkan kalau bisa menjadi suatu kebiasaan sehari-hari. Dari banyaknya cara hidup bersih yang dianjurkan, aku mau sharing sedikit bagaimana hidup bersih cara Ayurveda. Informasi ini aku dapat saat mengikuti Teacher Training 50 hours Malay Yoga. Thanks to my yoga teacher, Denny Kristianto dan Iin Margaretha Rivai.

Sebelum mengetahui bagaimana hidup bersih cara Ayurveda, kita berkenalan dulu apa itu ayurverda. Dari namanya, ayurveda terdiri dari ayu yang berarti hidup dan veda yang memiliki arti pengetahuan. Jadi dapat diartikan ayurveda yaitu pengetahuan untuk hidup yang lebih baik. Dalam ayurveda seseorang dapat sehat saat ketiga hal, pencernaan, jaringan atau komponen tubuh, dan saluran pembuangan dapat seimbang juga tertata dengan pikiran agar dapat berfungsi dengan baik atau disebut dengan Acharya Sushruta.

Dalam ayurveda, mencapai keseimbangan menjadi inti kesehatan. Sedangkan ketidakseimbangan akan menyebabkan penyakit. Tubuh dikatakan sehat jika fisik, sosial, dan mentalnya terjaga, bukan dilihat dari tidak adanya penyakit saja. Ayurveda berusaha untuk meningkatkan kesehatan dengan cara mencegahnya dengan salah satu yang biasa dilakukan sehari-hari yakni Dinacharya atau Terapi Harian untuk menjaga kesehatan sehari-hari. Secara umum terdapat 14 tahapan yang harus rutin dilakukan setiap pagi mulai saat kita membuka mata bangun tidur.

Baca jugaYin Yoga Saat Ngabuburit? Mengapa Tidak

  1. Bangun tidur

    Waktu yang tepat bangun tidur setengah hingga satu jam sebelum matahari terbit terutama saat Brahma Muhurta, atau saat bedug subuh. Dalam ayurveda, saat inilah waktu yang tepat untuk bermeditasi karena udara sangat ringan dan lembut. Bagi muslim dianjurkan untuk langsung melaksanakan sholat subuh.

  2. Buang air

    Biasakan selalu buang air kecil dan besar di waktu yang sama saat bangun tidur. Jangan sekali-kali menghindar, menahan, dan memaksa untuk buang air. Ini waktu yang tepat sistem pengeluaran bekerja dengan baik.

  3. Cuci muka

    Basuh muka dengan air bersih dingin, kecuali pada saat udara dingin sekali baru dapat menggunakan air hangat. Saat ini juga sekaligus mencuci kedua tangan dengan baik. Lakukan 6 tahap mencuci tangan yang dianjurkan pemerintah.

  4. Gosok gigi (Danta Dhawan)

    Pembersihan dimulai dari gigi. Lakukan setiap pagi dan setiap selesai makan. Gunakan sikat dan pasta gigi yang sealami mungkin dengan sedikit bahan kimia.

  5. Gosok lidah (Jihwa Nirlekhana)

    Kerok lidah berguna untuk membuang racun yang terkumpul di lidah. Bersihkan juga gusi dengan baik menggunakan jari dengan lembut agar tidak mencederai gusi.

  6. Bersih mulut (Gadhusa)

    Isi mulut dengan salah satu dari minyak wijen, madu, susu, atau herbal. Diamkan di dalam mulut hingga mata kita berair, baru kemudian dibuang.

  7. Kumur (Kawal)

    Berkumur dengan cairan yang mengesatkan mulut. Secara metode ayurveda disarankan menggunakan triphala, namun di era modern seperti sekarang bisa menggunakan cairan kumur yang natural dan tidak mengandung zat kimia.

  8. Tetes mata (Anjanam)

    Teteskan cairan pembersih mata ke dalam mata kanan lalu kiri untuk membersihkan mata dari kotoran yang keluar saat tidur. Membersihkan mata bisa dilakukan setiap kelelahan, marah, sakit kepala, dan lain sebagainya.

