Cuma Savasana

Savasana dalam salah satu sesi yoga class

NININMENULIS.COM – Dalam latihan yoga banyak kita jumpai peserta yang meninggalkan sesi ini dan berpikir cuma Savasana. Posisi Savasana kerap dianggap tak penting. Cuma tidur, diam dan tak bergerak. Padahal Savasana memiliki keistimewaan yang penting dalam latihan yoga dibanding pose asana lainnya.

Savasana merupakan cara meditasi untuk mengumpulkan energi dan belajar mengenai bagaimana membiarkan tubuh dan pikiran dalam kondisi rileks. Jadi, pose final tersebut penting untuk menenangkan pikiran.

Tidak mudah berada dalam kondisi diam selama beberapa waktu. Ini berarti seseorang dituntut untuk menenangkan pikiran (bukan cuma tubuh). Pikiran yang rileks dan tenang berarti ada banyak keuntungan menunggu di masa depan.

Salah satu keuntungan dari melakukan posisi savasana adalah: kemampuan untuk tidur dengan cara yang lebih baik, lebih nyenyak. Pikiran orang yang sulit tidur biasanya penuh dengan kerumitan, alias ia tidak bisa membuat rileks pikiran. Di titik ini, posisi savasana bakal membantu banyak terutama dalam hal membuat rileks pikiran.

Dengan semua kelebihannya, sebaiknya jangan pernah meninggalkan sesi ini!

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply