5 Manfaat Latihan Plank

Plank
Posisi Plank (Foto: Pribadi)

Plank merupakan salah satu latihan olahraga yang selalu ada. Ini dikarenakan plank bentuk latihan yang paling efektif. Saking efektifnya kita dapat melakukannya di tengah-tengah kesibukkan karena plank tidak membutuhkan tempat yang luas dan hanya waktu singkat untuk melakukannya. Bahkan teman saya sering melakukannya di sela-sela jam kerja dan dilakukan di samping meja kerjanya. Mengapa plank kerap ada dalam sesi latihan olahraga dan banyak yang menyukainya? Karena plank memiki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat plank:

  1. Dapat meningkatkan vitalitas dan metabolism tubuh. Latihan plank merupakan latihan sempurna untuk otot perut dan otot inti lainnya. Karena itu memlakukan plank dapat meningkatkan vitalitas dan metabolisme tubuh karena dapat membakar kalori lebih baik.
  1. Mengurangi resiko cidera punggung dan tulang belakang. Melakukan plank yang benar dan rutin dengan cara sederhana dan tidak memaksa otot panggul bekerja keras akan menguatkan otot dan tulang punggung.
  1. Memperbaiki postur tubuh. Jika otot perut bekerja dan tulang punggung pekerja sudah pasti postur tubuh akan menjadi lebih baik dan kuat.
  1. Keseimbangan tubuh akan menjadi lebih baik. Dengan melakukan plank sudah pasti otot perut akan menjadi lebih kuat dan kita pun menjadi lebih mudah untuk melakukan gerakan apapun.
  1. Tubuh akan lebih fleksibel dan lentur. Latihan plank yang rutin akan membuat tubuh kita terlatih untuk mengaktifkan otot yang bekerja atau otot yang relaks. Itulah yang menjadikan latihan plank dapat membuat tubuh lebih lentur dan fleksibel.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.