  9. Terapi uap (Dhuumapaana)

    Letakkan semangkuk air panas dan hidup uap panasnya sambil merasakan uap panas ke seluruh wajah. Apabila bisa, boleh dilakukan penguapan seluruh tubuh dengan steam.

  10. Tetes hidung (Nasyam)

    Gunakan cairan yang diperbolehkan seperti anu thailam, minyak panchendriya vandhana atau menggunakan produk komersil yang dijual bebas di apotik, lalu diteteskan ke cuping hidung kanan kemudian kiri.

  11. Olahraga (Vyayama)

    Lakukan olahraga seimbang seperti yoga asana. Olahraga yang baik dilakukan memiliki ciri pengeluarah sedikit keringat, tubuh ringan, dan detak jantung meningkat.

  12. Mandi

    Mandi merupakan hal yang sangat keramat di ayurveda. Pastikan mandi dengan membasuh kaki terlebih dahulu baru kemudian naik ke anggota tubuh lainnya. Saat mandi gunakan sabun dan cairan yang sesuai dengan kondisi tubuh dan pastikan air yang digunakan bersih. Apabila memungkinkan bisa menggunakan udvartana atau scrub terlebih dahulu sebelum mandi.

  13. Pijat (Abhyanga)

    Lakukan pemijatan lembut di kaki dan kepala untuk melancarkan peredaran darah. Bisa dilakukan juga dengan menggunakan minyak sehingga kelembaban tubuh terjaga. Bila menggunakan krim tubuh pastikan terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia.

  14. Berpakaian

    Gunakan pakaian nyaman dan sesuai dengan kondisi alam. Gunakan alas kaki yang baik. Pada ayurveda klasik disarankan memakai kalung bunga sebagai wewangian, yang pada era modern sekarang dapat diganti dengan parfum alami. Apabila kondisi panas, jangan lupa mengenakan penutup kepala karena kepala adalah organ tubuh yang paling dilindungi.

Baca jugaPerbaiki Tulang Belakang dengan Swing Yoga

BPN 30 Days Blog Challenge
Banyak mengkonsumsi buah dan rempah-rempah sangat disarankan di ayurveda.

Selain menerapkan 14 tahapan rutin setelah bangun tidur, hal penting juga bagaimana kita memiliki tidur yang berkualitas. Bagaimana kita dapat memiliki keseimbangan antara fisik, sosial, dan mental bila tidak memiliki kkualitas tidur yang baik. Dan Ayurveda mengajarkan kebiasaan tidur yang baik juga sehat.

Pertama, pastikan tidur secepat mungkin pada saat malam dengan memberikan jeda waktu minimal 3 jam dengan waktu makan makam. Jadi jika terakhir kali kamu makan di jam 6 sore, di jam 9 malam kamu sudah dapat tidur. Mengapa dibutuhkan pemberian jeda antara makan malam dengan waktu tidur? Ini untuk memberikan waktu kepada pencernaan untuk mengolah makanan menjadi lebih baik. Dan juga pastikan semua alas tidur dalam kondisi bersih dan nyaman.

Kedua, pada saat tidur, dilarang menyalakan TV, gawai, ataupun lampu karena akan membingungkan mata. Jika menyalakan itu semua, mata akan mempersepsi bahwa sekarang adalah waktu siang sehingga memproses input ke pikiran bahwa bukan waktunya tidur. Ini akan menyebabkan kesulitan tidur.

Ketiga, pastikan memikirkan hal yang baik ataupun berdoa sesuai dengan agama masing-masing sebelum tidur sehingga pada saat kondisi pasif pikiran akan menjadi tenang dan nyaman.

Apabila kita mengalami insomnia, ayurveda memberi saran untuk menambahkan makanan yang menyebabkan kantuk pada saat makan malan, bukan sebelum tidur. Makanan seperti ini biasanya mengandung banyak lemak seperti susu hangat atau alpukat, kurangi makanan pedas dan kering seperti keripik kentang dan sambal. Pastikan juga selalu tidur cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan sesuai dengan kenyamanan diri sendiri.

Ternyata mencapai hidup bersih dan sehat itu mudah ya? Pasti sejak kecil semua hal tersebut sudah kita ketahui, tetapi apakah kita melakukannya dengan rutin dan baik?

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.